Papua Barat

Ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat Serahkan 80 Ekor Hewan Kurban untuk Umat Muslim

89
×

Ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat Serahkan 80 Ekor Hewan Kurban untuk Umat Muslim

Sebarkan artikel ini

Ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat menyerahkan 80 ekor hewan qurban kepada warga muslim Papua Barat secara seimbolis, Sabtu (17/7/2021) di Masjid Al Hijrah Borobudur 1, Manokwari. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Ketua DPW Partai Nasdem Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan menyerahkan 80 ekor sapi kepada umat muslim di Papua Barat.

Penyerahan 80 ekor hewan kurban dalam rangka hari raya Idul Adha 1442 hijriah 20 Juli 2021 itu dilakukan secara simbolik oleh Drs Dominggus Mandacan kepada Ketua Takmir Masjid Al Hijrah Borobudur 1, Manokwari H Lahada di Borasi Manokwari, Sabtu (17/87/2021) disaksikan ketua PHBI Kabupaten Manokwari H Abdul Rosik, pengurus Partai Nasdem, anggota DPRD dari partai nasdem serta sejumlah pengurus masjid.

Drs Dominggus Mandacan mengatakan, Partai Nasdem Provinsi Papua Barat dan juga kabupaten kota se Papua Barat,  Partai Nasdem sebagai gerakan perubahan punya kepedulian harus berbagi kepada umat dan masyarakat yang merayakan hari raya Idul Adha 1442 Hijriah baik di Manokwari dan kabupaten kota di Papua Barat, kecuali Kabupaten pegunungan Arfak dan Maybrat.

‘’Partai Nasdem Papua Barat, pengurus Partai Nasdem Papua Barat, anggota DPR Partai Nasdem Papua Barat, ketua -ketua DPD Partai Nasdem kabupaten-kota  Papua Barat juga kader Partai Nasdem, simpatisan dan pendukung Partai Nasdem kami semua punya kepedulian berbagi dengan umat, yang bertepatan dengan hari raya idul qurban,’’ ujar Drs Dominggus Mandacan.

Dominggus Mandacan mengatakan, pada Sabtu 17 Juli 2021 secara serentak seluruh kabupaten – kota menyerahkan juga di daerah masing-masing, termasuk di Manokwari sebagai ibu kota provinsi,  kecuali kabupaten Maybrat dan pegunungan Arfak, sehingga 11 kabupaten kota di Papua Barat, bahwa hewan qurban yang berikan kepada umat secara keseluruhan di Papua Barat 80 ekor dari Partai Nasdem provinsi Papua Barat dan kabupaten kota.

‘’Secara keseluruhan di Papua Barat 80 ekor dari Partai Nasdem, untuk Manokwari 12 ekor sapi,  Kabupaten Manokwari Selatan enam ekor sapi, Kabupaten Teluk Bintuni emam ekor sapi, Kabupaten Kaimana lima ekor sapi, Kabupaten Teluk Wondama tuju ekor sapi, Kabupaten Fakfak lima ekor sapi, Kabupaten Sorong Selatan enam ekor sapi, Kabupaten Sorong 15 ekor sapi, Kota Sorong 12 ekor sapi, Kabupaten Raja Ampat empat ekor sapi, Kabupaten Tambrauw dua ekor Sapi, hari ini serentak diserahkan oleh ketua ketua partai,’’ rinci Dominggus Mandacan.

‘’Saya di provinsi sebagai ketua DPW menyerahkan di Manokwari,  ketua DPD di kabupaten kota hari ini juga mereka menyerahkan. Ini menjadi tanggungjawab kita bersama baik DPW, DPD,  pengurus, anggota dewan provinsi dan kabupaten, semua kader dan simpatisan terkumpul semua dana dan kami bisa membeli hewan queban untuk Papua Barat,’’ sambung Mandacan.

Selain Masjid Al-hijrah satu ekor sapi masjid Borobudur 2 juga memperoleh satu ekor sapi. 12 ekor sapi untuk Monokwari akan dibagikan kepada masjid-masjid di Kabupaten Manokwari melalui PHBI dan panitia Idul Adha kurban.

Disela penyerahan 80 hewan qurban, Dominggus Mandacan menjelaskan bahwa, di Provinsi Papua Barat untuk Kabupaten Manokwari dan Kota Sorong pemerintah telah menerapkan PPKN Darurat dan diperketat.

‘’Kita semua warga Papua Barat,  warga Manokwari,  warga Borobudur kita bertanggung jawab bersama untuk mengajak umat, mengajak masyarakat merubah perilakunya, patuhi instruksi, imbauan mematuhi protokol kesehatan dan PPKM. Tadinya PPKM mikro kemudian sekarang sudah PPKM darurat,  dan lebih ketat. Manokwari dan Sorong kita sudah menutup akses,’’ tegas Dominggus.

Ia mengatakan yang perlu perlu diketahui tamir masjid bahwa penetapan itu sudah sudah rapat bersama pimpinan Ormas agama, MUI dan pimpinan agama, dan telah dijabarkan terkait instruksi Mendagri, instruksi menteri agama dan saat itu disampaikan ormas Islam yang berkaitan dengan Idul Adha.

’’Petunjuk ini sudah turun sampai Ketua MUI Papua Barat,  saya harapkan bisa disampaikan kepada tamir masjid sehingga harapan terkait ibadah kita serahkan kepada FKUB,  lintas agama untuk menjabarkan keputusan menteri agama, dijabarkan ke bawah. Kalau kita bicara soal umat kita serahkan kepada umat, nanti mereka yang atur, saya kira mereka pasti mendukung penerapan protokol kesehatan,’’ pesan Dominggus sambil mengajak warg Papua Barat untuk mendukung pemerintah, TNI dan Polri dengan menjaga keamanan, ketertiban, kedamaian, di Papua Barat karena tanggung jawab semuawarga.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *