Papua Barat

Ditlantas Polda Papua Barat Gelar Rakor Persiapan Awal Operasi Ketupat Mansinam 2023

60
×

Ditlantas Polda Papua Barat Gelar Rakor Persiapan Awal Operasi Ketupat Mansinam 2023

Sebarkan artikel ini

Ditlantas Polda Papua Barat menggelar rapat koordinasi awal lintas sektoral jelang kesiapan Operasi Ketupat Mansinam 2023 di Samsat Manokwari ruang rapat RTMC Polda Papua Barat, Kamis (30/3/2023). FOTO: DITLANTAS POLDA PAPUA BARAT.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Direktorat Lalu-lintas (Ditlantas) Polda Papua Barat menggelar rapat koordinasi awal lintas sektoral dalam rangka kesiapan Operasi Ketupat Mansinam 2023 di Samsat Manokwari ruang rapat RTMC Polda Papua Barat, Kamis (30/3/2023).

Rapat koordinasi permulaan persiapan Operasi Ketupat 2023 tersebut dihadiri  Dirlantas Papua Barat, Plh. Kasubdit Kamsel, Plh Kasubdit Regident, Kepala BMKG Provinsi Papua Barat, Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat di Wakili Kabid LLAJ Dishub Papua Barat, Kepala Perwakilan PT Jasa Raharja PB, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Kepala Badan Pengelolaan Transportasi Daerah Papua Barat, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Papua Barat.

Dihadiri juga Kasat Lantas Jajaran Polda PB melalui Zoom Meeting, mengikutsertakan Kadis PU, Dishub dan Jasa Raharja Kota dan Kabupten se Papua Barat.

‘’Saat ini kita sedang melaksanakan rapat di dalam Ruangan RTMC Dit Lantas Papua Barat, RTMC sebagai jantung operasional kegiatan lalu lintas di Papua Barat,’’ ujar Dirlantas Polda Papua Barat Kombes Pol Raydian Kokrosno MSI dalam paparantentang Kesiapan Pam Ops Ketupat Mansinam 2023.

Dirlantas juga menyampaikan Paparan analisa dan evaluasi data Kamseltibcar Lantas selama tahun 2022 dan kesiapan Dit Lantas Polda Papua Barat dalam kesiapan PAM OPS Ketupat Mansinam 2023.

‘’Kami juga memberikan arahan kepada Kasat Lantas jajaran tentang keberadaan dan CB Pos Pam, Yan, Terpadu Ops Ketupat Mansinam 2023, arahan dan masukan kepada kepala dinas terkait agar selalu berkoordinasi dengan Kasat Lantas jajaran sebelum, pada saat dan setelah operasi nanti,’’ kata Dirlantas.

Pengecekan oleh Dir Lantas untuk data kerawanan macet dan laka di jajaran lantas Polda Papua Barat apakah sudah sesuai dan tindak lanjut.

‘’Jajaran Kasat Lantas agar operasi dipersiapkan dengan baik, segera datangi pangkalan – pangkalan kendaraan transportasi bersama dinas perhubungan sebelum pelaksanaan operasi untuk utk mengecek kondisi kendaraan angkutan umum dan kondisi drivernya sehingga bisa menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang libatkan angkutan umum,’’ sebut Dirlantas.

Kombes Pol Kokrsono mengatakan, jajaran agar melaksanakan kegiatan rapat koordinasi di wilayah masing-masing untuk memaksimalkan operasi Ketupat Mansinam 2023.

Dirlantas Polda Papua Barat saat rapat koordinasi awal lintas sektoral jelang kesiapan Operasi Ketupat Mansinam 2023 di Samsat Manokwari ruang rapat RTMC Polda Papua Barat, Kamis (30/3/2023). FOTO: DITLANTAS POLDA PAPUA BARAT.

Rapat Koordinasi tadi kemudian dilanjutkan penyampaian paparan dari Kepala BMKG Provinsi PB dalam mengantisipasi dan persiapkan, karena pada bulan April wilayah Papua Barat dan Papua Barat Daya mengalami musim pancaroba, sehingga potensi terjadi cuaca ekstrem yang sewaktu-waktu  bisa terjadi, namun durasinya lebih cepat dibanding biasanya.

Sedangkan penyampaian paparan dari Kepala Dinas perhubungan Papua Barat, bahwa kondisi transportasi umum, terminal, pelabuhan dan Bandara telah siap mulai saat jelang lebaran nanti.

Pada kesempatan tadi Kepala Perwakilan Kepala PT Jasa Raharja PB menyampaikan, bahwa jajaran PT Jasa Raharja siap mendukung jajaran lalu lintas dalam memberi edukasi kepada masy agar selalu tertib berlalu lintas selama Operasi Ketupat Mansinam 2023 guna menurunkan Laka Lantas, dan siap mendukung hal-hal yang dibutuhkan personel yang bertugas di Pos Pam terpadu.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Prov memaparkan Kondisi jalan – jalan provinsi sebagian jalan rusak yang sedang diperbaiki diupayakan selesai sebelum Operasi Ketupat Mansinam 2023 dimulai.

Penyampaian paparan dari Kepala Badan Pengelolaan Transportasi bahwa kebijakan untuk membatasi operasi kendaraan besar/berat jelang lebaran akan segera di update terkait berlakunya di Papua Barat/Papua Barat Daya dan siap mendukung Operasi Ketupat.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional memaparkan kondisi jalan nasional, ada sebagian jalan rusak yang sedang dalam perbaikan dan segera diselesaikan.

Selama Operasi Ketupat akan mendirikan beberapa pos yang akan ditempati personel BPJN di sepanjang Jalan Nasional dilengkapi dengan sarana dan prasarana taktis, sehingga jika ada gangguan jalan segera diatasi oleh personel BPJN Papua Barat.

‘’Secara umum, semua Instansi di jajaran Papua Barat dan Barat Daya Siap mengamankan jalannya Ops Ketupat Mansinam 2023 nanti,’’ ujar Dirlantas merangkum hasil rapat koordinasi.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *