Kepala Dinas Penerangan (Kapendam) XVIII Kasuari, Kolonel ARM Hendra Pesireron, Sos pada Syukuran HUT KE-71 Penerangan TNI AD di Kodam XVIII Kasuari, Kamis (13/1/2022).... Di Usia Ke-71 Prajurit Penerangan Harus Mampu Tingkatkan Citra TNI di Masyarakat

Kepala Dinas Penerangan (Kapendam) XVIII Kasuari, Kolonel ARM Hendra Pesireron, Sos pada Syukuran HUT KE-71 Penerangan TNI AD di Kodam XVIII Kasuari, Kamis (13/1/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Cabang I PD XVIII Kasuari menyerahkan tumpeng ulang tahun kepada anggota Kowad termuda. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Kepala Dinas Penerangan TNI AD, Brigjen TNI, Tatang Subarna dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII Kasuari, Kolonel ARM Hendra Pesireron, Sos mengatan, memasuki masa pengabdian ke-71 tahun usia Penerangan TNI Angkatan Darat dapat semakin maju dan profesional dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI AD.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh insan Penerangan Angkatan Darat, atas kerja keras, loyalitas, dedikasi, dan pengabdian yang telah dilakukan selama ini,'” ujar Kapendam XVIII Kasuari pada Syukuran HUT KE – 71 Penerangan TNI AD di Kodam XVIII Kasuari, Kamis (13/1/2022).

“Sehingga Penerangan TNI Angkatan Darat mampu berperan secara signifikan dalam meningkatkan citra positif TNI dan TNI AD di masyarakat, sekaligus menjaga tingkat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap institusi TNI yang kita banggakan bersama,” sambutnya.

Kapenda menuturkan,  Hari Jadi ke-71 Penerangan Angkatan Darat tahun ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk melakukan introspeksi diri, sekaligus mengkaji kembali visi dan misi guna menghadapi tantangan ke depan.

“Seiring berjalannya waktu, Penerangan semakin memiliki peran strategis dan bahkan bisa dikatakan sebagai bagian dari “Alutsista” TNI AD dalam mewujudkan tugas pokoknya,” tambah Kapendam.

“Untuk mendukung peran strategis itu, saya mengimbau kepada seluruh insan Penerangan agar terus berkarya, gali potensi diri, sehingga dapat menggelorakan semangat untuk berinovasi guna mengembangkan kreativitas dalam rangka memajukan instansi Penerangan di lingkungan Angkatan DaraT,” pesan Kapendam.

Lanjutnya, terlebih lagi pada era informasi digital saat ini, Penerangan TNI Angkatan Darat harus mampu menjadi organisasi yang adaptif dan profesional sebagaimana tema HUT kita pada tahun ini, yaitu “Penerangan TNI AD, Adaptif dan Profesional”. Adaptif bermakna terus menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan kebijakan pimpinan.

“Mampu memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi informasi terkini, serta terus menelurkan berbagai inovasi dan terobosan yang dapat mengoptimalkan fungsi-fungsi Penerangan guna mendukung TNI AD dalam rangka melaksanakan tugas pokok,”  tegas Kapendam.

Sebagai insan Penerangan, lanjut Kapendam, bahwa Penerangan TNI AD  dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitas yang dimiliki.

“Kuasai dengan baik, tugas dan tanggung jawab kita, karena baik atau buruknya citra TNI AD sangat dipengaruhi oleh kemampuan satuan Penerangan dalam menjalankan tugasnya memberikan informasi kepada internal satuan maupun kepada publik,”  kata  Kolonel Hendra Pasireron.

Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ranting III Cabang I PD XVIII Kasuari bersama anggota jajaran Pendam Kasuari pada syukuran HUT Ke-71 Penerangan TNI AD. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Tambahnya, bahwa beberapa waktu yang lalu, saat TNI AD menggelar latihan bersama Garuda Shield tahun 2021 dengan US Army, Penerangan Angkatan Darat mendapat pengakuan dari Penerangan US Army, yang kagum akan profesionalisme dan keseriusan TNI AD dalam bidang kehumasan dan publikasi berbagai kegiatan TNI AD.

Tegas Kapendam, hal yang membanggakan ini harus dapat memacu motivasi kita semua, untuk mampu mempertahankan prestasi yang ada dan terus meningkatkan kemampuan yang kita miliki, karena di era keterbukaan informasi publik saat ini, tugas satuan Penerangan akan semakin dinamis dan penuh dengan tantangan. Kita menyadari bahwa arus informasi yang ada di masyarakat tidak selamanya sesuai fakta di lapangan.

Dengan demikian, diharapkan satuan Penerangan dapat menjadi sumber informasi yang valid sekaligus berperan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Berbagai prestasi dan pencapaian para prajurit yang telah dicapai harus mampu kita publikasikan dengan baik.

Hal ini sebagai bentuk pertanggungjawaban kita kepada masyarakat, sekaligus memupuk motivasi para prajurit untuk terus meraih prestasi yang membanggakan. Sebaliknya, tanpa publikasi yang baik, maka prestasi dan keberhasilan sebesar apapun menjadi kurang bermakna.

“Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh keluarga besar Penerangan TNI AD untuk terus meningkatkan perannya dalam menampilkan wajah TNI AD yang profesional, penuh prestasi, namun tetap humanis dan selalu hadir dan membantu kesulitan masyarakat,”’  katanya.

Pada peringatan HUT Penerangan kali ini, Kapendam mengucapkan apresiasi media, baik media cetak, elektronik maupun online, dimana pun berada.

”Kami menyadari bahwa tugas satuan Penerangan TNI AD tidak akan berjalan optimal tanpa dukungan dari rekan-rekan media. Oleh karena itu, saya selaku Kadispenad dan pribadi mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sinergi yang baik selama ini. Semoga kerja sama ini dapat terus kita pelihara dan tingkatkan demi pengabdian kita bersama kepada bangsa dan  negara,” pesannya.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *