fbpx
Kapolda Papua Barat bersama Dansat Brimob Polda Papua Barat yang juga akan menjabat Dansat Brimob Polda Papua saat melihat senja api hasil pengungkapan oleh... Tidak Disangka, Kelakar Itu Jadi Kenyataan, Kapolda Papua Barat Akan Jabat Asops Kapolri

Kapolda Papua Barat bersama Dansat Brimob Polda Papua Barat yang juga akan menjabat Dansat Brimob Polda Papua saat melihat senja api hasil pengungkapan oleh anggota Polsek Manokwari Kota, Selasa (3/12/2019). FOTO: RUSTAM MADUBUN/papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Menjabat Kapolda Papua Barat terhitung 26 April 2019. Sesuai Telegram Kapolri Jendral Tito Karnavian, Nomor ST 1202/IV/KEP/2019 tanggal 26 April 2019, pemilik nama lengkap Kapolda Papua Barat ke lima, Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak, MSI saat itu mengantikan Brigjen Pol Drs Rudolf Alberth Rodja yg di promosikan ke Polda Papua.

Setelah menjabat Kapolda Papua Barat delapan bulan, Herry Rudolf Nahak, jenderal bintang satu ini segera menempati posisi baru sebagai Asisten Operasional (Asops) Kapolri di Mabes Polri, Jakarta.

Dipercayakan negara menjabat Asops Kapolri tentu pangkat dari lulusan  Akpol 1990 dengan predikat Adhi Makayasa ini otomatis akan naik satu strip dari brigadier jenderal menjadi Inspektur jenderal (Irjen) atau bintang dua di pundaknya.

Surat telegram Kapolri, bernomor: ST/ 3229/ XII/ KEP./2019 tanggal 6 Desember 2019 menyebutkan Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak,M.Si dipromosi sebagai Asops Kapolri menggantikan Irjen Pol Martuani Sormin Siregar yang akan menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara.

Ditariknya Herry Rudolf Nahak ke Mabes Polri tidak membuat jabatan Kapolda Papua Barat kosong, jabatan Kapolda Papua Barat akan diisi Brigjen Pol Drs Tarnagogo Sihombing yang sebelumnya menjabat Direktur Tindak Pidana Khusus (Dirtipeksus) Bareskrim Polri.

Obrolan papuadalamberita.com melalui whatsapp bersama Kapolda Papua Barat pada tanggal 3 Desember pukul 19.10 WIT, obrolan ini tidak disangka menjadi kenyataan. FOTO: TANGKAP LAYAR/papuadalamberita.com.

Tanggal 3 Desember 2019 lalu, papuadalamberita.com berkelakar dengan  Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak melalui chating whatsappnya: “Insallah tahun depan dua bintang jatuh dipundak lagi,” ujarku kepada Kapolda saat itu.  Kapolda Herry Rudolf Nahak saat membalas chating papuadalamberita.com dengan satu kata singkat yaitu Amin.

Kelakar papuadalamberita.com 3 Desember itu tidak disangka menjadi kenyataan, yakni dengan turunya telegram Kapolri tanggal 6 Desember 2019 yang memposisikan Herry Rudolf Nahak sebagai Asops Kapolri, otomatis pankat pun akan disesuaikan dari bintang satu menjadi bintang dua.

Selama delapan bulan memegang tongkat komando sebagai Kapolda Papua Barat sejumlah peristiwa besar di Papua Barat dilaluinya. Misalkan pemilihan umum serentak, Presiden dan Pemilu legeslatif, pelantikan Anggota DPR Papua Barat, peristiwa kerusuhan 19 Agustus 2019 di Manokwari, kerusuhan 21 Agustus di Fakfak, kerusuhan di Sorong dan terakhir pengamanan kunjungan Presiden RI Ke-8, Ir H Joko Widodo ke Kabupaten Pegunungan Arfak dan Kabupaten Kaimana, Papua Barat.

Semua peristiwa itu dilalui dan ditangani dengan penuh tanggungjawab, tentua Ia tidak bekerja sendiri dalam pengamanan, Ia membangun hubungan baik dengan mitra Polri seperti Kodam XVIII/Kasuari, Pemerintah Daerah Papua Barat, Forkopimda, masyarakat dari berbagai elemen.

Diakhir masa jabatannya, pada tanggal 3 Desember 2019 di Polda Barat, Ia memimpin upacara Pemecatan Tidak Dengan Hormat (PTDH) sembilan anggota Polri di jajaran Polda Papua Barat, dan pemberian penghargaan kepada lima anggota Polri Polsek Manokwari Kota dan satu anggota Polda Papua Barat atas prestasi yang bekerja melebihi tugas normal.

Irwasda Polda Papua Barat, Kombes Pol Achmad Marhaendar, SH (kanan) juga akan pindah tugas sebagai Irwasda Polda Kep Babel bersama Kapolda Papua Barat dan Wakapolda Papua Barat saat pres rilis hasil survei Litbang Kompas tentang kinerja anggota kepolisian Polda Papua Barat, Kamis (19/9/2019). FOTO: RUSTAM MADUBUN/papuadalamberita.com.

Dalam telegram Kapolri, selain Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Herry Rudolf Nahak yang akan dipromosi, ada lima perwira Polda Papua Barat lainnya ikut dipromosikan, yakni Irwasda Polda Papua Barat, Kombes Pol Achmad Marhaendar, SH dalam jabatan baru sebagai Irwasda Kepulauan Bangka Belitung, Dansat Brimob Polda Papua Barat, Kombes Pol Drs Goodhelp Cornelis Mansnembra dalam jabatan baru sebagai Dansat Brimob Polda Papua.

Karorena Polda Papua Barat, Kombes Pol Eko Suprihanto SH, SIK, MH diangkat dalam jabatan baru sebagai Karorena Polda Maluku, PS Kabid Hukum Polda Papua Barat, AKBP Sahat Maruli Hamongan Siregar, SH diangkat dalam jabatan baru sebagai PS Kapolres Manokwari Selatan.Wadir PolAirud Polda Papua Barat AKBP Taswin SIK, MH diangkat dengan jabatan baru sebagai Kasiagaops B Rodalops Sops Polri.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!