fbpx
Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, Gondo Suprapto, SKM, M.Si (Kiri) dan dr. Subhan Rumoning, Sp.PD. (Kanan). Minggu 10 Mei 2020. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com. ... Di Fakfak Satu Positif Corona Virus, Kondisinya Sehat Tanpa Gejala

Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, Gondo Suprapto, SKM, M.Si (Kiri) dan dr. Subhan Rumoning, Sp.PD. (Kanan). Minggu 10 Mei 2020. FOTO : RICO LET’s./papuadalamberita.com. 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Satu warga Fakfak dinyatakan positif Corona virus disease 2019 (Covid -19) setelah hasil swab tes pertama yang dikirim ke Makasar Sulawesi Selatan dirilies Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, Gondo Suprapto, SKM. M.Si bersama Jubir dr. Subhan Rumoning, Sp.PD, Minggu malam (10/5/2020) sekitar jam 20.30 WIT di Sekertariat Gugus Tugas Covid -19, jalan Mambruk Keluarahan Wagom Distrik Pariwari Fakfak Papua Barat.

Dalam keterangan pers nya kepada sejumlah media, kedua jubir Pemkab Fakfak Covid -19, mengatakan, hasil swab tes yang telah dikeluarkan sekitar jam 14.00 WIT, dari Laboratorium Kesehatan Makasar Sulawesi Selatan, menyebutkan, dari tiga sampel darah dan dahak yang dikirim ternyata satu orang positif Corona virus disease 2019.

Menurut Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, satu orang positif tersebut dengan inisial IP jenis kelamin laki – laki berumur kurang lebih 33 tahun dan yang positif tersebut ternyata negatif pada saat rapid tes pertama.

Sedangkan yang rapid tes pertama positif dengan insial M berjenis kelamin laki – laki ternyata hasil swab tesnya negatif, tegas Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, dr. Subhan Rumoning, Sp.PD, yang juga selaku ketua tim kesehatan Covid -19 Fakfak.

“Dari hasil rapid tes pertama yang kirim 1 positif ternayata negatif swab tes nya sedangkan yang negatif rapid tes ternyata swab tesnya menunjukan positif Corona Virus Disease 2019, begitupun salah satunya sampelnya lagi negatif swab tesnya”, tutur Direktur RSUD Fakfak, dr. Subhan Rumoning, Sp.PD, dalam keterangannya pers nya, Minggu malam.

Walaupun IP dinyatakan positif corona virus, namun hingga saat ini kondisinya sangat sehat tanpa ada gejala.”dia masih sehat – sehat tanpa gejala”, tegasnya dihadapan para pewarta saat jumpa pers.

“Dia yang positif corona virus, dalam kondisi sehat tanpa gejala dan masih tetap dalam karantina khusus serta dalam pemantauan tim kesehatan”, jelas dr. Subhan Rumoning bersama Gondo Suprapto.

Lanjutnya, sampel darah dan dahak yang dikirim 2 minggu lalu  dan dinyatakan IP positif sehingga dalam waktu dekat tim kesehatan Covid -19 Kabupaten Fakfak akan kembali mengambil sampel dari yang positif untuk di kirim kembali ke Makasar guna diswab tes kedua.

“Sampelnya akan diambil kembali uintuk dikirim lagi ke Makasar agar dapat diswab tes kedua karena sampel yang pertama sudah 2 minggu lalu dikirim”, tandsnya dihadapan sejumlah pewarta.

Dikatakan, yang positif tersebut riwayat kontaknya dengan keluarga belum terjadi saat tiba di Fakfak pada 23 April 2020 bahkan untuk kontak dengan sesama rekan kerjanya juga sudah dilakukan rapid tes dan negatif sehingga dalam jumpa pers tersebut dr. Subhan Rumoning, menjamin keluarganya dan rekan – rekannya masih aman.

“Kami sudah interviuw yang bersangkutan dan dia belum melakukan kontak dengan keluarganya bahkan rekan – rekan kerjanya juga aman”, ungkap dokter ahli penyakit dalam yang kini menjabat Direktur RSUD Fakfak.

Lebih lanjut menurutnya, dengan adanya temuan 1 kasus positif corona di Fakfak, dia berharap agar masyarakat tidak panik dan tetap mengikuti himbauan Pemerintah karena penyebaran virus ini akan tertular saat kominikasi dengan yang positif dalam jarak kurang dari 1 meter bahkan itu bisa terjadi kalau yang positif tersebut bersinnya mengena yang lain.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!