fbpx
Dari Kanan Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrau, S.Pd.i, MM, Ketua Muhammadiyah Papua Barat, DR Mulyadi jaya, Ketua Dewan Masjid (DMI) Papua Barat, Mohammad... Cegah COVID-19, Ketua MUI Papua Barat Sebut Umat Jaga Ibadah Juga Kebersihan

Dari Kanan Ketua MUI Papua Barat, Ahmad Nausrau, S.Pd.i, MM, Ketua Muhammadiyah Papua Barat, DR Mulyadi jaya, Ketua Dewan Masjid (DMI) Papua Barat, Mohammad Lakotani, SH, M.Si dan Pimpinan Wilayah Ponpes Hidayatullah Manokwari, Ust Sulton. FOTO: rustam madubun/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI– Ketua Majelis Ulama Indonesai (MUI) Provinsi Papua Barat, Ahmad Nausrau, S.Pdi, MM meminta umat muslim Papua Barat tetap menjaga sholat berjamaa dan sholat jumat di masjid tetapi kebersihan juga dijaga.

‘’Kami imbau kepada umat muslim untuk shalat Jumat membawa sajadah ke masjid, kepada jamaa yang memiliki gejala batuk atau flu diharapkan memakai masker untuk menghindari terkontaminasi kepada jamaa yang lain,’’ ujar Ketua MUI Papua Barat yang dihubunggi wartawan melalui sambungan teleponnya, Kamis (19/3/2020).

Ketua MUI Ahmad Nausrau juga menyarankan, kepada khotib saat shalat Jumat untuk tidak memperpanjang khutbanya, maksimal penyampaiaan khutba 15 menit, sehingga jamaa tidak berlama-lama di masjid.

‘’MUI juga menghimbau kepada pengurus masjid untuk secara rutin membersihkan masjidnya, membersihkan karpet,atau karpet dilipat. Dan masjid selalu dibersihkan secara rutin, disemprot dengan disinfektan, kemudian di tempat-tempat wudhu disediakan hand sanitizer sehingga saat jamaa berwudhu dapat membersihkan tangannya,  kami juga menghimbau supaya jamaah masjid tidak dulu bersalam-salaman, selama status siaga darurat COVID-19 masih berlaku di Papua Barat, ’’ Nausrau mengimbau.

Ketua MUI Papua Barat juga mengajak warga muslim Manokwari menjaga kebersihan dari keluarga, lingkungan hingga ke lingkungan kerja, karena lebih baik mencegah sejak dini.

MUI telah mendiskusikan ini bersama Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) wilayah Papua Barat Mohammad Lakotani, SH, M.Si kemungkinan akan mengumpulkan pengurus masjid di Manokwari untuk mendiskusikan langkah apa akan diambil, tidak hanya dalam konsep Manokwari tetapi untuk seluruh Papua Barat.

MUI Papua Barat telah menyampaikan kepada pimpinan MUI kabupaten kot se Papua Barat dengan harapan MUI kabupaten dan kota menyampaikan kepada ormas islam dan takmir masjid.

Menurutnya, untuk salat Jumat yang melibatkan jemaat dalam jumlah besar dan sholat lima waktu tetap berjalan seperti biasa sampai kita memantau perkembangan dari COVID-19.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!