Papua Barat

Satlantas Lakukan Pengamanan Hadarat, Tradisi Unik Warga Kaimana Setiap Idul Fitri

106
×

Satlantas Lakukan Pengamanan Hadarat, Tradisi Unik Warga Kaimana Setiap Idul Fitri

Sebarkan artikel ini

Satlantas Polres Kaimana melakukan pengamanan tardisi hadarat keliling di Kabupaten Kaimana Papua Barat, Ahad (23/4/2023). FOTO: STLANTAS POLRES KAIMANA.

PAPUADALAMBERITA.COM. KAIMANA – Tradisi unik penduduk asli Kabupaten Kaimana Papua Barat setiap merayakan idul fitri hari kedua yaitu melakukan hadarat keliling kota Kaimana.

Hadarat keliling ini diikuti ratusan warga Kaimana dewasa, remaja hingga anak – anak, diiringi irama musik rebana dengan lantunan suara merdua shalawat warga bersilaturahmi berkeliling kota Kaiman.

Satuan Lalu Lintas Polres Kaimana menerjunkan personel untuk memberikan layanan pengamanan dan pengaturan lalu lintas yang aman dan nyaman kepada peserta hadarat yang menjadi perhatian warga Kaimana sepanjang jalan.

‘’Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga dalam melakukan tradisi hadarat, kami melakukan pengamanan keliling dan pengawal hadarat,’’ jelas Kapolres Kiamana melalui Kasat Lantas Polres Kaimana AKP Yosias S Tatuhey, SSos kepada papuadalamberita.com Ahad (23/4/2023) tadi malam.

Menurut Kasat Lantas AKP Yosias peserta pawai hadarat keliling ini mulai start dari halaman Masjid Baitul Rahim Kampung Seram, melalui Masjid An Nur kaki air Besar, Jalan Brawijaya, Jalan Sisir PDAM, Jalan Cenderawasih, Jalan Yosudarso, Jalan Diponegoro, Jalan  Nikolas Kabes, Jalan Lettu Idrus, dan finis di Anda Aer.

‘’Kami melakukan pengaturan arus lalu lintas depan mesjid dan rute yang dilewati peserta hadarat keliling, kami juga memberikan imbauan tertib berlalulintas demi keselamatan pengendara dan pejalan kaki,’’ jelas Kasat Lantas Polres Kaimana.

Dalam pengamanan hadarat keliling ini, situasi arus lalu lintas kota Kaimana terpantau lancar, terkendali, assehingga terciptanya Kamseltibcarlantas yang aman dan selamat.

‘’Selain pengamanan hadrat keliling, Satlantas Polres Kaimana telah melakukan pengamanan arus lalu lintas sejak pelaksanaan ibadah sholat taraweh di masjid-masjid dan sholat Idul fitri, pengaman arus lalu lintas berjalan lancar, aman,’’ ungkap Kasat Lantas.

AKP Josua menambahkan, bahwa kelancaran pengaman dan pengaturan arus lalu lintas selama ini juga tidak terlepas kesadaran warga Kaimana atas pentingnya tertib berlalu lintas, juga dari TNI dan unsur mitra kepolisian di Kabupaten Kaimana.

Kata Dia, hadarat keliling di Kabupaten Kaimana telah berlangsung turun temurun sejak lama yang terus dilaksanakan setiap hari kedua idul fitri, taradisi ini hingga kini masih terjaga dengan baik sebagai ajang silaturahmi sesama warga Kaimana.

Hadarat keliling ini merupakan budaya islam di Kabupaten Kaimana sebagai silaturahim yang dilakukan setiap hari kedua Idul Fitri.(tam)

Kendaraan patroli lalulintas Satlantas Polres Kaimana saat melakukan pengamanan hadarat keliling Kabupaten Kaimana Papua Barat, Ahad (23/4/2023). FOTO: SALANTAS POLRES KAIMANA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *