fbpx
Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, Gondo Suprapto, SKM, M.Si. (Kiri) dan dr. Subhan Rumoning, Sp.PD. (Kanan). Sabtu 23 Maei 2020. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.  PAPUADALAMBERITA.COM.... Sehari Jelang Idul Fitri 1441 H, Jubir Pemkab Fakfak Covid -19 Rilis Hasil Swab Tes 1 Positif Corona, 4 Negatif 

Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, Gondo Suprapto, SKM, M.Si. (Kiri) dan dr. Subhan Rumoning, Sp.PD. (Kanan). Sabtu 23 Maei 2020. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Sehari jelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 H, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, melalui juru bicara Pemkab Fakfak Covid -19, merilis hasil swab tes 5 sampel darah dan dahak oleh Laboratorium Kesehatan Makasar menyebutkan 1 ODP penghuni karantina khusus masih dinyatakan positif corona virus disease.

Sedangkan 4 ODP lainnya yang juga dalam karantina khusus dari hasil Swab tes PCR Laboratorium Kesehatan Makasar dinyatakan negatif corona virus disease 2019, demikian dikatakan, Gondo Suprapto, SKM, M.Si bersama dr. Subhan Rumoning, Sp, PD, kepada sejumlah pekerja media di Sekertariat Gugus Tugas Covid -19 Fakfak di jalan Mambruk Kelurahan Wagom Distrik Pariwari.

Menurut Gondo, satu ODP penghuni karantina khusus dengan insial IP berjenis kelamin laki – lagi dengan usia kurang lebih 33 tahun dinyatakan positif corona virus sesaui dengan hasil Swab tes PCR yang diterbitkan Laboratorium Kesehatan Makasar.

Sedangkan untuk 2 ODP jenis kelamin perempuan dan 2 ODP berjenis kelamin laki – laki dari hasil Swabn tes PCR Laboratorium Kesehatan Makasar dinyatakan negatif dari corona virus disease 2019.

Lanjut dr. Subhan Rumoning, Sp.PD, 1 ODP yang dinyatakan positif hasil PCR laboratorium kesehatan Makasar merupakan ODP yang juga positif swab tes pertama di Laboratorium Makasar.

Dikatakan, 1 positif dengan insial IP tersebut hingga saat ini tanpa gejala dan kondisinya masih baik tanpa ada keluhan dan pihak kesehatan Covid -19 terus melakukan terapi dan pemberian vitamin kepada yang bersangkutan.

“Kondisi IP masih baik tanpa keluhan dan terus dilakukan terapi dan pemberian vitamin untuk menyembuhkannya dari virus corona”, tutur dokter specialis penyakit dalam, Subhan Rumoning, yang juga Direktur RSUD Fakfak.

Dia menambahkan, untuk memastikan lagi, dalam waktu dekat pihak gugus tugas Covid -19 Fakfak akan mengambil sampel darah dan dahak yang bersangkutan untuk dikirim ke unit – unit yang terdekat yang memiliki layanan PCR.

Rencananya, pengiriman sampel darah dan dahak 1 positif corona tersebut akan dikirm ke Bintuni untuk dilakukan PCR namun hal ini menunggu kordinasi dengan Gugus Tugas Covid -19 di Bintuni.

Subhan Rumoning, mengakui, kendala pengiriman dari Fakfak hingg menunggu hasil PCR dari Laboratorium Kesehatan Makasar  selama ini terlalu lama sehingga harus dicari unit – unit yang memiliki PCR terdekat agar hasil yang dikirim nanti dapat maksimal.

Sedangkan untuk 4 yang sudah dinyatakan negatif, hari ini juga (Sabtu 23/5/2020) sudah dapat diijinkan untuk kembali ke rumah bersama keluarga, tukas ketua tim Kesehatan Covid -19 Kabupaten Fakfak, dr. Subhan Rumoning, Sp.PD.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!