fbpx
Irdam Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Frengky E Riupassa, S.Sos menyerahkan bantuan sosial kepada warga di Kampung Kafiar Pantai, Kamis (27/9/2019). FOTO: papuadalamberita.com/lasarus wambrauw. PAPUADALAMBERITA.COM.... Karya Bhakti  Kodam XVIII/Kasuari  Sambut HUT TNI 2019

Irdam Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Frengky E Riupassa, S.Sos menyerahkan bantuan sosial kepada warga di Kampung Kafiar Pantai, Kamis (27/9/2019). FOTO: papuadalamberita.com/lasarus wambrauw.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Menyambut eringati HUT ke  74 TNI 2019, KODAM XVIII/ Kasuari melaksanakan karya bhakti dan bhakti sosial yang di pusatkan di Kampung Petrus Amban Pantai, Kamis (26/9).

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayor Jenderal Joppye Onesimus Wayangkau dalam sambuatnya yang di bacakan inspektur Kodam (Irdam) XVIII/Kasuari Kolonel Inf Frengky E Riupassa, S.Sos mengatakan kegiatan karya bhakti dan bhakti sosial merupakan salah satu  metode  bhakti TNI yang dilalukukan aparat TNi Kamando kewilayaan dalam rangka membantu pemerintah daerh dalam mensejahterahkan masyarakat.

Salah satu wujud nyata dari kegiatan yang dilakukan TNI melalui kegiatan karya bhakti dan bhakti sosial, yang sekaligus merupakan wahana untuk menggugah dan memupuk persatuan dan kesatuaan anak bangsa,hidup saling tolong menolonh yang disadari pada rasa  lesetiakawanan, kebersamaan serta toleransi yang tinggi antar berbedaan tegas pangdam XVIII/Kasuari.

Melalui kegiatan karya bhakti dan bhakti sosial akan terwujud kondisi wilayah ketahanan ekonomi, sosial dan keamanan serta tumbuh kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara sehingga terwujudnya kemanunggal TNI-rakyat  dan menumbuh suburkan kembali budaya sosial yang selama ini mulai memudar akibat dari pengaruh arus globalisasi budaya asing yang sudah tidak bisa di bendung

‘’Sesungguhnya nilai budaya bangsa kita adalah gotong royong  membangun kepentingan bersama, saling membantu bekerja sama  yang hasilnya juga akan dirasakan secara bersama-sama pula,’’ ujarnya.

Nilai positif yang di peroleh dari karya bhakti dan bhakti sosial adalah mengerakan infrastruktur yang berdaya dan berhasil guna kesehjahteraan masyarakat.

Irdam Kodam XVIII/Kasuari Kolonel Inf Frengky E Riupassa, S.Sos bersama Dirbinmas Polda Papua secara simbolik melakukan peletakan batu pertama pembangunan jamban di Kampung Kafiar Pantai, Amban Manokwari, Kamis (27/2019). FOTO: papuadalamberita.com/lasarus wambrauw.

Kegiatan karya bhakti dan bhakti sosial dilksanakan dengan dua sasaran yaitu  secara fisik dengan membangunan satu ruang kelas di SD YPK Petrus Kafiar dan perehapan empat  unit jamban, pembersihan sampah disekitar pantai petrus kafiar dan penanaman pohon atau penghijauan sedangkan kegiatan non fisik berupa pengobatan masal, pembagian sembako dan sosialisasi kesehatan masyarakat dan keluarga berencana.

Sementara itu gubernur papua barat Drs dominggus Mansacan yang di wakili oleh kepala BPBD Papua Barat Dereck Ampnir dalam arahannya mengatakan sangat mengapresiasi atas karya bhakti dan bhakti sosial Kodam XVIII/Kasuari  yang di pusatkan di kampun Petrus Kafiar.

Dikatakan apa yang dilakukan kodam dengan membangun sebuah ruang kelas merupakan satu nilai yang sangat berharga bagi perkembangan peradaban di atas tanah ini dan nilai untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan NKRI, atas nama pemerintah kami menyampaikan terimakasih kepada bapa pangdam dan semua jajaran Kodam XVIII Kasuari.(kew)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!