Papua Barat

Gubernur Papua Barat Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI Secara Terbatas

79
×

Gubernur Papua Barat Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-76 RI Secara Terbatas

Sebarkan artikel ini

HUT RI 2021

Upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) di Kantor Gubernur Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Gubernur Papua Barat, Wagub Papua Barat, Pangdam XVIII/Kasuari, Kapolda Papua Barat, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat Kabinda Daerah Papua Barat pada Upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) di Kantor Gubernur Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar upacara peringatan hari uang tahun (HUT) ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Upacara yang digelar secara tatap muka, tetapi terbatas dengan penerapan protokol kesehatan ketat, Selasa (17/8/2021).

Upacara peringatan HUT ke-76 RI kali ini sama dengan peringatan HUT RI tahun 2020. Panitia peringatan membatasi jumlah tamu dan peserta upacara serta tidak mengundang masyarakat ikut menyaksikan upacara peringatan, dan tidak digelar di lapangan Borasi Manokwari, namun hanya di gelar di plataran upacara Kantor Gubernur Papua Barat.

Di HUT Ke-76 ini juga panitia tidak menghadirkan peserta obade yang membawakan lagu-lagu kebangsaan sebagai pembukaa dalam tradisi peringatan HUT RI tahun sebelumnya.

Peringatan sebelum masa pandemi pasukan pengibar bendera merah putih biasa yang biasanya terdiri pasukan 17, delapan dan empat puluh sebagai simbol tanggal 17 bulan delapan dan tahun 1945, pada tahun ini juga membatasi jumlah pengibar bendera hanya tuju pelajar dengan dua pengawal pengibar bendera dari Sat Brimob Polda.

Upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) di Kantor Gubernur Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Peserta upacara tahun ini juga sangat terbatas, hanya terdiri dari satu regu dari unsur TNI, satu regu Sat Brimob Polda Papua Barat, satu regu kepolisian Polda Papua Barat, satu regu dari Basarnas Manokwari, salah satu organisasi dan satu regu dari pegawai negeri sipil dan satu regu korsik Kodam XVIII/Kasuari.

Pada pukul 09. 30 WIT, upacara peringatan detik-detik proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 dimulai Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan sebagai Inspektur Upacara (Irup), Sedangkan, Wakil Gubernur Papua Barat Mohamad Lakotani SH, MSI sebagai Irup pada upacara penurunan bendera merah putih yang dilakukan pada pukul 17.30.WIT.

Peserta terbatas pada upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) di Kantor Gubernur Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Pada pukul 09.29 WIT saat peserta upacara memasuki lapangan upacara sempat diguyur hujan deras, guyuran hujan pun tidak lama dan redah. Setelah Gubernur Papua Barat memasuki lapangan upacara, upacara dilanjutkan dengan persiapan pasukan oleh komandan upacara, dilanjutkan doa, pengibaran bendera merah putih dan pembacaan teks proklamasi oleh Wakil Ketua III DPR Papua Barat Jongky R Fonataba SE, MM.

Upacara dihadiri Wakil Gubernur Papua Barat, Mohamad Lakotani, SH, MSI, Pangdam XVIII/kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, MTR (HAN), Kapolda Papua Barat Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI, Kepala Kejaksaan Tinggi Papua Barat, DPR Papua Barat, Kabinda Papua Barat, Kepala BNN Papua Barat, Dansat Brimob Polda Papua Barat, perwira utama Polda Papua Barat dan Kodam XVIII/Kasuari, pimpinan SKPD serta ibu – ibu Dahrma Pertiwi.

Foto bersama seusai upacara peringatan HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (17/8/2021) di Kantor Gubernur Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Selain guyuran hujan, upacara tahun ini dengan protokol sangat ketat langsung diawasi Ketua Harian Satgas COVID-19 Papua Barat, Derek Apnir, setiap peserta undangan dan peserta disediakan masker berwarna merah putih yang dibagikan langsung Ketua Harian COVID-19, sehingga suasana upacara diwarnai dengan masker merah putih.

Walaupun dalam suasana pandemi COVID-19, upacara berjalan berjalan lancar dan penuh hikmat dari awal pengibaran bendera dan penurun bendera pada sore hari.

Seusai upacara Gubernur Papua Barat bersama pejabat utama dan Forkopimda mengikuti upcara dari istana negara dipimpin Presiden RI Ir Haji Joko Widodo secara virtual hingga siang hari waktu Papua Barat.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *