Papua Barat

Pejabat Utama Terlama di Polda Papua Barat, 6 Kali Ganti Kapolda, Kombes Pol dr Sariman Baru Dimutasi 2021

320
×

Pejabat Utama Terlama di Polda Papua Barat, 6 Kali Ganti Kapolda, Kombes Pol dr Sariman Baru Dimutasi 2021

Sebarkan artikel ini

HUT RI 2021

Kabid Dokkes Polda Papua Barat, Kombes Pol dokter Sariman yang ditemui wartawan seusai serahterima jabatan, Jumat (13/8/2021) di Arfak Confention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kabid Dokkes Polda Papua Barat, Kombes Pol dokter Sariman menerima cinderamata berupa gambar karikatur wajahnya bersama istrinya dari Kapolda papua Barat seusai serahterima jabatan, Jumat (13/8/2021) di Arfak Confention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Polda papua Barat, mencatat Kabid Dokkes Polda Papua Barat, Kombes Pol Sariman sebagai pemegang rekor pajabat utama terlama yang menjabat di Polda Papua Barat.

Baca juga: Tiga Pejabat Utama 5 Kapolres Dilantik, Kapolda: Hindari Penyalahgunaan Wewenang dan Perilaku Tak Patut

Baca juga: Agenda Untuk Lima Kapolres yang Baru Dilantik, Ini Penjelasan Kabid Humas Polda Papua Barat 

Kombes Pol Sariman menjabat Kabid Dokkes Polda Papua Barat sejak pembentukan Polda Papua Barat pada 19 Desember 2014 dengan Kapolda Papua Barat pertama dijabat Brigjen Pol  Paulus Waterpau (kini telah Komjen, red) hingga 12 Agustus 202. Ia baru serah terima jabatan pada 13 Agustus 2021 setelah dimutasi oleh Kapolda Papua Barat ke enam Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI ke Polda Aceh dengan jabatan yang sama, Kabid Dokkes.

‘’Selama saya bertugas enam tahun enam bulan di Polda Papua Barat banyak pelajaran hidup yang saya dapatkan. Karena selama enam tahun lebih itu saya banyak merenung arti kehidupan, artinya kita hidup itu tidak harus di tempat kelahiran kita, dimanapun kita berada disitulah jalan hidup kita. Di Papua Barat inilah saya menjadi matang, menjadi sadar arti kehidupan, apalagi di sini (Polda Papua Barat, red) serba baru dengan karakteristik daerah asal,’’ ujar Kombes Pol dokter Sariman yang ditemui  wartawan, Jumat (13/8/2021) seusai serah terima jabatan di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat.

Tiga pejabat utama Polda Papua Barat yang dilantik adalah jabatan Karo Ops Polda Papua Barat AKPB Teguh Ardi Wibisono SIK, Direktur Resersenarkoba Polda Papua Barat dari pejabat lama Kombes Pol Rendra Radita Dewayana SIK, kepada pejabat baru Kombes Pol Agustinus Fernando Indra Napitupulu, SIK, dan Kabid Dokkes Polda Papua Barat dari pejabat lama Kombes Pol dokter Sariman kepada pejabat baru AKBP Bambang Pitoyo Nugroho SPS.

Kabid Dokkes Polda Papua Barat, Kombes Pol dokter Sariman menerima cinderamata dari Wakapolda Kapolda Papua Barat seusai serahterima jabatan, Jumat (13/8/2021) di Arfak Confention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Ia mengaku selama bertugas di Polda Papua Barat lebih banyak memperoleh suka dari dukanya. ‘’Suka banyak, dukanya sebenarnya tidak ada,  tenang saja, karena dimanapun saya bertugas saya nikmati. Kalau buat saya pribadi dimanapun oke tidak tahu kalau keluarga dan anak-istri ya,’’ ujar dokter tersenyum.

Dari sekian teman seangkat bertugas di Polda Papua Barat sejak awal dibentuk, teman seangkatannya semuanya telah dimutasi, termasuk Karoops dan Ia yang terakhir.

‘’Jadi, saya enam tahun setengah di sini (Polda Papua Barat, red) di bawah bimbingan enam Kapolda, lima Wakapolda,  empat Irwasda dan PJU lain semua sudah berganti,  dua Karo Ops,  tiga Karorena,  Saya hafal itu,  enam Karo SDM,  dua Karolog, Diri Intel, Dirkrimum, Dirkrimsus sudah tiga kali ganti semua,’’ sebutnya rinci.

Ia tidak punya pesan khusus kepada pejabat pengantinya karena Polda Papua Barat sudah berjalan, bukan dari nol ketika Ia menjabat Kabid Dokkes pada tahun 2014 silam Polda Papua Barat masih menumpang bekas Kantor Bupati Manokwari sebagai markas Polda Papua Barat..

‘’Saya pikir ini kan sudah bukan dari nol lagi, tinggal melanjutkan saja, kalau saat ini tantangannya kita masih pandemi COVID-19,  semua tantangannya sama yaitu bagaimana supaya cepat keluar dari pandemic,’’ sebut Sariman.

Kabid Dokkes Polda Papua Barat, Kombes Pol dokter Sariman memberikan sambutan perpisahan dihadapan Kapolda dan Wakapolda serta pejabat utama Papua Barat pada serahterima jabatan, Jumat (13/8/2021) di Arfak Confention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kata dia, sebelum bertugas di Papua Barat Ia telah bertugas di sejumlah daerah di Indonesia.seperti di Sulawesi, Manado, Gorontalo,  Kalimantan juga lama,  Papua Barat kemudian di Aceh.

‘’Iini tidak tahu berapa tahun di Aceh, mudah-mudahan setelah itu (di Aceh, red) di Jawa dan  semua tempat tugas itu berkesan.

Menurutnya tantangan lain di Bid Dokkes Polda Papua Barat adalah sumber daya manusianya  masih kurang, karena di Papua Barat sulit mencari SDM yang berlatar belakang medis dan paramedic sehingga kebanyakan dari luar, dari Sulawesi,  Jawa,  itu menjadi tantangan utama.

‘’Fasilitas kesehatan dan alat-alat canggih kita (RS Bhayangkara Polda Papua Barat, red) punya, cuma belum terpasang, ventilator kita punya,’’ ujarnya.

Sejak COVID-19 melanda dunia mulai tahun 2020 hingga kini, ada juga anggota Polda Papua Barat, Polres jajarannya positif corona dan sudah sembuh, yang dirawat hanya beberapa orang, selebihnya isolasi mandiri dan orang tanpa gejala.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *