Papua Barat

Ketua PKK Kampanyekan Resiko Stunting pada Warga

107
×

Ketua PKK Kampanyekan Resiko Stunting pada Warga

Sebarkan artikel ini

Ketua TP PKK Provinsi Papua Barat Roma Megawanty Pasaribu Waterpauw. FOTO: ISTIMEWA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) provinsi Papua Barat, Roma Megawanty Pasaribu Waterpauw, SKOM, MSI melakukan kampanye untuk meningkatkan kesadaran mengenai resiko stunting pada warga.

Kampanye ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi jumlah anak yang menderita stunting di Papua Barat di kampung Wariori Distrik Masni, Jumat ( 01/09/2023 ).

Ketua TP PKK Papua Barat turut memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang resiko dan penyebab stunting yang menghambat pertumbuhan anak-anak.

Dimana 45% penyebab stunting di Papua Barat adalah pernikahan dini.

“Untuk Papua Barat, PKK tambahkan dengan cegah pernikahan dini. ini yang kami cegah, karena di Papua Barat 45% peneyebab stunting adalah pernikahan dini,” sebut Roma Megawanty.

Dalam kampanye, Roma Megawanty mengajak warga untuk hidup bersih, seperti sanitasi, air bersih, jamban yang sehat, dan cuci tangan pakai sabun, adalah cara pencegahan stunting.

Pemantauan anak untuk seribu hari pertama dalam kandungan gizi anak harus terpenuhi, hingga gaya hidup bersih yang layak bagi tumbuh kembang anak ketika lahir hingga menjajaki usia dua tahun.

“Jadi sejak anak dalam kandungan ibu gizinya harus terpenuhi. Ketika anak lahir sampai usia dua tahun, sanitasi, air bersih, jamban sehat dan cuci tangan pakai sabun, adalah bentuk pencegahan stunting,” jelas istri dari penjabat gubernur Papua Barat ini.

Dalam penyampaiannya, Ketua TP PKK, menyebut pencegahan stunting merupakan tanggung jawab dan perhatian semua pihak, demi menyelamatkan generasi penerus bangsa.

Ia mengatakan, kalau terlambat membekali anak-anak dengan fisik yang baik, mental yang baik, maka yang akan rugi adalah generasi sendiri.(rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *