Papua Barat

PJ Sekda Tanam Pohon Hijaukan Bumi, Birukan Langit, Papua Barat Peroleh Dana Potensi Jasa Karbon

55
×

PJ Sekda Tanam Pohon Hijaukan Bumi, Birukan Langit, Papua Barat Peroleh Dana Potensi Jasa Karbon

Sebarkan artikel ini

Sekda Papua Barat Papua Barat Dance Sangkek, SH, MM, Kepala Dinas Kehutanan Papua Barat Ir Runaweri FH, MM, Ketua Panitia peringatan Hari Bhakti Rimbawan KE-40 tahun 2023 Provinsi Papua Barat Erents Ngabalin, SHUT, MP  seusai upacara menanam pohon di Arboretum Provinsi Papua Barat, Kamis (16/3/2023). FOTO: PAPUADALAMBERITA/ISTIMEWA

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar upacara peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-40 tahun 2023 di halaman Kantor Dinas Kehutanan Provinsi Papua Barat Kamis (16/3/2023).

Penjabat Sekda Papua Barat Dance Sangkek, SH, MM seusai menjadi Inspektur Upacara (Irup), didampingi Kepala Dinas Kehutanan, Papua Barat Ir Runaweri FH, MM, Ketua Panitia peringatan Hari Bhakti Rimbawan KE-40 tahun 2023 Provinsi Papua Barat Erents Ngabil, SHUT, MP  serta Forkopimda dan Rimbawan Papua Barat menanam pohon di Arboretum pemda Papua Barat.

‘’Pada saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) bersama Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) sedang mempersiapkan pembayaran Benefit Sharing kepada seluruh provinsi yang telah berkontribusi kepada penjurusan emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dari kegiatan pengurangan deforestasi dan degradasi hutan pada periode 2014-2016.

‘’Provinsi Papua Barat sedang bergiat untuk melakukan ini, dan akan menjadi provinsi kedua di Indonesia untuk mendapatkan transfer dana dari lingkungan hidup setelah Provinsi Kalimantan,’’ sebut Sekda Papua Barat Dance Sangkek dalam amanatnya.

Kepala Dinas Kehutanan Papua Barat Ir Runaweri FH, MM ditemui wartawan yang di ruang kerjanya seusai upacara dan menanam pohon di Arboretum Provinsi Papua Barat, Kamis (16/3/2023). FOTO: PAPUADALAMBERITA/RUSTAM MADUBUN.

Sedangkan Kepala Dinas Kehutanan Papua Barat, kepada wartawan mengatakan penanaman pohon bersama bertemakan “Hijaukan Bumi, Birukan Langit” diharapkan para rimbawan pada momentum hari rimbawan saling mendukung, membantu dalam melaksanakan tugas sebagai seorang rimbawan.

‘’Untuk kita jaga hutan di Papua Barat sehingga memberikan dampak terhadap birunya langit dan hijaunya bumi,’’ ujar Kepala Dinas yang ditemui di ruang kerjanya.

‘’Kepada masyarakat saya ajak mari saling mendukung, menjaga hutan ini bukan hanya tamngungjawab pemerintah, tetapi juga tangungjawab masyarakat, swasta, menjaga hutan untuk kepentingan hari ini dan di hari yang akan datang,’’ sambung Runaweri.

Ketua Panitia peringatan Hari Bhakti Rimbawan KE-40 tahun 2023 Provinsi Papua Barat Erents Ngabalin, SHUT, MP  yang ditemui wartawan seusai upacara dan penanaman pohon di Arboretum Provinsi Papua Barat, Kamis (16/3/2023). FOTO: PAPUADALAMBERITA/RUSTAM MADUBUN.

Ketua Panitia peringatan Hari Bhakti Rimbawan KE-40 tahun 2023 Provinsi Papua Barat Erents Ngabalin, SHUT, MP  yang ditemui wartawan seusai peringatan hari rimbawan di Kantor gubernur mengatakan, dalam rangka peringatan hari rimbawan ke-40 tahun 2023 panitia melakukan aksi penanaman 500 pohon.

‘’Terdiri dari tanaman kehutanan yang ada di sekitar Kantor gubernur, hari ini 9Kamis, red) kita melakukan pembagian 1.000 bibit tanaman buah, yang terdiri matoa kelapa, mangga, rambutan akulasi, ketapang kencana dan tanaman pucuk merah,’’ Ketua Panitia yang keseharian sebagai Sekretaris Dinas Kehutanan Papua Barat.

Erents Ngabalin SHUT, MP menambahkan panitia juga membagikan bibir tanaman pohon ke masyarakat, dinas, instansi pemerintah, kepala-kepala dinas.

Erents mengatakan dengan penanaman bibit pohon ada impact sesuai dengan tema hari ‘’Hijaukan Bumi Birukan Langit” ini punya nilai yang tinggi, karena pemerintah saat ini sementara menggalakkan ekonomi karbon.

‘’Ternyata hutan itu ada menghasilkan uang sekalipun tanpa menebang pohon, dengan kita tidak kita menanam pohon, itu akan diperhitungkan cadangan karbon yang akan harus dibayar,’’ sebut Erents.

‘’Seperti yang sekarang baru pertama memperoleh adalah Provinsi Kalimantan Timur,  tahun lalu mendapatkan 120 miliar dari 1,2 triliun yang dicadangkan karbonnya,’’ sambung Ngabalin.

Untuk itu, Ia mengatakan, Provinsi Papua Barat yang luas hutan lebih dari 95% mampu memperoleh potensi jasa dari karbon yang menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Papua Barat.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!