fbpx
Bupati Teluk Wondama, bersama kepala distrik dan perwakilan Bakti di lokasi peresmian jaringan fiber optik Palapa Ring Timur, Senin (9/3/2020). FOTO: Antara/Zack Tonu B.... Fiber Optik di Teluk Wondama Dioperasikan

Bupati Teluk Wondama, bersama kepala distrik dan perwakilan Bakti di lokasi peresmian jaringan fiber optik Palapa Ring Timur, Senin (9/3/2020). FOTO: Antara/Zack Tonu B.

PAPUADALAMBERITA.COM.TELUK WONDAMA- Jaringan fiber optik yang dibangun Kementerian Komunikasi dan Informasi melalui Badan Aksebilitas Telekomunikasi Informasi (Bakti) Kominfo di Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, telah dioperasikan.

Bupati Teluk Wondama, Bernadus Imburi meresmikan pengoperasian jaringan Fiber Optik Palapa Ring Timur di daerah tersebut, Selasa. Dengan jaringan fiber optik diyakini masyarakat dapat menikmati internet berkecepatan tinggi dengan kapasitas besar.

Bupati berharap kehadiran jaringan fiber optik bisa meningkatkan kualitas dan cakupan layanan telekomunikasi wilayahnya. Dia pun mengajak masyaraka untuk mensyukuri buah pembangunan yang membawa manfaat besar bagi kehidupan masyarakat Wondama.

“Barang ini akan buat dunia ini kecil. Dengan adanya alat ini maka kalau ada saudara kita yang sakit di manapun dia, jam itu juga kita bisa tahu. Kalau dulu-dulu kita tunggu sampai berminggu-minggu sekarang apa yang dilakukan di mana saja kita bisa tahu dengan cepat sekali, “ ujar Imburi di lokasi site jaringan fiber optik Teluk Wondama di Kampung Isui, Distrik Wondiboi.

Dalam perspektif iman, bupati meyakini hadirnya jaringan fiber optik Palapa Ring Timur di Wondama adalah berkat dari Tuhan untuk masyarakat Wondama.

“Apa yang kita laksanakan hari adalah kita berjalan dari satu tanda heran kecil ke tanda heran kecil yang lain dan Tuhan sayang kita, kita akan berjalan dari satu tanda heran yang besar ke tanda heran yang besar lagi,” ucap bupati mengutip kata bijak dari Penginjil Domine Ishak Semuel Kijne.

Kepala Distrik Wondiboi Sandra Mambor yang ikut hadir dalam peresmian juga mengaku senang dan bersyukur dengan masuknya jaringan fiber optik di Wondama. Dia berharap masyarakat Distrik Wondiboi bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk meningkatkan perekonomian.

“Kami sangat senang karena dengan ini komunikasi semakin baik. Kita bisa menikmati internet dan ini bisa membawa kemajuan sumber daya manusia di Wondiboi. Kami harap Ini bisa jadi income dan aset pariwisata dan juga peningkatan ekonomi keluarga,“ kata Sandra.

Yandri Maurids Nayoan dari Palapa Timur Telematika selaku pelaksana pembangunan jaringan Palapa Ring Timur mengatakan, tugas mereka membangun jaringan fiber optik ke Teluk Wondama telah selesai.

Selanjutnya untuk pendistribusian layanan ke masyarakat akan ditangani oleh provider misalnya Telkomsel, Indosat dan lainnya.

“Ke depannya, kita sudah sediakan ya, tinggal dari operator mereka yang distribusikan ke masyarakat. Misalnya dari Telkomsel bisa kerja sama dengan kita untuk memperluas layanan lagi ke masyarakat,“ kata Yandri.

Sejauh ini pihak Telkomsel telah membangun jaringan kabel udara di Wondama yang nanti terkoneksi dengan jaringan fiber optik. Adapun untuk tahap pertama mencakup area perkantoran Pemda di Isei dan kompleks perumahan Pemda di Manggurai.

“Untuk di Wondama kami siapkan (kapasitas) 2 Core, silahkan dipakai untuk layanan apa saja, misalkan Telkomsel mau buka Indihome juga bisa,” imbuh Yandri.(ant)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!