fbpx
Ketua PWI Papua Barat, Bustam pada pebukaan Orientasi Wartawan PWI Papua Barat Angkatan Pertama, Senin (12/10/2019) di Manokwari. FOTO: papuadalamberita.com/rustam madubun  PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –... Bustam: PWI Perjuangkan Masa Depan Pelaku Pers di Papua Barat

Ketua PWI Papua Barat, Bustam pada pebukaan Orientasi Wartawan PWI Papua Barat Angkatan Pertama, Senin (12/10/2019) di Manokwari. FOTO: papuadalamberita.com/rustam madubun

 PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Papua Barat menggelar Orientasi Keanggotaan angkatan I tahun 2019, Senin (14/10) di Swiss Belhotel Manokwari.

Baca juga: Melalui Asisten III, Gubernur Papua Barat Pesan PWI Tingkatkan Kemampuan Wartawan

Baca juga: Pagi Ini PWI Papua Barat Gelar Orientasi Wartawan

Ketua PWI Papua Barat, Bustam dalam sambutan mengatakan, orientasi wartawan adalah salah satu program PWI Papua Barat. Ini adalah program kegiatan untuk merangkul keanggotaan di PWI Papua Barat.

“Meskipun sudah beberapa kali dilakukan penerimaan anggota baru, namun baru kali ini dilakukan orientasi wartawan. Karena orientasi baru dimasukkan dalam PD/PRT yang baru,” jelasnya.

Selain melakukan orientasi, dalam waktu dekat PWI Papua Barat akan kembali menyelenggarakan Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke III. Rencananya, UKW digelar awal November mendatang di Sorong.

“UKW adalah kewajiban yang diemban PWI dari Dewan Pers, termasuk kami di PWI Papua Barat tentunya. UKW bertujuan menjadikan wartawan profesional, kompeten, independen, taat kode etik jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA), Pedoman Pemberitaan Media Siber, UU Pers, UU Penyiaran, UU ITE, UU Pornografi, UU Sistem Peradilan Pidana Anak. Yang terakhir diberlakukan adalah Pedoman Perilaku Wartawan,” jelasnya.

Lanjut Bustam,PWI kini bukan hanya menjadi salah satu organisasi wartawan. Tetapi PWI adalah yang pertama dan akan terus konsisten memperjuangkan masa depan para pelaku pers, khususnya wartawan.

Ketua Dewan Kehormat Pers (DKP) PWI Papua Barat, Key Tokan Abdul Asis membawakan materi Kode Etik Jurnalistik (KEJ), Senin (14/10/2019). FOTO: papuadalamberita.com/rustam madubun.

Orientasi tersebut menghadirkan tiga nara sumber, materi tentang keorganisasian atau Pedoman Dasar (PD)/Pedoman Rumah Tanggan (PRT) PWI oleh Ketua PWI Papua Barat, Bustam. Kode Etik Jurnalistik oleh Ketua Dewan Kehormatan Pers (DKP) PWI Papua Barat, Key Tokan Abdul Asis dan materi terkait pembelaan wartawan (advokasi) oleh Hendry Sitinjak, Wakil Ketua Bidang Pembelaan wartawan yang juga Pemred Harian Tabura Pos. Dalam kesempatan itu juga dilakukan penerimaan anggota baru PWI Papua Barat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!