Papua Barat

2 Parpol, 2 Bakal Calon Kemarin Mendaftar, KPU Tampil dengan Kearifan Lokal

109
×

2 Parpol, 2 Bakal Calon Kemarin Mendaftar, KPU Tampil dengan Kearifan Lokal

Sebarkan artikel ini

Penampilan Komisioner KPU Papua Barat dan Legislator Papua Barat Filep Wamafma dengan kearifan lokal, Kamis (11/5/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Papua Barat memberikan nuansa daerah Papua Barat saat menerima pendafataran peserta Pemilu di Kantor KPU Papua Barat, sejaka 1 Mei hingga Kami, 12 Mei 2023, kemarin.

Komisioner KPU Papua Barat selain bermahkota adat, mereka pada Kamis (11/5) berkemaja lenganpanjang motif burung cenderawasih.

Nuansa yang kental dengan kearifan lokal sangat terlihat lagi ketika peserta pendaftaran datang memakai aksesoris yang sama, mahkota adat dan busana adat, seperti memakai tas noken asli, bukan sulaman dari benang wool.

Di hari kesebelas pendaftaran peserta Pemilu 2024, Kamis (11/5/2023) KPU Provinsi Papua Barat menerima pengajuan daftar calon sementara dari dua partai politik, secara secara berurutan, Partai Hanura, Partai PDI Perjuangan, dua bakal calon legeslatif, Filep Wamafma dan Adolof Fonataba di Kantor KPU Papua Barat, Jalan Abraham Atururi.

Sebelumnya, partai politik dan peserta Pemilu 2014 yang telah menyerahkan DCS para bakal caleg-nya masing-masing adalah Partai Umat, Partai PKS, yang menyerahkan pada Senin (8/5/2023).

Kemudian untuk calon legeslatif yang mendafatr ke KPU sebagai anggota DPD RI disusul Filep Wamafma, SH dan Adolof Fonataba.

Ketua KPU Papua Bara Semunya sebelum menutup pleno hari ke 11 Kamis (11/5) sore, mengungkapkan sampai pukul 16.00 WIT dari 13 partai politik yang tercatat sebagai peserta Pemilu DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 di Papua Barat yang sudah mendaftar empat partai yaitu, Partai Umat, Partai PKS, Partai Hanura, Partai PDI Perjuangan.

Sedangkan bakal calon legeslatif yang mendaftar Kamis yaitu, Filep Wamafma dan Adolof Fonataba.

Papuadalamberita.com kemarin memperoleh informasi pendaftaran peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU Papua Barat ada sejumlah partai dan bakal calon legeslatif.

Petugas peneliti berkas terlihat bekerja cepat, walaupun pada pendaftaran Kamis kemarin keempat peserta pePemilu itu datang dalam waktu yang hampir bersamaan.

Yang diawali oleh kedatangan Partai Hanura, kemudian disusul Partai PDI Perjuangan, senator Filep Wamafma dan Adolof Fonataba.

Penampilan Komisioner KPU Papua Barat dengan kearifan lokal, Kamis (11/5/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Karena kesigapan KPU Papua Barat dalam mempersiapkan ruangan yang di bagi dua saf, sementara dilakukan penelitian berkas Partai PDIPerjuangan, atas ijin KPU dan Bawaslu mempersilahkan senator Filp Wamafma memasuki ruangan pendaftaran KPU yang cukup repersentatif.

Sehingga keduantara Filep Wamafma dan PDI Perjuangan bersama seruangan, sambil meniunggu giliran verifikasi dan pemeriksaan berkas, sementara Partai Hanura yang lebih awal diperiksa langsung meninggalkan KPU setelah mendaftar.

Keempat peserta pemilu yang kemarin mendaftar pulang penuh senyum karena berkas dan dokumen mereka diterima KPU tanpa ada pengembalian untuk dilengkapi.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *