Papua Barat

Kadishub Papua Barat Sebut Rute Tiga Kapal Penyebrangan adalah Rute Pendek

312
×

Kadishub Papua Barat Sebut Rute Tiga Kapal Penyebrangan adalah Rute Pendek

Sebarkan artikel ini
Kepala Dinas Perhuubungan Papua Barat Albert Nakoh yang ditemui wartawan di Kantor Gubernur Jumat (1/12/2023). FOTO: RUSTAM MADUBUN.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Rute tiga Kapal Motor Penyebrangan (KMP), KMP Pulau Mansinam, KMP Lakahia, dan KMP Fani, adalah rute pendek.

Baca juga: 2024 Kapal Motor Penyebrangan Pulau Mansinam Beroperasi

Ia mengatakan, terkait rute pelayaran, nanti disesuaikan dengan rute yang ada, jangan monopoli rute-rute yang sudah berjalan selama ini.

‘’Tiga kapal itu tidak masuk ke samudra yang luas, dia masuk di pulau-pulau kecil, yang rutenya jarak-jarak pendek,’’ Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Barat Albert Nakoh yang ditemui wartawan di Kantor Gubernur Papua Barat Jumat (1/12/2023).

Kepala Dinas Perhubugna menjelaskan tiga 3 KMP yang sementara bersandar di pulau mansinam masih dalam proses mengurus kelengkapan surat – surat berlayar.

‘’Setelah selesai, kami koordinasi dengan ASDP, dan melapor kepada penjabat gubernur untuk kapal itu segera dioperasikan,’’ jelas kepala dinas Albert Nakoh.

Setelah diserahkan kepada tiga kabupaten yaitu Kabupaten Manokwri, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Raja Ampat kapal tetap dalam pengawasan Dinas Perhubungan.

Tiga KMP bersandar di Dermaga Mansinam, Manokwari. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

‘’Kru kapal juga tanggung jawab kami Provinsi Papua Barat, dalam hal ini Dinas Perhubungan Papua Barat,’’ ujarnya.

Terkait rute pelayaran, nanti disesuaikan dengan rute yang ada, jangan monopoli rute-rute yang sudah berjalan selamanya,

Ia mengatakan, jika pada pelaksanaan Pemilu 2024 tiga kapal itu dibutuhkan untuk mengangkut kota suara, pemerintah akan memikirnya.

‘’Saya pikir kalau memang dibutuhkan kita lihat jaraknya,  karena masuk di pulau-pulau kecil yang jarak-jarak pendek,’’ tambahnya.

”Saya pikir kalau memang dibutuhkan kita lihat jaraknya,” sambungmnya.

Data papuadalamberita.com nama tiga kapal itu  diberikan mantan penjabat Gubernur Papua Barat Paulus Waterpauw.

Tiga KMP itu juga merupakan pengdaan Pemerintah Provonsi Papua Barat melalui Dinas Perhubungan Papua Barat.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *