Papua Barat

3.000 Personil TNI Bantu Pengamanan Pemilu Papua Barat

136
×

3.000 Personil TNI Bantu Pengamanan Pemilu Papua Barat

Sebarkan artikel ini
KAPOLDA Papua Barat Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja dan Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Joppye Onesimus Wayangkau. FOTO/antaranews papua barat/toyiban.

PAPUADALAMBERITA.COM, MANOKWARI – Sebanyak 3.000 personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat dan Angkatan Laut dipersiapkan untuk membantu Polri mengamankan Pemilu tahun 2019 di Provinsi Papua Barat.
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Rudolf Albert Rodja di Manokwari, Rabu, menyatakan pihaknya terus mematangkan persiapan pengamanan Pemilu di daerah tersebut. Koordinasi terus dilakukan, baik dengan Kodam, Armada III Angkatan Laut, pemerintah daerah maupun penyenggara Pemilu.
Pusat pun, kata dia, terus memantau kesiapan Papua Barat dalam mengawal pesta demokrasi tersebut.
“Tadi kita melaksanakan telekonverensi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. Di hadiri juga bapak Kapolri, Panglima TNI, Kepala BIN, Ketua KPU serta Bawaslu,” kata dia.
Untuk Polda Papua Barat, Kapolda pun menyiapkan 2/3 personilnya dalam pengamanan. Seluruh Polres dioptimalkan untuk mengamankan wilayah kerja masing-masing.
“Besok (Kamis 21/3) kami akan melaksanakan latihan Sispam (sistem pengamanan kota) di Sorong. Hari Jumat kita melaksanakan apel gelar pasukan TNI dan Polri di sana,” kata Rudolf lagi.
Apel gelar pasukan, ujar Kapolda menjelaskan, dilakukan untuk mengecek kesiapan pasukan dalam mengawal pelaksanaan kampanye terbuka yang akan dimulai pafa 24 Maret hingga memasuki minggu tenang dan pemungutan suara.
Pada kesempatan sebelumya, kapolda menginstruksikan seluruh Kapolres mengoptimalkan kegiatan pengamanan. Simulasi pencoblosan di tempat pemungutan suara pun telah dilaksanakan bersama KPU Papua Barat.
Simulasi yang dihadiri para pejabat utama Polda dan seluruh Kapolres itu bertujuan untuk mendeteksi kemungkinan buruk yang dapat terjadi pada 17 April mendatang.(ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!