Mendagri Tito Karnavian bersama kelima pejabat gubernur yang baru dilantik di Jakarta Kamis (12/5/5/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA PAPUADALAMBERITA.COM. JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tito... Mendagri Pesan Paulus Waterpauw Jaga Stabilitas Politik Daerah

Mendagri Tito Karnavian bersama kelima pejabat gubernur yang baru dilantik di Jakarta Kamis (12/5/5/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

PAPUADALAMBERITA.COM. JAKARTA Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Komjen Pol (P) Drs Paulus Watrepauw sebagai pejabat gubernur Papua Barat menggantikan Drs Dominggus Mandacan MSI yang masa jabatannya usai per 12 Mei 2022, Kamis. Pelantikan itu bersamaan dengan empat pejabat gubernur sehingga total yang dilantik ada lima  pejabat gubernur.

Baca juga: “Ramalan” Tito Karnavian Soal Paulus Waterpauw Sejak 2013 Hari Ini Menjadi Nyata

Mendagri dalam amanatnya mengatakan, dalam rangka pelaksanaan tugas yang tadi telah disampaikan, sesuai undang undang juga bahwa jabatan  itu berlangsung dan dilaksanaakan paling lama satu tahun dan undang undang mengatakan dapat diperpanjang dengan premesalan atau orang yang berbeda.

‘’Oleh karena itu akan dilaksanakan mekanisme evaluasi sesuai dengan undang undang dan peraturan pemerintah, para pejabat wajib untuk menyampaikan laporan pertanggung jawaban tugas per tiga bulan sekali kepada bapak presiden melalui Kemendagri.” Ujar Tito.

Dalam sambutannya juga Tito Karnavian menyampaikan dan menyerukan kepada seluruh pejabat gubernur yang di lantik untuk menjaga stabilitas politik di daerahnya masing masing.

“Kemudian yang paling utama, jaga stabilitas politik, pemerintahan dan keamanan. Karena tanpa adanya stabilitas politik pemerintahan dan keamanan, semua program program yang dipikirkan dan di rencanakanakan sangat sulit sekali di eksekusi,sebutnya.

‘’Tapi ketika politik stabil di daerah masing masing, pemerintah juga berlangsung baik, dan keamanan juga terjaga baru dapat melakukan program – program,’’ pesannya.

Lima penjabat yang dilantik ialah Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasna Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Paulus Waterpauw sebagai Pj. Gubernur Papua Barat, Sekretaris Daerah Banten Al Muktabar sebagai Pj. Gubernur Banten, dan Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri Akmal Malik sebagai Pj. Gubernur Sulawesi Barat.

Juga Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ridwan Jamaludin sebagai Pj. Gubernur Bangka Belitung dan Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Hamka Hendra Noer sebagai Pj. Gubernur Gorontalo.

Tito mengatakan pemilihan penjabat gubernur tersebut telah sesuai aturan yang berlaku, yakni Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada dan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Mentri Dalam Negeri Tito Karnavian akan melantik lima pejabat gubernur di lima provinsi pada hari ini, Kamis, 12 Mei 2022. Kelima penjabat dilantik karena gubernur definitif di wilayah tersebut  akan habis masa jabatannya.

Pelantikan yang digelar di ruang Sasana Bhakti Praja Gedung C Lantai tiga Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara Jakarta itu dihadiri Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani SH, MSI, Ketua DPR Papua Barat, Ketua MRP, Sekda Papua Barat serta pejabat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!