Papua Barat

Ali Baham Temongmere Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024

136
×

Ali Baham Temongmere Irup Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
Print
  • Penjabat Gubernur Papua Barat Drs H Ali Baham Temongmere MTP bertindak sebagai inspektur upacara pada  Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024 lingkungan Provinsi Papua Barat, Senin (28/10/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat, Forkopimda, Pejabat esalon II organisasi pemuda, pelajar menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024, Senin (28/10/2024), di Halaman Upacara Kantor Gubernur papua Barat, Manokwari.

Baca juga: Ini Penjelasan Ali Baham Setelah Usai Evaluasi Kinerja Pelaksanaan Tugas Gubernur di Kemendagri

Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Haji Ali Baham Temongmere MTP, bertindak sebagai inspektur upacara.

Seusai menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, serta pembacaan Pembukaan UUD 1945, peserta upacara mendengarkan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928, dimana berbagai organisasi pemuda, seperti Jong Java, Jong Sumatra, Pemuda Indonesia, Sekar Rukun, Jong Islamieten Bond, Jong Batak Bond, Jong Celebes, Pemuda Kaum Betawi, dan Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia, bersatu dalam semangat kebangsaan.

Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham dalam sambutayang yang membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Ario Bimo Nandito Ariotedjo mengatakan, hari ini 28 Oktober 2024 bangsa Indonesia memperingati sebuah peristiwa penting dalam sejarah kebangsaan Indonesia yaitu Peristiwa Sumpah Pemuda tahun 1928.

  • Pembacaan teks Pancasila, Pembukaan UUD 1945, dan pembacaan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia Tahun 1928 pada Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024 lingkungan Provinsi Papua Barat, Senin (28/10/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

Sebuah peristiwa dimana para pemuda Indonesia menyatakan tekad dan kehendak yang kuat untuk bersatu di tengah kenyataan keragaman untuk menghadirkan negara Indonesia.

‘’Nilai-nilai agung yang ditampilkan oleh generasi sumpah pemuda 1928 ini harus selalu didengung-dengungkan berkali-kali di setiap waktu untuk menguatkan kesadaran dan karakter bangsa Indonesia, dalam menghadapi pelbagai perubahan situasi dan kondisi yang sangat cepat, yang bisa menjadikan kekuatan bangsa terdegradasi hingga melemahkan daya kekuatan bangsa Indonesia untuk menjaga eksistensi kebangsaan Indonesia secara lestari,’’ sebut Penjabat Gubernur Ali Baham.

Penjabat gubernur mengatakan, bulan Pemuda dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2024 ini berbarengan dengan masa transisi pemerintahan baru yang akan mengorkestrasi langkah bangsa Indonesia mewujudkan target-target Pembangunan jangka menengah sebagai landasan pencapaian target Pembangunan jangka panjang 2045, yaitu terwujudnya Indonesia Emas yang bercirikan kemajuan dan kesejahteraan yang makin tinggi, serta kiprah bangsa Indonesia yang lebih kuat dalam kancah global.

‘Momentum ini merupakan kesempatan bagi bangsa Indonesia untuk memberikan perhatian yang lebih besar kepada agenda-agenda pengembangan kepemudaan sebagai bagian penting dalam Pembangunan Indonesia, baik dalam posisi pemuda sebagai subjek Pembangunan maupun sebagai objek Pembangunan. Sebagai subjek Pembangunan sebagian pemuda Indonesia telah memiliki kemampuan untuk berpartisipasi aktif dalam beragam sektor Pembangunan Nasional bahkan pada agenda SGDs (Sustainable Development Goals) Perserikatan Bangsa Bangsa yang merupakan agenda global,’’ ujarnya.

Harapan kepada pemuda untuk lebih berperan dalam Pembangunan Nasional Indonesia adalah tepat adanya, karena pada hakikatnya pemuda adalah pemilik masa depan.

Hasil pencapaian hal ini dapat ditemukenali dari capaian Indeks Pembangunan Pemuda (IPP).

‘’Sebagai indicator kualitas kepemudaan pada tahun 2024 Indeks Pembangunan Pemuda berada pada 56,33 persen, dengan rincian capaian domain Pendidikan sebesar 70,00 persen, domain kesehatan dan kesejahteraan sebesar 65,00 persen, domain gender dan diskriminasi sebesar 53,33 persen. Sementara itu domain lapangan dan kesempatan kerja sebesar 45,00 dan domain partisipasi dan kepemimpinan sebesar 43,33 persen,’’ kata Ali Baham.

Capaian IPP tersebut perlu ditingkatkan dengan melakukan upaya mengembangkan potensi dan keunggulan pemuda secara besar-besaran dan massive di seluruh wilayah Indonesia.

  • Peserta Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2024 lingkungan Provinsi Papua Barat, Senin (28/10/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA

Ali baham menambahkan, seluruh pemangku kepentingan pemerintah, masyarakat, dunia industri, perguruan tinggi, dan media harus bergerak secara sinergis, terpadu, holistic sehingga terbangun ekosistem pelayanan kepemudaan yang inovatif yang mendukung bertumbuh-kembangnya kepemudaan yang maju, berkarakter kebangsaan dan berdaya saing.

Oleh karena itu sungguh tepat, momentum peringatan hari sumpah pemuda tahun 2024 ini mengangkat tema Maju Bersama Indonesia Raya.

‘’Tema ini menyampaikan pesan kepada kita semua, untuk meningkatkan dan memajukan berbagai elemen pelayanan kepemudaan hingga mencapai kondisi Indonesia yang raya, Indonesia yang besar, Indonesia yang sejahtera,’’ kata penjabat gubernur.

Ia menambahkan, peran pemerintah daerah sungguh sangat penting untuk menggerakkan pelayanan kepemudaan.

‘’Peran ini diwujudkan dalam bentuk kebijakan dan program kepemudaan yang baik dan berkesinambungan, serta diwujudkan dalam bentuk rencana aksi daerah (RAD) layanan kepemudaan yang berorientasi kepada peningkatan IPP yang disesuaikan dengan kondisi daerah masing,’’ kelasnya.

Oleh karena itu setiap upaya untuk memperbaiki kebijakan kepemudaan pada tingkat daerah patut mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena hal ini akan berdampak kepada perluasan cakupan dan jangkauan pelayanan kepemudaan semakin meluas hingga tidak ada satu orang pemuda yang tidak mendapatkan pelayanan.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *