Papua Barat

Dihadapan Loyalis, Donatus Nimbitkendik Dipinang Golkar dan Demokrat  Untuk Samaun Dahlan

181
×

Dihadapan Loyalis, Donatus Nimbitkendik Dipinang Golkar dan Demokrat  Untuk Samaun Dahlan

Sebarkan artikel ini
Partai Golkar dan Partai Demokrat Fakfak
Prosesi Adat Peminangan Donatus Nimbitkendik Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak Untuk Bersanding Dengan Samaun Dahlan Sebagai Bakal Calon Bupati Fakfak. Sabtu (22/6/2024). FOTO : RICO LET's. PAPUADALAMBERITA.COM.

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Partai DPD Golkar Fakfak dan Partai Demokrat Fakfak akhirnya resmi secara adat meminang Drs. Donatus Nimbitkendik, MTP, sebagai bakal calon Wakil Bupati Fakfak untuk disandingkan dengan Samaun Dahlan, S.Sos., MAP.,  sebagai bakal calon Bupati Fakfak.  

Kehadiran Partai Golkar dan Partai Demokrat untuk meminang Donatus Nimbitkendik dipimpin langsung Ketua DPD Golkar Fakfak, Siti Rahma Hegemur, sedangkan perwakilan keluarga Samaun Dahlan diwakili Nasrun P Elake.

Peminangan Donatus Nimbitkendik sebagai bakal calon Wakil Bupati Fakfak untuk mendampingi Samaun Dahlan sebagai bakal calon Bupati Fakfak berlangsung di rumah orang tua Donatus di Kampung Gewerpe dan dilakukan secara prosesi adat oleh keluarga besar Pohonma Wodunggara yang terdiri dari 4 marga yakni marga Warpopor, Rohrohmana, Nimbitkendik dan Piahar.

Prosesi adat peminangan Donatus Nimbitkendik sebagai bakal calon Wakil Bupati dilakukan keluarga besar Pohonma Wodunggara dengan disaksikan loyalis Drs. Donatus Nimbitkendik, MT, serta keluarga Mbaham Matta yang hadir dalam prosesi adat tersebut. Sabtu (22/6/2024).

Dalam prosesi adat peminangan yang disaksikan kurang lebih seratusan loyalitas Donatus, keluarga besar Pohonma Wodunggara menyetui pemingan Partai Golkar dan Demokrat untuk Donatus Nimbitkendik sebagai bakal calon Wakil Bupati Fakfak mendampingi Samaun Dahlan sebagai bakal calon Bupati Samaun Dahlan di Pilkada Fakfak 2024.

Donatus Nimbitkendik mengatakan, dalam proses sidang adat keluarga Pohonma Wodunggara telah menyetujui peminangan yang dilakukan Partai Golkar dan Demokrat untuk dirinya berpasangan dengan Samaun Dahlan di Pilkada Fakfak 2024.

Namun untuk proses politik akan ada penandatangan kesepakatan antara bakal calon Bupati Samaun Dahlan dengan keluarga besar Pohonma Wodunggara yang akan dilaksanakan sebelum dilakukan deklarasi.

“Untuk prosesi politik adat (peminangan) sudah selesai, namun untuk proses politik Partai berupa penandanganan kesepakatan antara bakal calon Bupati dengan keluarga Pohonma Wodunggara akan dilaksanakan menjelang deklarasi pasangan bakal calon. Dimana dalam kesepakatan tersebut berisi harapan dan unek – unek keluarga besar Pohonma Wodunggara untuk kemajuan Fakfak kedepan,” ungkap Donatus.

Suasana Peminangan Donatus Nimbitkendik Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak. Sabtu (22/6/2024). FOTO : RICO LET’s. PAPUADALAMBERITA.COM.

Dalam prosesi adat pemingan yang telah direstui keluarga Pohonma Wodunggara, Donatus meminta seluruh loyalisnya dan keluarga besar Pohonma Wodunggara tertmasuk keluarga nusantara untuk mulai bekerja menyukseskan kemenangannya di Pilkada 2024.

“Pulang sampaikan kepada semua keuarga termasuk keluarga Nusantara, secara Politik adat dan Politik Partai Donatus sudah resmi dipinang untuk maju sebagai bakal calon Wakil Bupati bersama Samaun Dahlan sebagai bakal calon Bupati dalam Pilkada 2024. Dan Donatus bersama keluarga besar Mbaham Matta, keluarga besar Pohonma Wodunggara dan kelaurag besar Nusantara siap sukseskan Pilkada Fakfak 2024,” tegas Drs. Donatus Nimbitkendik, MT.

Pernyataan Donatus Nimbitkendit dalam proses peminganan sebagai bakal calon Wakil Bupati mendampingi Samaun Dahlan yang telah direstui keluarga Pohonma Wodunggara secara adat mendapat aplaus dan simpati dari loyalisnya dan keluarga besar Mbaham Matta dan Nusantara yang menyaksikan prosesi adat peminganan tersebut.

Dalam proses peminangan Donatus Nimbitkendik sebagai bakal calon Wakil Bupati yang nantinya mendampingi Samaun Dahlan di Pilkada Fakfak 2024, Partai Golkar dan Partai Demokrat serta perwakilan keluarga Samaun Dahkan menyerahkan mahar peminangan kepada keluarga Pohonma Wodunggara dalam prosesi adat yang berlangsung di rumah orang tua Donatus.

Pantaua media ini dilapangan, terlihat Ketua DPD Golkar Fakfak Siti Rahma Hegemur dan beberapa pengurus Golkar Fakfak serta beberapa pengurus Partai Demokrat dan perwakilan keluarga Samaun Dahlan hadir melakukan prosesi adat peminganan Donatus sebagai bakal calon Wakil Bupati Fakfak di keluarga besar Pohonma Wodunggara.

Diketahui Samaun Dahlan dan Donatus Nimbitkendik merupakan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang patut diperhitungkan di Pilkada Fakfak 2024 bagi pasangan lain termasuk pasangan incumben.

Donatus Nimbitkendik merupakan mantan wakil Bupati Fakfak periode 2010 – 2025. Lelaki kelahiran Kampung Gewerpe Fakfak Papua Barat, pada 17 Januari 1964, jebolan S1 STIA LAN RI di Jakarta dan melanjutkan S2 di Magister Teknik UGM Jogjakarta.

Dikarier Politik, Donatus Nimbitkendik pada Pilkada langsung pertama kali di tahun 2005 pernah bertarung dengan Wahidin Puarada di Pilkada Fakfak 2005. Saat itu Donatus sebagai calon Wakil Bupati Fakfak berpasangan dengan Musa Kamudi calon Bupati Fakfak.

Sementara Samaun Dahlan, S.Sos., MAP, sebagai bakal calon Bupati Fakfak diketahui merupakan rival Untung Tamsil di Pilkada Fakfak 2020. Sebelum terjun di Politik Samaun Dahlan diera Bupati Mohammad Uswanas, menjabat sebagai Kepala Dinas PU(PR)2KP Kabupaten Fakfak.(Enrico Letsoin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *