Aston Manokwari
Papua Barat

KPU Fakfak Serahkan Tanda Penerimaan dan Berita Acara Hasil Verifikasi Administrasi Bapaslon

151
×

KPU Fakfak Serahkan Tanda Penerimaan dan Berita Acara Hasil Verifikasi Administrasi Bapaslon

Sebarkan artikel ini
KPU Fakfak
KPU Fakfak Bersama LO Bapaslon UTAYOH dan SANTUN Usai Penyerahan Tanda Penerimaan dan Berita Acara (BA) Hasil Verifikasi Administrasi. Jumat (06/9/2024). FOTO : ISTIMEWA. PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Fakfak menggelar agen penyerahan tanda penerimaan dan Berita Acara (BA) hasil verifikasi administrasi kepada Dua Kandiat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak periode 2024 – 2029 yang diserahkan ke Liaison Officer (LO) masing – masing Kandidat baik untuk Bapaslon Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom berjargon UTAYOH maupun kepada Bapaslon Samaun Dahlan dan Donatus Nimbitkendik berjargon SANTUN.

Penyerahan tanda penerimaan dan Berita Acara (BA) hasil verifikasi administrasi kepada Dua Kandiat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak berlangsung di aula Kantor KPU Fakfak, yang berlokasi di Jln Kadamber, Keluarahan Wagom Utara, Distrik Pariwari, Fakfak – Papua Barat, Jumat, (06/9/2024.

Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Fakfak, Josan Massa, dalam rilisnya yang diterima papuadalamberitanya.com.  menngatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari tahapan penting dalam proses pencalonan yang diatur dalam Peraturan KPU No. 8 Tahun 2024.

Menurut Josan, penyerahan tanda penerimaan dan Berita Acara hasil verifikasi administrasi menandai selesainya proses verifikasi awal terhadap dokumen – dokumen persyaratan bapaslon.

“KPU Fakfak telah melakukan proses verifikasi administrasi dengan cermat dan teliti, sesuai dengan Keputusan KPU RI Nomor 1229 Tahun 2024. Proses ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua dokumen persyaratan calon telah sesuai dengan standar yang ditetapkan, serta mematuhi indikator yang diatur dalam Tabel 4.1 terkait persyaratan administrasi calon,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, penyerahan tanda penerimaan ini menjadi bukti bahwa kedua bapaslon (UTAYOH dan SANTUN) yang mengikuti Pilkada Fakfak 2024 telah menyerahkan semua dokumen yang dipersyaratkan untuk diperiksa KPU.

Menurutnya, transparansi dan akuntabilitas merupakan nilai utama dalam seluruh tahapan Pilkada Fakfak 2024.

Acara yang berlangsung di Aula Kantor KPU Fakfak tersebut dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing bapaslon, para komisioner KPU, dan staf.

Penyerahan Berita Acara langsung diserahkan kepada tim penghubung masing-masing Bakal Pasangan Calon Bupati Untung Tamsil dan Yohana Dina Hindom yang berjargon UTAYOH Jilid 2 dan Bakal Pasangan Calon Bupati Samaun Dahlan dan Donatus Nimbitkendik yang berjargon SANTUN  yang kemudian diikuti dengan sesi diskusi mengenai tahapan selanjutnya.

Selanjutnya dikatan Josan, setelah penyerahan tanda penerimaan dan Berita Acara (BA) hasil verifikasi administrasi kepada Dua Kandiat bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak, KPU Fakfak akan mengumumkan hasil verifikasi administrasi pada 13 – 14 September 2024.

Dan setelah pennguman hasil verifikasi nanti, masyarakat akan diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan atau masukan terkait hasil verifikasi dari tanggal 15 hingga 21 September 2024, yang akan ditindaklanjuti oleh KPU melalui proses klarifikasi.

“Kami mengundang masyarakat Fakfak untuk turut aktif berpartisipasi dalam memberikan tanggapan selama masa klarifikasi nanti. Partisipasi publik sangat penting demi memastikan bahwa Pilkada Fakfak berjalan dengan prinsip demokrasi, keadilan, dan keterbukaan,” lanjut Josan Massa.

Tahapan penetapan calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak yang memenuhi syarat akan dilakukan pada 22 September 2024. KPU berharap seluruh tahapan ini dapat berjalan lancar dan menciptakan pemilihan yang berkualitas, adil, serta sesuai dengan regulasi yang berlaku.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, KPU Fakfak semakin menegaskan komitmennya dalam mewujudkan proses Pemilihan Kepala Daerah yang profesional, transparan, dan kredibel, guna memastikan pemimpin terbaik bagi Kabupaten Fakfak di masa depan. Tutup Josan Massa.(rls)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *