Post Views: 136 Ketua PWI Papua Barat Bustam saat memberikan masukan kepada Kompolnas RI pada diskusi Kompolnas bersama tokoh di Manokwari, Rabu (2/11/2022). PAPUADALAMBERITA.... Kompolnas Temui Tokoh Bahas Harkamtibmas Papua Barat

Ketua PWI Papua Barat Bustam saat memberikan masukan kepada Kompolnas RI pada diskusi Kompolnas bersama tokoh di Manokwari, Rabu (2/11/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Komisioner Kepolisian Nasional (Kompolnas) Republik Indonesia (RI) melakukan tatap muka bersama tokoh membahas Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (Harkamtibmas) di wilayah Polda Papua Barat.

Karena Kamtibmas merupakan tanggung jawab semua pihak selaku warga Negara Indonesia, diskusi dipimpin Kepala Sekretariat Kompolnas Brigjen Pol Musa Ikipson M Muara Tampubolon, SH, SIK, M.Si dan anggota Kompolnas Poengky Indarti, SH, LLM di Manokwari Rabu (2/11/2022).

Kompolnas RI mengapresiasi upaya Polda Papua Barat menjalankan Harkamtibmas di Papua Barat dengan komunikasi bersama berbagai tokoh masyarakat, TNI, pers di Papua Barat.

‘’Maksud kami hadir di Papua Barat, menyelenggarakan tatap muka bersama tokoh, merupakan bagian dari tugas kami untuk menetapkan alat kebijakan Polri,’’ ujar Poengky Indarti.

Indarti mengatakan, Kompolnas telah melaksanakan pengumpulan data terkait sumber daya manusia, sarana-prasarana, anggaran serta mendapatkan paparan dari Kapolda Papua Barat tentang situasi Harkamtibmas di Papua Barat.

‘’Kami berharap mendapatkan masukan dan saran juga dari bapak dan ibu untuk dapat bersama-sama mendukung Polda Papua Barat dalam menjaga Harkamtibmas di Papua Barat,’’ kata Poengky.

Ia membuka diskusi kepada tokoh memberikan masukan dan saran terkait harkamtibmas di Papua Barat.

‘’Sehingga masukan itu nanti untuk Polri, karena apa yang kami dapatkan akan kami sampaikan kepada presiden dalam bentuk laporan, arah kebijakan Polri terkait Papua dan Papua Barat,’’ jelasnya.

Kompolnas RI juga telah melakukan serangkaian pertemuan bersama akademisi, Kapolda Papua Barat, para tokoh dan akan dilanjutkan di Sorong.

Pongky menambahkan, Kompolnas RI adalah lembaga yang berfungsi mengawasi Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dan pertangungjawabannya langsung kepada Presiden RI.

‘’Tugas kami yang pertama menetapkan arah bijak Polri, kedua memberikan pertimbangan kepada presiden dalam pengangkatan dan pemberhentian pimpinan Polri,’’ paparnya.

Kompolnas RI juga menerima pelaporan masyarakat secara online melalui https://e-lapor.kompolnas.go.id kemudian mengikuti petunjuk dan sampaikan keluhan dan akan diproses Kompolnas.

Hadir dalam diskusi perwakilan Polda Papua Barat, Kodam XVIII/Kasuari, Staf Ahli Gubernur Papua Barat tokoh agama, praktisi hukum, perwakilan DPR Papua Barat, Ketua PWI Papua Barat, BNN Papua Barat, BIN Papua Barat, Kejaksaan Tinggi Papua Barat, Pengadilan Negeri Manokwari.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!