Ketua DPP IKA Universitas Papua Petrus Kasihiw MT dalam sambutan pada pelantikan pengurus DPC IKA Unipa Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (10/6/202 di Gedung... Kasihiw Lantik DPC Alumni Unipa Bintuni, Investasi Pendidikan Penting Sejahterakan Rakyat

 

Ketua DPP IKA Universitas Papua Petrus Kasihiw MT dalam sambutan pada pelantikan pengurus DPC IKA Unipa Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (10/6/202 di Gedung Serba Guna Kabupaten Teluk Bintuni, Papu Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Pelantikan Pengurus DPC IKA UNIPA Kabupaten Teluk Bintuni. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. BINTUNI – Universitas Negeri Papua yang selanjutnya disebut UNIPA
merupakan salah satu Universitas unggulan di Tanah Papua.

“Universitas ini didirikan berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 153 tahun 2000, tanggal 3 November 2000. Unipa merupakan pengembangan dari Fakultas Pertanian Universitas Cenderawasih dan resmi berdiri pada Sabtu, 28 Juli 2001, ” ujar Ketua DPP IKA Universitas Papua Ir. Petrus Kasihiw MT dalam sambutan pada pelantikan pengurus DPC IKA Unipa Kabupaten Teluk Bintuni, Kamis (10/6/202 di Gedung Serba Guna Kabupaten Teluk Bintuni, Papu Barat.

Ketua IKA Unipa mengatakan, perkembangan Unipa hingga saat ini telah melalui perjalanan panjang selama tiga periode:
1. Periode pertama, FPPK UNCEN pada Tahun 1964 sampai 1982.
2. Periode Kedua, FAPERTA UNCEN pada Tahun 1982 sampai 2000.
3. Periode Ketiga, UNIPA pada Tahun 2000 sampai dengan sekarang.

Unipa merupakan Perguruan Tinggi yang konsisten membangun
kualitas Sumber Daya Manusia, khususnya di Tanah Papua. Hingga saat i, ni Unipa telah menghasilkan puluhan ribu alumni yang tersebar di
berebagai daerah di Indonesia bahkan hingga di luar negeri.

“Dengan berbagai profesi, para alumni secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan sumbangsih yang cukup besar bagi pembangunan di Tanah Papua,” elas Ketua IKA Papua Barat.

Selaku Ketua Umum DPP IKA UNIPA sekaligus Bupati Teluk Bintuni,
Kasihiw mengapresiasi dan berterimakasih atas kebersamaan serta kekeluargaan alumni yang terbukti dengan terbentuknya dan dilantiknya kepengurusan DPC. IKA Unipa Kabupaten TelukBintuni. masa bhakti 2021-2026 saat ini.

Selain itu, dengan dilantiknya Kepengurusan DPC IKA- Unipa
kabupaten Teluk Bintuni membuktikan bahwa alumni tetap ada bersama pemerintah dan masyarakat membangun Tanah Papua, khususnya Teluk Bintuni.

“Momentum ini, menjadikan bukti sejarah bahwa investasi pendidikan menjadi penting, selain dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan juga dalam mendukung “Rumah Besar UNIPA” menuju akreditasi institusi yang kita harapkan bersama,” jelas Petrus Kasihiw.

Pengurus DPC IKA Unipa Kabupaten Teluk Bintuni diharapkan
mampu berkarya dengan menggerakkan potensi yang dimiliki. Bupati juga berharap roda organisasi ini terus berjalan secara baik dan bertanggungjawab atas semua rencana dan program yang akan dilaksanakan sesuai visi
dan misi organisasi.

Kasihw mengjarapkan kepengurusan ini malaksanakan tertib administrasi sehingga dapat dipertanggungjawabkan
secara baik. Dan Perjalanan kepengurusan DPP IKA Unipa tentunya tidak terlepas dari keberadaan kepengurusan IKA Unipa di tingkat kabupaten, kota maupun alumni sesuai profesi maupun jenjang angkatan
masing-masing.

“Sehingga pada kesempatan ini, saya berharap seluruh Ikatan alumni yang nanti nya hadir dalam bentuk apa pun namanya tetap berada dalam wadah dan payung DPP IKA Unipa,” ujar Kasihw.

Kasihiw menekankan, bahwa, tiga tahun perjalanan DP. IKA Unipa, diakui masih banyak hal
yang harus diselesaikan, diantaranya kehadiran alumni di tingkat DPC.

Petrus Kasihiw merinci, sesuai data base alumni, Auditorium Alumni dan berbagai kegiatan bidang yang diupayakan dapat dilakukan maksimal hingga diakhir kepengurusan pada
tahun 2022.

“Untuk itu partisipasi dan perasaan memiliki menjadi penting dalam
setiap diri alumni baik FPPK, Faperta Uncen maupun Unipa sendiri dan tidak terlepas dari dukungan perhatian pemerintah dan lembaga Universitas Papua,” sebut Kasihiw.

“Sesuai agenda, Rapat kerja akan dilaksanakan di kota Sorong pada
akhir tahun 2021 dan Munes III pada November 2022, bersamaan dengan Dies Natalis dan expo pendidikan termasuk pembangunan auditorium serta data base alumni menjadi tanggungjawab bersama,” rinci Petrus.

Ia mengatakan, saat ini Unipa telah menjadi kebanggaan bersama semua dan menjadi salah satu pusat ilmu pengetahuan dan kepakaran yang disegani di Indonesia. Dan Ia percaya, bahwa Unipa akan terus memberikan kontribusinya untuk menunjang keberhasilan pembangunan di tanah
Papua, khususnya di Kabupaten Teluk Bintuni.

Harapannya, Unipa melalui para alumninya akan konsisten dengan motto yang telah diadopsinya, yaitu “Ilmu Pengetahuan untuk Kemanusiaan”.

Keberadaan alumni juga sangat penting bagi perguruan tinggi
asalnya, yaitu Universitas Papua, karena :

1. Alumni dapat berperan dalam memberikan masukan dan
program nyata bagi kemajuan Universitas Papua.

2. Alumni memiliki potensi dan kompetensi dalam membangun
opini publik demi “Nama Baik” atau citra Universitas Papua.

3. Alumni sebagai produk unggulan dapat menjadi relasi penting
dalam memperluas jaringan, baik bagi Perguruan Tinggi maupun
Mahasiswa dengan institusi di luar Universitas Papua.

4. Alumni dapat menjadi sumber informasi dunia kerja dan usaha
bagi lulusan baru Unipa di samping menjadi inspirasi bagi
Mahasiswa yang ada di Unipa saat ini.

“Artinya kalau saat ini tidak dimulai memperhatikan persoalan alumni
Unipa, maka kita sangat mungkin untuk dilupakan. Oleh karena itu, wadahalumnni Unipa di Kabupaten Teluk Bintuni perlu dibentuk dan dibangun dengan ketulusan hati demi kemajuan daerah dan bangsa ini kedepan,” pesan Kasihiw.

Salah satu upaya untuk membangun sinergi dan meningkatkan peran
Alumni, yaitu melalui kegiatan Pelantikan Pengurus DPC Ikatan Keluarga alumni Unipa Kabupaten Teluk Bintuni Periode 2021 – 2026.

Universitas Papua sebagai rumah besar kita juga ibu kandung ilmiah, kita serta semua pihak yang telah mendukung proses yang telah berlangsung.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *