Post Views: 66 Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar dan Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Rakonis pembangunan pertanian dan... Gubernur Buka Rakornis Pembangunan Pertanian dan Launching Petani Millenial Papua Barat

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar dan Bupati Manokwari, Hermus Indou membuka Rakonis pembangunan pertanian dan launching petani millenial Papua Barat, Kamis (20/5/2021) di Swiss Bel Hotel manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan membuka Rapat Koordinasi Teknis Perencanaan Pembangunan Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Papua Barat 2021 dan pelucuran program petani millenial di Papua Barat, Kamis (20/5/2021) di Swiss Bel Hotel Manokwari.

Rapat koordinasi yang di gelar secara online dan ofline ini juga diikuti Menteri Pertanian, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Ketua Bappenas dan dihadiri langsung oleh Staf Khusus Presiden RI Billy Mambrasar, ST, BSc, MSc, Bupati Manokwari, Hermus Indou serta pimpinan SKPD Papua Barat.

Gubernur Papua Barat menyampaikan penghargaan atas kebijakan Presiden RI Wakil Presiden RI, para menteri dan semua stakeholder untuk mengalokasikan program dan kegiatan pembangunan pertanian dalam rangka pelaksanaan kegiatan pertanian, mempersiapkan produksi bahan pangan dan menjaga stabilitas ketahanan pangan daerah di Papua Barat.

‘’Pelaksanaan Rakornis ini saya menilai sangat penting karena didalamnya akan dirumuskan pola koordinasi dan sinkronisasi program yang tepat. Guna mempercepat pelaksanaan program kerja pembangunan pertanian secara terpadu cermat dan serta akuntabel,’’ sebut gubernur.

Gubernur mengatakan, sektor pertanian mempunyai peran yang strategis dalam perekonomian nasional peran strategis digambarkan melalui pelaksanaan program atau kegiatan yang menyentuh rakyat, seperti pembinaan para petani, peningkatan produktivitas komoditas strategis, menghubungkan rantai pasokan produk pertanian sampai pada konsumen, membuka peluang investasi prasarana pertanian, promosi dan sosialisasi komoditas lokal non beras,  seperti keladi, ubi jalar,  ubi kayu dan sagu, dan  penyuluhan pertanian untuk mentransfer inovasi teknologi baru, dan manajemen rantai pasok hilirisasi produk produk pertanian.

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan saat membuka Rakonis pembangunan pertanian dan launching petani milenial Papua Barat, Kamis (20/5/2021) di Swiss Bel Hotel manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

‘’Melalui Rakornis ini saya berharap dapat dirumuskan cara dan metode yang tepat buat rancangan konsep penerapan sistem pola budidaya yang baik, aplikasi teknologi pertanian yang sesuai dan melakukan koordinasi kerjasama yang melibatkan semua stakeholder dan kelompok-kelompok masyarakat. Untuk mengusahakan budidaya pertanian mulai dari 10 sampai ke hilir,’’ pesan Dominggus Mandacan.

Lanjut Dominggus Mandacan, bahwa rapat koordinasi teknis ini merupakan momen yang tepat untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan tahun anggaran 2020, pemantapan pelaksanaan kegiatan tahun 2021, rumuskan rencana program kegiatan Tahun 2022.

‘’Diharapkan kepada peserta dari kabupaten dan kota di Papua Barat agar berusaha memahami cara cara menginput program melalui aplikasi atau sistem perencanaan yang ditetapkan,’’ sebut Dominggus.

Usai membuka Rakornis, Gubernur Papua Barat, Bupati Manokwari, Staf Khusus Presiden RI melaunching program petani milenial Papua Barat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!