PAPUADALAMBERITA.COM, Manokwari – Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Papua Barat, DR Haji Mulyadi Jaya menjadi khotib salat Jumat di Masjid Nurul Fatah Reremi Puncak, Manokwari... Khutbah Jumat, DR Mulyadi Bicara Kemungkaran Manusia  pada Allah
DR Mulyadi Jaya (baju putih) pada satu kesempatan.FOTO: rustam madubun/papuadalmberita.com

PAPUADALAMBERITA.COM, Manokwari – Ketua PW Muhammadiyah Provinsi Papua Barat, DR Haji Mulyadi Jaya menjadi khotib salat Jumat di Masjid Nurul Fatah Reremi Puncak, Manokwari (25/1/19).

Dalam khutbahnya, Ia menyampaikan makna dari musibah atau bencana yang menimpa umat manusia, karena kemungkaran manusia pada Allah.

Dosen Universitas Papua (Unipa) Manokwari membuka khutbanya mengingatkan tentang musibah yang menimpa sejumlah daerah di Indonesia dalam waktu yang berdekatan.

 ‘’Seperti saudara-saudara kita di Sulawesi Selatan, Tengah dan Tenggara, mulai dari tanah longsor, banjir hujan badai dan gelombang,’’ ujar mantan wartawan Harian Cenderawasih Pos era 90an.

DR Mulyadi.FOTO: Album pribadi

Orang-orang yang diberi kekuasan namun tidak amanah juga disampaikannya. Musibah yang menimpa sesorang, Mulyadi mengingatkan bahwa itu adalah Kuasa Allah atas apa yang manusia perbuat. ‘’Itu ujian dan teguran kecil Allah kepada kita,’’ tuturnya.

Karenanya, manusia hendaknya selalu bertaqwa kepada Allah, satu kaum diuji keimanannya dengan bencana karena manusia tidak mau menghindari diri dari perzinaan, pengingkaran kepada Allah dan tidak lagi peduli membantu sesamanya.

‘’Untuk itu hendaknya kita menghindari maksiat, jangan mengingkari Allah dan bersedekalah kepada orang-orang yang tertimpa musibah, dengan sedekah kita ikut meringankan sedikit beban hidup mereka,’’ ingatnya.

Ia mencotohkan paling sederhana lingkungan yang tercemar sampah keluarga. “ Kita kadang membuang sampa bukan pada tempatnya,’’ ujarnya.

Sehingga disisa usia umat yang tinggal sedikit ini kiranya lebih mendekatkan diri kepada Allah, dengan berbuar baik kepada sesama.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *