fbpx
Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan saat menerima dan akan melepas ketiga pasien COVID-19 Manokwari yang semebuh setelah di rawat di Rumah Sakit Provinsi... Pesan Gubernur, Terimalah Tiga Pasien Corona yang Sembuh, Mereka Keluarga Kita

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan saat menerima dan akan melepas ketiga pasien COVID-19 Manokwari yang semebuh setelah di rawat di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat, Sabtu (16/5/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan memberikan surat keterangan sehat saat melepas ketiga pasien COVID-19 Manokwari yang semebuh setelah di rawat di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat, Sabtu (16/5/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

Gubernur Papua Barat, LO BBNPB Pusat perwakilan Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Papua BArat, Ketua Harian dan Juru Bicara COVID-19 Papua Barat, Ketua IDI Manokwari, PJ Bupati Manokwari, Tim medis perawat pasien COVID-19 Manokwari di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat, Sabtu (16/5/2020). FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM MANOKWARI- Pemerintah Provinsi Papua Barat melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Papua Barat kembali mencatat jumlah penambahan kasus sembuh COVID-19 di Papua Barat per hari Sabtu (16/5/2020) pukul 14.30 WIT menjadi lima (5) orang setelah ada penambahan sebanyak tiga (3) orang dari Kabupaten Manokwari.

Sebelumnya pekan lalu ada satu pasien atas nama Tuan Adam juga telah sembuh, jadi total pasien COVID-19 Manokwari yang sembuh naik menjadi empat orang.

“Kasus sembuh bertambah tiga orang sehingga menjadi lima orang” ungkap Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Papua Barat dr Arnold Tiniap dalam keterangan resmi di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat Kompleks Irman Jaya  Manokwari Manokwari, Sabtu (16/5/2020).

Tiga warga Manokwari yang dinyatakan sembuh hari ini adalah Haji Abdullah Appe 62 tahun, Umar Laria 65 tahun dan Ruth Dolly Pagawak 20 tahun.

Ketiga pasieen dinyatakan sehat dan dan sembuh setelah menjalani perawatan dan mengikuti seluruh anjuran tim medis yang menangani selama masa perawatan di Rumah Sakit Provinsi Papua Barat.

Kriteria ketiga pasien sembuh yang diakumulasikan tersebut adalah berdasarkan hasil uji laboratorium selama dua kali negatif dan pasien tidak ada keluhan klinis.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan saat menerima ketiga pasien yang sehat dan menyerahkan ketiganya kembali kepada keluarga mengatakan, terima kasih kepada ketiganya yang selama ini mentaati seluruh anjuran tim medis selama dalam perawatan, serta mengucapkan terima kasih kepada tim medis Rumah Sakit Provinsi Papua Barat, Tim Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat, Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Manokwari yang telah bekerja keras dalam pelayanan kesahatan kepada pasien selama dirawat di rumah sakit.

“Mari kita menaikan pujian dan Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas berkat pernyataan perlidungan atas dukungan doa, doa kita semua, dengan doa itu bisa dijawab Tuhan dan hari ini tiga saudara kita, keluarga kita, sahabat kita, teman kita, Ibu Rut Doli Pagwa, Umar Laria, dan Bapak Abdullah Appe sembuh,’’ ujar Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan.

Menurut gubernur dari hasil sampel dikirim, pertama diuji negatif, dikirim kedua diuji di laborotorium negatif juga.

‘’Dan hari ini kita bersama mengucapk sukur terima kasih kepada Tuhan atas kebaikan Tuhan mereka disembuhkan dan mereka akan kembali di keluarga masing-masing,’’ jelas gubernur.

Dominggus Mandacan mengajak warga Papua Barat jangan takut, jangan panic mereka secara medis sudah pengobatan dan perawatan ternyata sudah negatif, jadi tidak usah takut terimalah mereka kembali di lingkungannya masing-masing.

‘’Untuk itu saya ajak masyarakat terima lah mereka kembali sebagaimana biasa sebagai keluarga dilingkungannya masing-masing,‘’pesan gubernur.

Gubernur mengatakan ketika mereka positif ada yang palang, ada yang menolak tetapi pemerintah proaktif terus bisa komunikasi dan koordinasi dengan Tim Gugus Tugas Provinsi dan juga Tim Gugus Tugas Kabupaten koordinasi terus, bisa memberikan pemahaman pengertian dan masyarakat mengerti serta paham, pada ahirnya sampai enam pasien positif yang dirawat di Rumah Sakit Provinsi sebelumnya satu sudah sembuh dan kembali ke keluarga yaitu Tuan Adam.

‘’Tuan Adam dan Ahmad itu pertama yang dirawat di Rumah Sakit provinsi, sakit ini belum selelsai masih membangun, tetapi adanya virus corona kita maksimalkan dua gedung dan kita bisa merawat,  dengan demikian dari enam yang masuk rumah sakit,  pertama satu sudah sembuh dan hari ini tiga sembuh dan negatif akan keluar dari rumah sakit dengan demikian masih tinggal dua yang belum yaitu bapak Ahmad dan bapak Rohyani, mereka juga sudah ambil swabnya, kita berdoa campur tangan Tuhan sehingga yang dua disembuhkan dan bisa negatif bisa keluar,’’ ujarnya.

Untuk diketahui yang ada sampai dengan kemarin yang positif di Papua Barat ada 88 (sampai Jumat), Manokwari enam, Manokwari Selatan satu, Fakfak satu Bintuni 19, Kabupaten Sorong 29, Kota Sorong 17, Raja Ampat 15.

“Saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Tim Gugus Tugas Provinsi, Tim Gugus Tugas Kabupaten, para dokter, para tim medis, ASN dari dinas kesehatan provinsi dan kabupaten yang sudah kerja maksimal, dan puji Tuhan dari hasil kerja maksimal ini empat di Manokwari sudah disembuhkan dan sudah negatif dan sudah kembali bersama dengan keluarga, mari kita tepuk tangan untuk kita semua,’’ pesann Gubernur Mandacan.

Kemudian Gubernur menyerahkan tiga surat keterangan sehat dari Rumah Sakit kepada ketiga pasien sehat, dan disusul dengan pemberian tiga ikat kembang yang diserahkan para dokter yang merawat para pasien.

Acara penyerahaan pasien sehat ini dihadiri juga oleh LO BNPB Pusat untuk Papua Barat, Kepala Dinas Kesehatan Papua Barat, Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Papua Barat dan Juru Bicaranya, Pejabat Bupati Manokwari, Ketua IDI Manokwari serta tim medis.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!