Papua Barat

Tradisi Lebaran, Tukar Uang, KPwBI Papua Barat Siapkan Titik Penukaran, Sekda Berikan Contoh Penukaran

236
×

Tradisi Lebaran, Tukar Uang, KPwBI Papua Barat Siapkan Titik Penukaran, Sekda Berikan Contoh Penukaran

Sebarkan artikel ini
Pj Sekda Papua Barat, DR Ir Yacob S Fonataba didampingi Kepala KpwBI Papua Barat, Setian melakukan penukaran uang senilai Rp700.000 ribu dengan pecahan Rp5 ribu dan Rp10 ribu di mobil pelayanan penukaran uang keliling milik KpwBI Papua Barat di Manokwari, Rabu (20/3/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, sudah lama masyarakat memiliki tradisi menukar uang di bank sebagai persiapan untuk memenuhi kebutuhan keluarga selama perayaan.

Baca juga:SERAMBI 2024 KPwBI Papua Barat : Bijak Gunakan Rupiah di Bulan Penuh Berkah

Tradisi ini menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya oleh banyak warga, karena selain sebagai bentuk kesiapan finansial, juga menjadi simbol kebersamaan dalam meningkatkan kualitas hidup keluarga di hari yang penuh berkah.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Papua Barat Setian mengatakan, KpwBI Papua Barat memproyeksikan kebutuhan uang tunai pada bulan Ramadan tahun 2024 mencapai Rp437 miliar.

‘’Jumlah itu meningkat 14% dibandingkan kebutuhan uang tunai periode Ramadan 2023 yang tercatat sebesar Rp384 miliar rupiah,’’ ujarnya kepada wartawan di Kantor BI Papua Barat, Rabu (20/3/2024).

Menurutnya dalam memenuhi kebutuhan uang tunai tersebut KpwBI PApua Barat telah mempersiapkan uang layak edar sebesar Rp695 miliar.

Mantan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Maluku Utara ini mengatakan, jumlah uang yang disiapkan untuk penukaran KpwBI Papua Barat bekerjasama dengan pihak perbankan yang akan membuka layanan penukaran di cabang-cabang.

Dalam kegiatan SERAMBI 2024 in, kegiatan penukaran uang dengan membuka layanan penukaran di 10 titik jaringan Kantor Bank yang tersebar di seluruh wilayah Papua Barat.

‘’Ada juga layanan kas keliling reguler di fasilitas publik seperti di pusat keramaian serta layanan kas peduli mudik di pelabuhan Manokwari dan Bandara Rendani dengan jadwal yang akan kami sampaikan melalui juga kenal media sosial Bank Indonesia.

Kesepuluh titik dan waktu layanan penukaran itu lihat gambar dibawah ini yang bersumber dari KpwBI Papua Barat:

Lebih lanjut Setian mengatakan, tahun ini Bank Indonesia memberikan pembatasan penukaran uang kartal agar seluruh masyarakat dapat terlayani dengan baik dengan batas maksimal penukaran.

Untuk memberikan pemerataan kepada masyarakat, jumlah maksimal yang dapat ditukarkan  adalah sebesar Rp4.000.000 (empat juta Rupiah) dengan rincian pecahan sebagai berikut:

Masyarakat dapat memilih pecahan yang diinginkan dengan nilai per pecahan sesuai yang ditentukan pada tabel di atas.(sumber Bank Indonesia).

Usai meluncurkan SERAMBI 2024, Penjabat Sekda Papua Barat didamping Kepala Perwakilan BI Papua Barat dan pejabat terkait, meninjau mobil kas keliling untuk penukaran uang.

Dalam kesempatan itu, Sekda ikut melakukan penukaran uang senilai Rp700.000 dengan pecahan Rp5 ribu dan Rp10 ribu.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!