fbpx
Pengurus HPI Raja Ampat membuat surat edaran bagi pemandu HPI Raja Ampat guna antisipasi dan pencegahan virus Corona. FOTO: ANTARA PAPUA BARAT/ERNES KAKISINA PAPUADALAMBERITA.COM.WAISAI-... HPI Keluarkan Edaran Pemandu Wisata Raja Ampat Waspada Corona

Pengurus HPI Raja Ampat membuat surat edaran bagi pemandu HPI Raja Ampat guna antisipasi dan pencegahan virus Corona. FOTO: ANTARA PAPUA BARAT/ERNES KAKISINA

PAPUADALAMBERITA.COM.WAISAI- Pengurus Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, mengeluarkan surat edaran bagi pemandu wisata anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) agar waspada terhadap virus Corona.

Ketua HPI Raja Ampat Ranny Iriani Tumundo di Waisai, Senin, mengatakan Presiden Joko Widodo secara resmi telah mengumumkan bahwa ditemukan dua orang positif virus Corona sehingga perlu diwaspadai di Kabupaten Raja Ampat.

Dia mengatakan bahwa pemandu wisata adalah orang yang berinteraksi secara langsung dengan setiap wisatawan asing maupun domestik yang berkunjung ke Kabupaten Raja Ampat.

Menurut dia, sebagai langkah pencegahan pengurus DPC HPI Raja mengeluarkan surat edaran yang merupakan himbauan kepada semua anggota agar melakukan langkah-langkah antisipatif dalam menjalankan tugas sebagai pemandu wisata.

Dikatakan, surat edaran tersebut berisi poin-poin penting cara pencegahan yang bersumber dari informasi medis secara nasional untuk dilakukan oleh pemandu wisata saat menjalankan tugas agar terhindar dari virus corona seperti gunakan masker di tempat umum, tutup mulut dan hidung saat batuk, serta cuci tangan pakai sabun yang bersih.

“Surat edaran ini bukan untuk menakut-nakuti pemandu wisata anggota HPI yang melakukan tugas pemandu wisatawan, tetapi sebagai langkah untuk pencegahan,” ujarnya.

Sekretaris DPC HPI Raja Ampat, Maikel Sada yang memberikan keterangan terpisah, mengatakan bahwa surat edaran tersebut dibagikan kepada seluruh anggota HPI Kabupaten Raja Ampat agar mengetahui cara atau langkah-langkah untuk mencegah virus Corona.

Dia menjelaskan, informasi cara pencegahan sangat penting untuk diketahui oleh seluruh pemandu wisata HPI di Kabupaten Raja Ampat supaya memproteksi diri karena mencegah lebih baik daripada mengobati.

“Dalam surat edaran tersebut pula dihimbau kepada seluruh anggota agar dalam melaksanakan tugas dan menemukan wisatawan ataupun warga yang sakit dengan gejala-gejala seperti gejala virus Corona dapat menghubungi rumah sakit atau puskesmas terdekat,” tambah dia.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!