Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Mohamad Soleh, S.Hut, M.Si, Ketika Melakukan Panen Cabe di Lahan Seluas 4 Ha Kampung Werabuan Distrik Wertutin Fakfak... Jelang Idul Fitri 1442 H, Dinas Pertanian dan KP Pastikan 80 Persen Ketersedian Cabe dan Sayur Lokal Aman

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Mohamad Soleh, S.Hut, M.Si, Ketika Melakukan Panen Cabe di Lahan Seluas 4 Ha Kampung Werabuan Distrik Wertutin Fakfak Papua Barat. FOTO : RICO LET’s./PAPUADALAMBERITA.COM. 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Jelang lebaran 1442 H yang tinggal beberapa hari kedepan, dipastikan kebutuhan cabe dan sayur untuk masyarakat Fakfak akan meningkat, namun untuk menjawab kebutuhan tersebut, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak menjamin kebutuhan cabe dan sayur produksi petani lokal sangat tercukupi.

Bahkan cabe dan sayur untuk menjawab kebutuhan masyarakat Fakfak jelang hari raya Lebaran sebagian besar atau sekitar 80 persen berasal dari produksi petani lokal di Kabupaten Fakfak.

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (KP) Kabupaten Fakfak, Mohamad Soleh, S.Hut, M.Si, kepada papuadalamberita.com. beberapa waktu lalu saat melakukan panen rica di kampung Werabuan Distrik Wertutin Fakfak Papua Barat.

Menurut Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Fakfak, Mohamad Soleh, S.Hut, M.Si, untuk menjawab ketersediaan cabe untuk masyarakat Fakfak jelang Lebaran 1442 H maupun untuk kebutuhan cabe sehari – hari, Dinas Pertanian dan KP bersama petani binaan telah menyiapkan lahan cabe seluas 4 hektar yang dipusatkan di kampung Werabuan Distrik Wertutin.

Ketersediaan Cabe di Lahan Seluas 4 Ha di Kampung Werabuan Distrik Wertutin Fakfak Papua Barat. Lahan Cabe Milik Dua Kelompok Tani Binaan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak. FOTO : RICO LET’s./PAPUADALAMBERITA.COM. 

“Untuk menyiapkan kebutuhan cabe di Fakfak, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan bersama petani cabe binaan telah membuka lahan seluas 4 hektar di Werabuan Distrik Wartutin”, tukas Mohamad Soleh ketika bersama papuadalamberita.com. menyaksikan panen perdana cabe di Wartutin, sebulan lalu.

Dengan menjadikan Werabuan Distrik Wartutin sebagai pusat pengembangan cabe, yang ditunjang beberapa lokasi lahan cabe di pulau panjang Distrik Pariwari, Karas, Kokas dan Bomberay, maka dengan demikian suplai kebutuhan cabe selama ini bagi masyarakat Fakfak sangat aman bahkan produksi cabe lokal mencapai 80 persen bila dibandingkan dengan cabe yang didatangkan dari luar Fakfak yang hanya mencapai 20 persen, tukas Soleh.

Selain itu kata dia, untuk ketersediaan sayur di Fakfak, jelang hari raya Lebaran 1442 H, pihaknya juga menjamin ketersediaan sayur bagi masyarakat Fakfak sangat aman karena sesuai data Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, sebagian besar kebutuhan sayu di Fakfak dari hasil petani lokal sedangkan sayur yang datang dari luar Fakfak hanya sebagian kecil.

“Sesuai data Dinas Pertanian dan Ketahahan Pangan, selama ini kebutuhan cabe maupun sayur yang dipasok dari petani di Fakfak untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sebanyak 80 persen sedangkan yang ditangkan dari luar Fakfak hanya sebanyak 20 persen”, tutur Soleh sapaan akrab Mohamad Soleh, S.Hut, M.Si, yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Fakfak.

Karena itu, jelang hari raya Idul Fitri 1442 H yang tinggal beberapa hari lagi, Dinas Pertanian dan KP menjamin ketersediaan cabe dan sayur dari petani lokal Fakfak sangat aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Lebaran nanti.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *