fbpx
Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama saat diwawancara wartawan pada deklarasi Damai Papua Barat Rabu 11 September 2019 di Lapangan Borasi Manokwari, Papua Barat.... Gubernur: ASN Papua Barat harus Jadi Pelopor Kedamaiaan, Jangan Jadi Provokator

Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan bersama saat diwawancara wartawan pada deklarasi Damai Papua Barat Rabu 11 September 2019 di Lapangan Borasi Manokwari, Papua Barat. FOTO: papuadalamberita.com/rustam madubun

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan mengingatkan seluruh aparatur sipil negara (ASN) di daerah tersebut agar tidak memprovokasi masyarakat untuk melakukan aksi demonstrasi.

“ASN harus menjadi pelopor dalam menjaga ketertiban, keamanan dan kedamaian. Jangan justru menjadi provokator di tengah masyarakat atau melalui sosmed,” kata Gubernur di Manokwari, Senin.

Dominggus mengaku prihatin atas peristiwa yang terjadi di sejumlah daerah Provinsi Papua beberapa waktu lalu. Ia tak ingin hal itu terjadi di Papua Barat.

Selain merusak sarana dan prasarana milik pemerintah dan swasta, kerusuhan yang salah satunya terjadi Wamena, Jayawijaya itu telah merenggut puluhan nyawa.

“Di Papua Barat, cukup di Manokwari, Sorong dan Fakfak. Jangan sampai terulang lagi. Kita semua berkomitmen jadikan Papua Barat tanah damai,” kata dia lagi.

Ia bersyukur tidak ada korban jiwa pada kerusuhan di Papua Barat. Pemerintah bersama TNI dan Polri terus berupaya agar situasi keamanan di daerah ini stabil.

Kepala Suku Besar Arfak ini juga mengajak semua pihak terus berdoa agar Papua Barat aman dan damai. Dengan demikian pembangunan berjalan lancar, begitu pula aktivitas pendidikan dan ekonomi masyarakat.

“Kasihan adik-adik, mereka tidak tahu apa-apa. Mereka hanya terprovokasi dan sekarang ditahan. Sedangkan provokatornya santai-santai di hotel dan lain sebagainya. Saya tegaskan lagi bahwa ASN tidak boleh jadi provokator,” tegas gubernur.

Mandacan mengutarakan, situasi keamanan di Papua Barat terus membaik. Ia berharap, situasi seperti ini dijaga dan dipertahankan.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!