Papua Barat

Buka Perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Papua, Wakil Bupati Fakfak Tampil Dihadapan Ratusan Umat Katolik

186
×

Buka Perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Papua, Wakil Bupati Fakfak Tampil Dihadapan Ratusan Umat Katolik

Sebarkan artikel ini

Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom, SE.,MM., Ketika Membuka Kegiatan Perayaan 129 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua. Sabtu 20 Mei 2023. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : RICO LET’s. 

Pembukaan Perayaan Kegiatan 129 Tahun Misi Katolik di Tanah Papua Yang Dihadiri Para Pastor dan Tamu Undangan. Sabtu 20 Mei 2023. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : RICO LET’s. 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Wakil Bupati Fakfak, Yohana Dina Hindom, SE.,MM., secara resmi membuka kegiatan perayaan 129 tahun misi Katolik masuk di tanah Papua yang berlangsung di halaman parkir Gereja Katolik Paroki St. Yosep Fakfak, Sabtu (20/5/2023).

Dihadapan ratusan umat Katolik se-Kabupaten Fakfak bahkan dari luar Fakfak yang turut hadir, perempuan Mbaham Matta yang low prifile, akrab disapa Mama Yo, mendapat aplaus dari ratusan umat ketika berdiri di atas panggung saat membuka kegiatan tersebut dengan menepuk tifa.

Perempuan asli Fakfak pertama yang menjabat Wakil Bupati Fakfak, ketika membuka kegiatan perayaan 129 tahun misi Katolik di Tanah Papua, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Fakfak memberikan apresiasi dan mendukung terselenggaranya perayaan 129 tahun misi Katolik masuk di tanah Papua yang diselenggarakan di Kabupaten Fakfak sebagai Kabupaten dengan judukan “Satu Tunggu Tiga Batu”.

“Pemerintah Kabupaten Fakfak menyampaikan selamat dan sukses untuk misi Katolik masuk di tanah Papua yang ke -129 tahun, semoga Gereja Katolik berdiri kokoh bersama Gereja – Gereja Protestan serta saudara – saudara umat Muslim di seluruh Papua secara khusus di Kabupaten Fakfak,” tutur Yohana Dina Hindom, dihadapan ratusan umat Katolik yang memenuhi halaman parkir Gereja Katolik Paroki St. Yosep Fakfak.

Sebelum menepuk tifa sebagai tanda dibukanya kegiatan perayaan 129 tahun misi Katolik masuk Papua, Yohana berharap rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses dan dapat menghasilkan buah – buah roh bagi kebaikan kita semua di atas tanah Papua.

Sementara itu, di tempat yang sama Ketua Tim Pastoral Wilayah (TPW) Fakfak, Alex Fabianus, Pr. Yang juga Pastor Partoki St. Yosep Fakfak, mengatakan, perayaan 129 tahun misi Katolik di tanah Papua yang dilaksanakan di Fakfak mengangkat tema “Historia Est Vitae Magistra” (Sejarah Adalah Guru Dalam Hidup).

Kaitannya dengan sejarah 129 tahun misi Katolik di tanah Papua, menurut Pastor Alex Fabianus, Pr., kehidupan manusia itu dalam alur perjalanan sejarah dan setiap peristiwa pasti ada masanya, setiap kejadian pasti ada pelakunya. Begipun sejarah misi katolik di tanah Papua telah membawa kita sampai ke 129 tahun.

Ketua Tim Patoral Wilayah Fakfak, Pastor Alex Fabianus, Pr., Yang Juga Selaku Pastor Paroki St. Yosep Fakfak. Sabtu 20 Mei 2023. PAPUADALAMBERITA.COM. FOTO : RICO LET’s. 

Dikatannya, suatu perjalanan panjang   tetapi perjalanan yang diyakini menghasilkan buah dan membawa berkat dan selalu memberi harapan baru untuk waktu – waktu kedepan, karena dalam momen rasa syukur seperti ini kita bukan saja mengenang peristiwa yang terjadi tetapi setiap kenangan atau peristiwa harus mempunyai kenangan yang lebih dan bermakna.

Karena itu lanjutnya, dalam perayaan 129 tahun misi Katolik di tanah Papua, kita bukan saja mengulang atau mengingat kembali, menceritakan kembali tetapi harus diliputi dengan rasa syukur atas peristiwa di masa lampau yang kemudian berbuah, berkembang dan bertumbuh saat ini sampai waktu selanjutnya.

Ketua TPW Fakfak, berharap denan angkaian kegiatan yang dimulai sejak Sabtu hingga Selasa (23/5/2023, merupakan rangkaian rasa syukur yang kita alami bersama, semoga rangkaian kegiatan ini dilalui dengan rasa syukur seraya kita mohon agar  ditutun dalam penyelenggaraan Tuhan sehingga dapat dilami dan dirasakan.

Kita kemudian menjadi pelaku, menjadi pribadi yang melanjutkan pekerjaan baik yang Tuhan telah memulai dalam diri misionaris, Pater Cornelis Le Cocq d’Armanville, para perintis dan mereka yang lain dimana mereka telah mengambil bagian di masa mereka sekarang kita harus mengambil bagian kita di masa ini dan masa yang akan datang, pinta Pastor Alex Fabianus, Pr.

Usai membuka kegiatan perayaan 129 tahun misi Katolik di tanah Papua, Wakil Bupati Fakfak Yohana Dina Hindom menyempatkan diri melihat dari dekat aktivitas pameran yang berlangsung di halaman parkir Geraja St. Yosep Fakfak  yang dibuka selama perayaan misi katolik berlangsung di Fakfak.

Tak sampai disitu, Wakil Bupati Yohana juga turut berdendang menarikan tarian Titir Tumor (tarian adat masyarakat Fakfak) bersama umat Katolik yang memeriahkan perayaan 129 tahun misi Katolik masuk di Papua.

Sebelum pembukaan perayaan 129 tahun misi Katolik oleh Wakil Bupati, ratusan umat Katolik di Fakfak maupun yang datang dari luar Fakfak melaksanakan Misa Syukur 129 tahun misi Katolik masuk di Papua.

Misa syukur ini berlamgsung di Gereja Katolik St. Yosep Fakfak degan dipimpin Pastor Paroki St. Yosep Pastor Alex Fabianus, Pr yang juga Ketua TPW Fakfak dengan didampingi Pastor Izak Bame, Pr Ketua Kerasulam Awam Keuskupan Manokwari- Sorong, Pastor Yosep Lama, Pr Pastor Praparoki Santo Greardus Mayela Wayati, Pastor Enrico, Pr Pastor Paroki Santo Paulus Wagom, Pastor B Soebidja Sj, Pastor Yustinus Rahangir, Pr dari Keuskupan Timika, dan Pater Eman Billy, Pr dari Mardei Bintuni.(RL 07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *