fbpx
PAPUADALAMBERITA.COM, FAKFAK – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1803 Fakfak, Letkol Inf Yatiman, A.Md,  mengingatkan warga Kabupaten Fakfak Papua Barat khususnya warga disekitar lokasi Kampung... Dandim 1803 Fakfak, Ingatkan Warga Tidak  Halangi Proses Evakuasi Pesawat Tempur Australia
Dandim 1803 Fakfak, Letkol Inf Yatiman, A.Md. FOTO: RICOLET”S/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM, FAKFAK – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1803 Fakfak, Letkol Inf Yatiman, A.Md,  mengingatkan warga Kabupaten Fakfak Papua Barat khususnya warga disekitar lokasi Kampung Werabuan Distrik Fakfak Barat, agar tidak melakukan tindakan menghalang – halangi proses evakuasi bangkai pesawat tempur Australia jenis Catalina pada 15 Juli 2019 mendatang.

Bangkai pesawat itu ditemukan di pegunungan Werabuan Distrik Fakfak Barat Kabupaten Fakfak Papua Barat.

Menurut Dandim, evakuasi bangkai pesawat tempur milik Australia yang jatuh 76 tahun silam di atas pegunungan Werabuan adalah misi dua negara (Australia dan Indonesia) karena didalam tim evakuasi tersebut tergabung tim dari Australia dan Indonesia.

“Selaku Dandim 1803 Fakfak, saya bertanggung jawab atas kegiatan evakuasi tersebut sehingga jangan ada masyarakat di sekitar lokasi evakuasi yang mencoba untuk menghalang halangi kegiatan evakuasi bangkai pesawat Catalina milik Australia,” tegas orang nomor satu di Kodim 1803 Fakfak, saat jumpa perss dengan beberapa media di Kodim Fakfak Jumat, (12/7/2019).

Menurut Damdin 1803, Letkol Inf. Yatiman, A.Md, untuk kelancaran evakuasi bangkai pesawat tempur Australia jenis Catalina di pegunungan Werabuan Distrik Fakfak Barat Kabupaten Fakfak Papua Barat, pihaknya telah mendapat surat tembusan dari Kepala Staf Angkatan Udara yang dikirim via WA (Whatsaap) dari Kasdam guna pengamanan dan kelancaran evakuasi.

Karena atas surat tersebut maka pihaknya berharap agar dalam pelaksanaan evakuasi bangkai pesawat tempur yang melibatkan Negara Australia yang dibantu Mabes TNI dan personil Angkatan Udara RI dapat berjalan dengan aman dan lancar dengan dukungan seluruh masyarakat Fakfak khusunya lagi masyarakat Kampung Werabuan Distrik Fakfak Barat, tegasnya kepada para pewarta di Fakfak.

“Kegiatan evakuasi bangkai pesawat tempur Australia di pegunungan Werabuan Fakfak harus berjalan lancar karena ini menyangkut nama baik Negara Kesatuan RI sehingga masyarakata jangan menghalangi kegiatan ini karena kepentingan satu dua orang,”  tutur Dandim Yatiman.

Tentunya kegiatan evakuasi bangkai pesawat tempur Australia tersebut akan melibatkan masyarakat Werabuan untuk mengevakuasi bangkai pesawat tersebut maupun evakuasi bangkai tulang belulang personil tentara Australia yang gugur dalam kecelakaan pesawat tersebut pada tahun 1943.

Guna memberikan pengamanan yang baik jelang Evakuasi, pada H – 1 Kodim 1803 Fakfak akan mengirim beberapa anggota ke Werabuan bahkan akan mendirikan pos pengamanan di kampung tersebut. (RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!