Papua Barat

Kodam Kasuari Siagakan 2.000 Personil Amankan Pilkada, Pangdam Tegaskan TNI Netral

292
×

Kodam Kasuari Siagakan 2.000 Personil Amankan Pilkada, Pangdam Tegaskan TNI Netral

Sebarkan artikel ini
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI Haryanto, Kapolda Papua Barat Irjen Pol Jhonny Eddizon Isir, Asisten III Octovianus Mayor, Ketua KPU Papua Barat Paskalis Semunya dan sejumlah tokoh pada pertemuan kesiapan menghadapi Pilkada di Papua Barat dan Papua Barat Daya 2024 di Ballrom Hotel Aston Manokwari, Papua Barat, Rabu (22/5/2024). FOTO: PENDAM XVIII/KASUARI.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI –  Kodam XVIII/Kasuari siagakan 2.000 personil TNI dalam pengamanan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, dan TNI menjaga netralisasi.

 Penegasan itu disampaikan Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Haryanto, SIP, MTr(Han),  saat memberikan paparan terkait kesiapan jajarannya menghadapi Pilkada serentak di Papua Barat dan Papua Barat Daya 2024, di Ballroom Hotel Aston Niu, Manokwari, Papua Barat, Rabu (22/5/2024).

Ia menegaskan, Kodam XVIII/Kasuari rencana awal akan disiapan sekitar dua ribu personel lebih yang nantinya akan di sebar pada titik-titik yang ditentukan.

‘’Kodam XVIII/Kasuari siap mendukung pelaksanaan Pilkada serentak , fokus kami menjaga stabilitas keamanan dan memberikan rasa aman pada masyarakat agar dapat menggunakan hak pilihnya tanpa tekanan, gangguan,” jelas Pangdam.

Dalam kesempatan itu, Pangdam juga menekankan pentingnya netralitas TNI dalam proses demokrasi ini.

“Kami berkomitmen untuk bersikap netral dan tidak berpihak pada calon manapun. Tugas kami adalah memastikan keamanan dan ketertiban, bukan untuk berpolitik, saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk turut berpartisipasi menjaga keamanan, ketertiban selama proses Pilkada,’’ sebut jenderal bintang dua ini.

“Semoga Pilkada serentak 2024 berjalan lancer, menghasilkan pemimpin terbaik untuk Papua Barat dan Papua Barat Daya, diharapkan Pilkada di Papua Barat dan Papua Barat Daya berlangsung aman,damai,” sambung Pangdam.

Pangdam XVIII/Kasuari menegaskan komitmen TNI memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan aman, tertib, dan lancer Pangdam didampingi Asops Kasdam dan Kapendam XVIII/Kasuari.

Dalam paparannya Pangdam menyampaikan Kodam XVIII/Kasuari telah melakukan berbagai persiapan strategis untuk mendukung suksesnya Pilkada 2024.

Pangdam VIII/Kasuari Mayjen TNI Haryanto memberikan paparan kesiapan jajarannya menghadapi Pilkada di Papua Barat dan Papua Barat Daya 2024 di Ballrom Hotel Aston Manokwari, Papua Barat, Rabu (22/5/2024). FOTO: PENDAM XVIII/KASUARI

Kata Pangdam, selain melaksanakan operasi militer perang, TNI juga melaksanakan operasi militer selain perang salah satu diantaranya adalah membantu pemerintah daerah dan Polri.

‘’Tugas Kodam Kasuari dalam Pilkada yang akan dihadapi kedepannya membantu menangani kerawanan Pilkada mulai dari hari pelaksanaan dan jam selama tahun 2024 dalam rangka mendukung tugas pokok TNI, ” ucap Panglima Kodam Kasuari.

Ia menegaskan, kesiapan jajarannya menghadapi pemilihan kepala daerah dibagi menjadi beberapa tahapan, yaitu tahap pencegahan, penanganan dan pemulihan dengan memelihara kondisi damai dalam masyarakat serta pencegahan konflik sekecil apapun jangan sampai terjadi.

“Tugas pengamanan ini bukan hanya tugas daripada TNI ataupun Polri namun ini tugas bersama seluruh elemen bangsa, kami hanya bagian dari unsur pelaksana saja. Kodam dan Polda serta pemerintah daerah Papua Barat tidak bisa bekerja dengan sendiri, namun semua butuh sinergi, kolaborasi dan kerjasama,” jelas Pangdam.(rls/tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *