fbpx
Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak Covid -19. Gondo Suprapto, SKM, M.Si. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com.  Data Covid -19 Kabupaten Fakfak./papuadalamberita.com. PAPUADALAMBERITA.COM. Gugus Tugas Percepatan Penanganan... Di Fakfak, 2 Orang Sudah Positif Corona, 3 Orang Dari Daerah Merah Menyusup Ke Fakfak Lewat Tofoi Bintuni

Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Fakfak Covid -19. Gondo Suprapto, SKM, M.Si. FOTO : Istimewa./papuadalamberita.com. 

Data Covid -19 Kabupaten Fakfak./papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid 19) Kabupaten Fakfak kembali merilis data penambahan positif Corona Virus yang dikirim Jubir Pemkab Fakfak Covid -19, Gondo Suprapto, SKM, M.Si, melalui WhatsAsp dalam bentuk dokumen PDF Reader.

Dalam rilis tersebut, Gugus Tugas Covid -19 Kabupaten Fakfak melalui Jubir Gondo Suprapto, menyebutkan, data Covid -19 per tanggal 24 Mei 2020, dimana di Kota Pala Fakfak Papua Barat telah bertambah lagi 1 positif corona virus atas hasil Swab tes PCR yang dilakukan di Laboratorium Kesehatan Makasar.

Menurut Gondo sapaan akrabnya, hasilpemeriksaan Swab tahap pertama tertanggal 10 Mei 2020, menyebutkan 1 orang dengan status ODP positif corona virus dissease 2019 dengan insial IP dan 2 rekannya dinyatakan negatif, seperti yang telah dirilis pada beberapa hari lalu di berebagai media resmi di Kabupaten Fakfak.

Setelah hasil swab tahap pertama tertanggal 10 mei 2020 muncul lagi hasil swab tahap dua tertanggal tertanggal 23 Mei 2020, dimana dalam hasil swab tes tahap dua dengan menggunakan metode real time PCR (Reserve Transcription Polymerase Chain Reaction) terhadap 5 orang ODP di Fakfak dengan rincian 3 orang ODP merupakan pemeriksaan ulang terhadap orang yang sama dalam pemeriksaan tahap satu terdapat 2 ODP positif corona virus dengan insial IP (33) dan JA (40) sedangkan satu rekan IP dan JA dinyatakan negatif corona virus, jelas Gondo.

Kondisi 2 ODP dengan status positif corona virus disease 2019 hingga saat ini masih sehat tanpa gejala dan tetap masih bertahan di karantina khusus Balai Diklat Pemda Fakfak dan selama menjalani masa penyembuhan keduanya tetap diberikan vitamin – vitamin yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh mereka.

“Kodisis kedua ODP positif corona virus masih sehat tanpa gejala dan selama menjalani masa karantina khusus di Balai Diklat terus diberikan obat vitamin dan lainnya sehingga keduanya diharapkan dapat pulih dari virus mematikan tersebut”, tutur Gondo Suprapto, SKM, M.Si yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Fakfak.

Dikatakannya, JA yang dinyatakan positif corona virus atas hasil swab tes tertanggal 23 Mei 2020, diduga tertular virus mematikan itu dari salah satu rekannya yang lebih dulu divois positif corona tertanggal 10 Mei 2020.

Selain penambahan positif corona virus di Kabupaten Fakfak sebanyak 2 orang dengan status ODP, ada juga penambahan penghuni Karantina Khusus di Balai Diklat dengan status ODP sebanyak 3 orang dari daerah merah Sorong dan Manokwari yang masuk di Fakfak melalui Tofoi Bintuni.

Tiga orang “penyusup” dari daerah merah Sorong dan Manokwari yang masuk di Fakfak melalui Tofoi Bintuni pada Sabtu 23 Mei 2020 sebanyak 2 orang dan pada Minggu, 24 Mei 2020, 1 orang lagi menyusup ke Fakfak dari daerah Manokwari yang masuk melalui Tofoi Bintuni setelah ketiga menempuh jalan darat hingga tembus ke Kota Pala Fakfak.

Ditambahkan Gond, masuknya tiga orang penyusup dari daerah merah Manokwari dan Sorong melalui jalan darat lewat jalur Tofoi Bintuni maka kini ketiga orang tersebut sudah bestatus ODP dan kini telah “dijebloskan” ke Karantina Khusus Balai Diklat Pemkab Fakfak guna menjalani masa karantina selama 14 hari.

Masuknya 3 orang penyusup dari daerah merah ke Fakfak dan kini menjalani masa karantina khusus di Balai Diklat Pemkab Fakfak maka jumlah ODP di Fakfak yang bermukim di Karantina Khusu Diklat Pemda Fakfak Keluarahan Wagom Distrik Pariwari sebanyak 5 orang ODP.(RL 07)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!