Papua Barat

Bawaslu Manokwari Hadirkan 3 Pembicara Pada Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Partisipatif

224
×

Bawaslu Manokwari Hadirkan 3 Pembicara Pada Sosialisasi Pengawasan Pemilihan Partisipatif

Sebarkan artikel ini
Print
  • Sambutan Kordiv Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Manokwari Yustinus Y Maturanpada Sosialisasi Pengawasan Pemilih Partisipatif menjelang Pemilihan Bupati Manokwari tahun 2024 di Oriestom By Manokwari  Kamis (24/10/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Manokwari mengadakan sesi sosialisasi bertajuk “Pengawasan Pemilih Partisipatif” menjelang Pemilihan Bupati Manokwari tahun 2024.

Acara ini dihadiri tokoh berbagai elemen masyarakat media di Manokwari digelar di Hotel Oriestom By Manokwari Kamis (24/10/2024).

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Bawaslu Manokwari Yustinus Y Maturan dalam sambutan pembukaan menekankan pentingnya partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilihan kepala daerah 2024.

  • Bawaslu Kabupaten Manokwari bersama peserta sosialisasi Pengawasan Pemilih Partisipatif” menjelang Pemilihan Bupati Manokwari tahun 2024 di Oriestom By Manokwari  Kamis (24/10/2024). FOTO: ISTIMEWA

“Partisipasi masyarakat sangat krusial untuk memastikan pemilihan yang jujur dan adil. Kami berharap masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam melakukan pengawasan, baik terhadap pelaksanaan pemungutan suara maupun proses pemilihan secara keseluruhan,” ujar Kordiv HPsH Bawaslu Manokwari.

Kordiv HP2H mengatakan, Bawaslu memiliki peran, bagaimana bisa memastikan pemeilihan kepala daerah di Kabupaten manokwari 2024 berjalan adil transparan, dan lebih penting adalah bagaimana bisa melibatkan partisipasi masyarakat.

‘’Terkait partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala daerah ini sangat penting bagi Bawaslu bagaimana melibatkan masyarakat bersama-sama mengawasi jalannya pemilihan kepala daerah di Kabupaten Manokwari,’’ sebut Maturan.

Ia menegaskan kegiatan itu bertujuan menjaga integritas dan peningkatan partisipasi aktif masyarakat, media bersama-sama Bawaslu dan pemangku kepentingan mengawasi Pilkada tahun dan tidak hanya sebatas slogan.

Dalam sosialisasi ini Bawaslu Manokwari menghadirkan narasumber, dari Wakapolresta Manokwari Kompol Agustinas Sineri, Kordiv P2H Bawaslu Papua Barat Menahen Julens Sabarofek, Kord Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyrakat KPU Manokwari Roni Frans Wanggai, ketiganya membagikan pengetahuan tentang partisipatif masyarakat dalam pengawasan pemilihan kepala daerah yang efektif.

Peserta diajak memahami berbagai pelanggaran Pilkada dan bagaimana cara melaporkan temuan mereka kepada Bawaslu.

  • Bawaslu Kabupaten Manokwari bersama peserta sosialisasi Pengawasan Pemilih Partisipatif” menjelang Pemilihan Bupati Manokwari tahun 2024 di Oriestom By Manokwari  Kamis (24/10/2024). FOTO: ISTIMEWA

Dengan digelarnya sosialisasi ini, Bawaslu Manokwari berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya pengawasan pemilih partisipatif, serta memperkuat integritas dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah Rabu 27 November 2024 nanti.

Maturan berharap, dengan keterlibatan aktif warga, pemilihan bupati mendatang akan berlangsung lebih transparan dan demokratis.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk membuka ruang diskusi, di mana peserta diberikan kesempatan untuk bertanya dan berbagi pandangan seputar proses pemilih dan pengawasan pemeilihan kepala daerah kepada Bawaslu, KPU dan kepolisian.

Maturan mengatakan, dengan upaya ini, diharapkan pemilihan Bupati Manokwari 2024 menjadi momen bersejarah yang melibatkan semua elemen masyarakat dalam pengawasan dan evaluasi proses demokrasi di Manokwari.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *