fbpx
Kepala suku besar Doreri setanah Papua, Gaad Hendrik Rumfabe menyerahkan telepon genggam kepada kepala keret di suku besar Doreri, Manokwari Papua Barat. FOTO: lasarus... Permudah Komunikasi, Kepala Suku Doreri Lengkapi Kepala-Kepala Keret  dengan Alat Komunikasi

Kepala suku besar Doreri setanah Papua, Gaad Hendrik Rumfabe menyerahkan telepon genggam kepada kepala keret di suku besar Doreri, Manokwari Papua Barat. FOTO: lasarus wambrauw/papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA. COM. MANOKWARI – Dalam menunjang program kerja serta mempermudah komunikasi antara kepala suku dengan para kepala -kepala keret di suku besar Doreri Manokwari Papua Barat, kepala suku besar Doreri Papua (Mananwir Beba) Gaad Hendrik Rumfabe SH, M.Si bertempat di ex Hotel Arfak Manokwari sebagai  sekretariat suku besar Doreri melengkapi kepada sembilan kepala keret di suku besar Doreri dengan alat komunikasi telepon genggam atau handphone (hp), Senin (28/10/2019)

Gaad H Rumfabe selaku kepala suku besar mengatakan, bahwa suku besar Doreri merupakan suku yang menerima Injil pertama di tanah Papua dan menjadi catatan penting dalam peradaban perjalanan pembangunan di tanah Papua.

‘’Suku Doreri harus ditata kembali sehingga kita tidak ter kikis oleh era globalisasi, artinya dengan adanya kepala suku besar Doreri atau adanya kesukuaan Doreri maka ini sebagai wujud eksistensinya suku besar doreri,’’  kata Gaad H Rumfabe.

Kepala suku besar Doreri mengatakan bahwa saat ini era globalisasi yang serba canggih dan instan sehingga mau tidak mau sebagai lembaga kesukuaan maka suku Doreri juga harus mengikuti perkembangan zaman saat ini.

Sehingga pemberian handphone kepada kepala keret penting, mempermuda komunikasi antara kepala suku dengan para kepala keret, artinya ketika adanya persoalan di keret secepat mungkin kepala keret dengan handphone sudah menginformasikan kepada kepala suku maupun sebaliknya.

Atau ada informasi pertemuan kepala suku dengan kepala keret tidak melalui undangan, tetapi undangan disampaikan melalui SMS dan undangan dikirim.

Kepala suku Doreri mengharapkan kepada kepala keret agar persoalan sekecil apapun yang terjadi di dalam keret atau di sekitar segera berkomunikasi dengan kepala suku, sehingga kepala suku bisa tahu secepat mungkin bisa ditangani.

Suku Doreri yang juga sama seperti para suku lain di tanah Papua yang bermitra dengan pemerintah maka sebagai kepala suku besar Doreri sangat berharap kepada kepala-kepala keret di suku besar Doreri untuk bersama-sama pemerintah menjaga daerah ini agar tetap kondusif.

Pada kesempatan itu kepala suku besar Doreri memerintah kepala  keret untuk melakukan pendataan kembali seluruh keluarga di keret masing-masing, sehingga bisa diketahui sampai tahun 2019 suku besar Doreri berapa jiwa atau KK.

Kepala suku besar Doreri setanah Papua, Gaad Hendrik Rumfabe menyerahkan telepon genggam kepada kepala keret di suku besar Doreri, Manokwari Papua Barat. FOTO: lasarus wambrauw/papuadalamberita.com.

‘’Baik muda, lansia, anak-anak usia sekolah dari SD sampai perguruan tinggi yang sudah kerja dan belum dan lain sebagainya hal. ini sangat penting.untuk eksistensi suku besar Doreri ke depan,’’ ujarnya.

Saat ini dalam menunjang kegiatan-kegiatan kesukuan di suku besar Doreri maka telah dibentuk badan pemberdayaan masyarakat adat Kofandur Doreri.

Kepala suku besar Doreri sangat mengharapkan kepada seluruh warga suku Doreri untuk bersama-sama jaga persatuan dan kebersamaan dalam suku besar doreri.(kew)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!