Papua Barat

Kapolres Fakfak Pimpin Gelar Pasukan Operasi Patuh Mansinam 2021, Ini Sasarannya…!!!

85
×

Kapolres Fakfak Pimpin Gelar Pasukan Operasi Patuh Mansinam 2021, Ini Sasarannya…!!!

Sebarkan artikel ini

Pemasangan Pita Operasi Patuh

 

PAPUADALAMBERITA.COM. FAKFAK – Kapolres Fakfak AKBP. Ongky Isgunawan, SIK, Senin (20/9/2021) memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Mansinam tahun 2021 yang berlangsung di lapangan apel Mapolres Fakfak.

Hadir dalam apel gelar pasukan Operasi Mansinam 2021, Dandim 1803 Fakfak, Letkol Inf. Doddy Yudha, S.I.P, M.Tr (Han), Kajari Fakfak Anton Arifullah, S.H.,M.H, , Para Kepala OPD Pemkab Fakfak, Para PJU Polres Fakfak, serta diikuti oleh 1 Regu Personil Subden POM Fakfak, 1 Peleton Personil Kodim 1803 Fakfak, Personil Polres Fakfak, Dishub Fakfak, Sat Pol PP Fakfak dan beberapa Organisasi Masyarakat yang ada di Kabupaten Fakfak.

Kapolres Fakfak AKBP. Ongky Isgunawan, SIK, ketika menyampaikan amanat Kapolda Papua Barat, Irjen Pol. Dr. Tornagogo Sihombing S.I.K., M.Si, mengatakan, Apel gelar pasukan ini merupakan wujud kesiapan Polda Papua Barat dalam menciptakan masyarakat yang tertib, patuh hukum dalam berlalu lintas serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personil beserta kelengkapan sarpras, sebelum melaksanakan tugas di lapangan.

Menurutnya, pelaksanaan Operasi Patuh Mansinam Tahun 2021 ini berbeda dengan pelaksanaan Operasi Patuh pada tahun – tahun sebelumnya karena pelaksanaan Operasi Patuh tahun ini dilaksanakan dalam situasi Pandemi Covid-19

Karena itu kata Kapolres AKBP. Ongky Isgunawan, SIK, ketika membacakan amanat Kapolda Papua Barat, sesuai dengan rencana garis besar operasi, kegiatan ini dilaksanakan 100 persen berupa giat preemtif dan preventif dengan mengedepankan kegiatan edukasi, persuasif, simpatik dan humanis dengan maksud untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat terhadap tata tertib berlalu lintas maupun tumbuh disiplin masyarakat dalam menerapkan pola adaptasi kebiasaan baru guna memutus mata rantai penyebaran Covid -19 di Papua Barat termasuk Fakfak.

Dikatakan, sasaran prioritas operasi patuh tahun 2021 di Papua Barat yaitu pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, menerobos traffic light, mengemudikan kendaraan dalam kondisi dipengaruhi minuman keras dan anak di bawah umur yang mengendarai kendaraan.

Dengan penindakan sasaran prioritan pelanggaran lalu lintas tersebut maka diharapkan operasi patuh tahun 2021 ini dapat menekan angka jumlah korban fatalitas, meminimalisir kemacetan lalu lintas dan terwujudnya  Kamseltibcarlantas yang dilaksanakan 100 persen giat preemtif dan preventif dengan mengedepankan kegiatan edukasi, persuasif, humanis guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap Polantas dalam rangka pencegahan dan penularan Covid -19 di jalan, tandas orang nomor satu di Polda Papua Barat yang disampikan Kapolres Fakfak.

Lanjutnya, jumlah kecelakaan lalu lintas operasi patuh Mansinam 2020 mengalami penurunan sebanyak 12 persen dibandingkan dengan periode 2019, dimana jumlah korban luka berat operasi patuh Mansinam 2020 sebanyak 3 orang dan luka ringan 20 orang.

Dan jumlah pelanggaran lalu lintas operasi patuh Mansinam 2020 sejumlah 1.468 pelanggaran dengan jumlah tilang sebanyak 259 lembar dan teguran sebabanyak 1.209. Operasi patuh Mansinam 2021 ini akan berlangsung selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 20 September sampai 3 Oktober 2021.

Kapolda Papua Barat melalui Kapolres Fakfak berpesan kepada personil agar dalam melaksanakan jangan lupa berdoa, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomai SOP dan tetap memperhatikan standar Prokes Covid -19.

Serta hindari pungutan liar (Pungli, lakukan tugas operasi patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplai dari masyarakat dan senantiasa bekerjasama dan berkordinasi dengan instansi terkait baik dari unsur Pemerinta Daerah maupun TNI agar operasi yang digelar ini dapat berjalan dengan maksiman, demikian pesannya. (RL 07)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *