fbpx
Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Tornagogo Sihombing, SIK, MSi Senin (30/12/2019). FOTO: RUSTAM MADUBUN/papuadalamberita.com PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Lantai dasar Polda Papua Barat berderet... Kapolda Papua Barat  Minta Masyarakat  Ikut Awasi Kinerja Polisi

Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Drs Tornagogo Sihombing, SIK, MSi Senin (30/12/2019). FOTO: RUSTAM MADUBUN/papuadalamberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI –  Lantai dasar Polda Papua Barat berderet kursi dalam delapan baris. Empat baris kursi dipisahkan dengan koridor sebagai jalan. Berdiri pohon natal setinggi tujuh meter membuat ruang yang bersih itu tampak indah dan rapi.

Kursi berbalut sarung coklat berhadapan dengan empat kursi utama. Disamping kiri dan kanan ada enam kursi, ada dua televise layar datar berukuran besar.

Lobi Polda yang memiliki tageline Waaja Kema Nene Kapoka pada Senin (30/12/2019) ternyata disiapkan Bidang Humas Polda Papua Barat untuk Kapolda Papua Barat Brigjen Pol Drs Tornagogo Sihombing, SIK, MSi serta pejabat utama Polda Papua Barat menjamu wartawan dalam acara konferensi pers akhir tahun 2019.

Baca juga: 104 Korban Kecelakaan Lalulintas Meninggal Selama 2019 di Papua Barat

Sejak pukul 15.00 WIT di ruang yang biasanya menghelat acara internal tampak Kabid Humas Polda Papua Barat AKBP Mathias Y Krey dan stafnya mempersiapkan mulai dari sound sistim, hidangan makan sore sampai tata letak meja untuk barang bukti senjata api yang ditampilkan dalam konferensi pers tersebut.

‘’Slamat sore pak Kabid (sapaan akrab untuk Kabid Humas Polda Papua Barat,red),’’ ujar papuadalamberita.com menyapa Kabid Humas AKBP Mathias Krey, selain Kabid Humas Kapolres Manokwari juga tampak lebih awal hadir.

‘’Selamat sore kaka,’’ balas Kabid Humas sambil berjabat tangan. ‘’Weh kaka paling tempo datang ee,’’ sambungnya. ‘’Siaaap Pak kabid,’’ balasku singkat.

Baca juga: Tahun 2019, Polda Papua Barat Ungkap Kasus Korupsi Senilai Rp12.781.296.366

Beberapa pejabat utama serta sejumlah direktur berdatangan, tidak lama mereka meninggalkan ruangan konference perss menuju Masjid Al Saleh yang berada dalam kompleks Mapolda Papua Barat setelah suara azan menggema pertanda waktunya soholat asar telah tiba.

Usai sholat ashar, sekitar pukul 16.20 WIT ruangan konferensi pers sudah terisi, ada sejumlah pejabat utama dan para wartawan. ‘’Selamat sore semuanya,’’ ujar Kapolda yang tiba-tiba masuk dari samping kiri ruangan sambil menyalami wartawan.

Menempati kursi terdepan yang berhadapan dengan deretan kursi wartawan Kapolda didampinggi Irwasda, Karoops dan Kabid Humas.

Baca juga: Polsek Kota Manokwari Tangkap Senjata Api

Mengawali konferense pers dengan menyampaikan lima hal pokok, yakni pertama  program pembinaan, kedua aspek oeprasional, ketiga operasi kepolisian yang dilakasanakan Polda Papua Barat  tahun 2019, keempat inovasi Polda Papua Barat dan kelima harapan dan penutup.

‘’Sebelum menjelaskan substansi informasi yang dimaksud terlebih dahulu Ijinkan saya menyampaikan tugas pokok Polri sesuai Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang kepolisian negara republik Indonesia yaitu memilihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman kepada masyarakat,’’ ujar Kapolda.

Walaupun baru dua pekan berdinas di Papua Barat sebagai pemegang tongkat komando Polda, Ia terbuka dengan wartawan, bahkan dalam penjelasannya beberapa kali Kapolda melemparkan senyumnya.

Dengan ramah Kapolda membuka ruang tanya jawab, pertanyaan dari lima wartawan dengan lugas Ia menjawab, ia juga memberi kesempatan kepada Kapolres Manokwari, Dir Lantas, Dirbinmas serta anggota Ditkrimum untuk ikut melengkapi penjelasannya.

Keterbukaan seorang pemimpin tergambar darinya,  diakhir konferense pers secara terbuka Kapolda mengungkapkan terima kasih kepada stakeholder, masyarakat dan wartawan.

‘’Kami sampaikan pengharagaan dan ucapan terima kasih atas segala masukan peyampaiaan hasil survei, penelitian, control, koreksi, kritik dan saran selama ini kepada Polda Papua Barat, kami yakin semua dilakukan karena kecintaan dan tangungjawab bersama untuk menjdikan hal yang lebih baik,’’ ungkap Kapolda.

Ia menaruh harapan besar kepada masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat melakukan kerjasama, pengawasan kinerja anggota Polda Papua Barat, guna membangun Polda Papua Barat yang terpercaya dan memenuhi tuntutan dan harapan masyarakat.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!