Papua Barat

Tiga Pejabat Utama 5 Kapolres Dilantik, Kapolda: Hindari Penyalahgunaan Wewenang dan Perilaku Tak Patut

120
×

Tiga Pejabat Utama 5 Kapolres Dilantik, Kapolda: Hindari Penyalahgunaan Wewenang dan Perilaku Tak Patut

Sebarkan artikel ini

HUT RI 2021

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI, Jumat (13/8/2021) di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kapolda Papua Barat Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI mengingatkan pejabat utama dan para Kapolres jajaran Polda Papua Barat yang baru dilantik untuk hindari penyalahgunaan wewenang, ataupun perilaku yang tidak patut.

‘’Layani masyarakat tanpa pamrih, profesional,  cepat,  tepat, dan tidak diskriminatif,  serta humanis. Jangan pernah membuat kebijakan ataupun kegiatan yang menyedihkan, dan memberatkan satuan wilayah maupun anggota dengan membebani, memberikan target tertentu yang memberatkan,’’ ujar Kapolda Papua Barat saat melantik tiga pejabat utama dan lima Kapolres jajaran Polda Papua Barat, Jumat (13/8/2021) di Arfak Konvention Hall Polda Papua Barat, Manokwari Papua Barat.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI, saat melantik  tiga pejabat utama dan lima Kapolres Jajaran Polda Papua Barat Jumat (13/8/2021) di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Tiga pejabat utama Polda Papua Barat yang dilantik adalah jabatan Karo Ops Polda Papua Barat AKPB Teguh Ardi Wibisono SIK, Direktur Resersenarkoba Polda Papua Barat dari pejabat lama Kombes Pol Rendra Radita Dewayana SIK, kepada pejabat baru Kombes Pol Agustinus Fernando Indra Napitupulu, SIK, dan Kabid Dokkes Polda Papua Barat dari pejabat lama Kombes Pol dokter Sariman kepada pejabat baru AKBP Bambang Pitoyo Nugroho SPS.

Sedangkan lima Kapolres jajaran Polda Papua Barat yang baru adalah Kapolres  Sorong dari pejabat lama AKBP Robertus Pandiangan SIK, MH kepada pejabat baru AKBP Iwan Manurung SIK.

Kapolres  Kaimana dari pejabat lama AKBP Iwan Manurung SIK kepada pejabat baru AKBP I Ketut Budiartha SIK, MA.

Kapolres Sorong Selatan dari pejabat lama AKBP Sahat Maruli Hamonangan Siregar SH kepada pejabat baru AKBP Choirudin Wahid SIK, MM,

Kapolres Teluk Bintuni dari pejabat lama AKBP Hans Rachmatulloh Irwan SIK kepada pejabat baru AKBP Junov Siregar SIK, SH.

Kapolres Raja Ampat Polda Papua nama AKBP Andre Julius William Manuputty SIK kepada pejabat baru AKBP Andi Prihastomo SH, SIK, MH.

Pengambilan sumpah dan janji oleh rohaniawan saat Kapolda Papua Barat melantik  tiga pejabat utama dan lima Kapolres Jajaran Polda Papua Barat Jumat (13/8/2021) di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kapolda mengatakan, serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dan merupakan proses alamiah sebagai pelaksanaan kebijakan pimpinan dalam rangka pengembangan dan pembinaan karir bagi personil  Polri melalui sistem tour of  duty dan tour of area serta merupakan hal wajar dalam rangkaian penyegaran dan regenarasi, guna menjaga kesinambungan tugas pokok Polri khususnya di lingkungan kepolisian daerah Polda Papua Barat.

‘’Dengan serah terima jabatan ini Polri sebagai institusi, kita bersama telah menyematkan kepercayaan dan harapan tinggi di pundak saudara-saudara, dan saya berharap akan memberikan gairah semangat pembaharuan dan semangat untuk terus maju dalam menghadapi tantangan dan tuntutan tugas serta harapan masyarakat yang semakin dinamis,’’ pesan Kapolda.

Irjen Tornagogo Sihombing mengingatkan, ada hal yang perlu diingat bahwa, kewenangan dan tugas-tugas kepolisian yang diemban adalah pelimpahan kewenangan dari pimpinan Polri yang secara berjenjang, turun kepada pejabat di bawahnya.

‘’Oleh karena itu kita harus sadar betul bahwa, jabatan yang kita sandang adalah amanah yang memiliki konsekuensi serta pertanggungjawaban, tidak saja kepada hukum, pimpinan Polri, masyarakat, bangsa dan negara, namun juga kepada Tuhan Yang Maha Esa,’’ tekan Tornagogo.

Pengambilan sumpah dan janji oleh rohaniawan saat Kapolda Papua Barat melantik  tiga pejabat utama dan lima Kapolres Jajaran Polda Papua Barat Jumat (13/8/2021) di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Jenderal bintang Polda papua Barat ini mengingatkan juga bahwa sejalan dengan program pemerintah saat ini,  Kapolri melalui program transformasi menuju Polri yang PRESISI mengharapkan kinerja yang prediktif,  fisibilat dan transparansi berkeadilan untuk menuju terciptanya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian, sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat. Polri berkewajiban untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kemudahan masyarakat mengakses informasi.

‘’Untuk mewujudkan hal tersebut,  perlu diambil langkah strategis yang cepat dan tepat dalam satuan operasional Polri, langkah yang kita ambil bukan hanya mendasarkan pada legitimasi formal sebagaimana diamanatkan dalam undang-undang, tetapi juga legitimasi sosial dari masyarakat dengan mengedepankan komitmen Polda Papua Barat,’’ terang jenderal bintang dua lulusan AKPOL leting 1990 ini.

‘’ Komitmen Polda Papua Barat yang tetap memperhatikan kearifan lokal, maka moto dalam pataka Polda Papua Barat yaitu Waaja Keema Nenek Kapok yang berarti melayani dengan hati menjadi pedoman kita dalam setiap tugas dan tanggungjawab kita mengayomi, melindungi  dan melayani masyarakat, serta penegakan hukum di masyarakat,’’ ungkap Kapolda.

Tornagogo Sihombing berharap kepada pejabat yang baru dilantik dapat meningkatkan komunikasi dan kerjasama yang baik dengan TNI,  tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, dan lembaga swadaya masyarakat dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif di Papua Barat.

Mengakhiri  amanatnya, Kapolda keenam di Polda Papua Barat secara pribadi dan intitusi beserta seluruh staf dan Bhayangkara mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat lama dan yang selama menjabat di Polda Papua Barat telah mampu meningkatkan kinerja dengan dedikasi dan loyalitas tinggi.

‘’S elamat melaksanakan tugas di tempat yang baru,  Kami turut berdoa semoga pelaksanaan tugas di tempat yang baru Kiranya Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan kemudahan kelancaran dan kesuksesan,’’ ucap Kapolda.

‘’Ucapan dan penghargaan yang tinggi juga saya sampaikan kepada para istri pejabat lama atau segala pengorbanan kesetiaan dan dukungan serta dorongan semangat yang telah diberikan kepada suami selama ini sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, dan telah aktif dalam kegiatan Bhayangkari Polda Papua Barat semoga Bapak dan ibu-ibu tetap akan diberikan bimbingan dan berikan dan berkah oleh Tuhan Yang Maha Esa dalam meneruskan pengabdian selanjutnya,’’ ucapnya.

Kapolda Papua Barat, Wakapolda Papua Barat, Irwasda Polda Papua Barat memberi ucapan selamat kepada pejabat utama Polda Papua Barat yang baru dilantik, Jumat (13/8/2021).di Arfak Convention Hall Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Kepada pejabat baru saya ucapkan selamat datang dan selamat atas kepercayaan yang diberikan pimpinan Polri kepada saudara-saudara untuk mengemban tugas baru di jajaran Polda Papua Barat. Saya yakin dan percaya dengan bekal pengalaman yang telah saudara miliki pada penugasan jabatan sebelumnya saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan Polri dan harapan masyarakat di Papua Barat,’’ sambungnya.

Kepada pejabat baru Kapolda menegaskan segeralah menyesuaikan diri dengan jabatan dan lingkungan tugas yang baru, komitmen dan niat baik saudara-saudara jadikanlah landasan untuk membawa Polri mencapai visi dan misinya dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara.

‘’Kepada para istri pejabat baru, saya juga mengucapkan selamat datang di lingkungan keluarga besar Polda Papua Barat Besar, harapan saya kiranya ibu-ibu dapat ikut membantu dan mendukung keberhasilan tugas suami dan tugas pada organisasi Bhayangkara Polda Papua Barat,’’ tutup kapolda diakhir sambutannya.

Acara serah terima jabatan dihadiri Wakapolda Papua Barat, Irwasda Polda Papua Barat, Dansat Brimob Polda Papua Barat, kapolres Manokwari, dan pejabat utama Polda Papua Barat berlangsung dalam suasana protokol kesehatan.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!