Papua Barat

Komunitas Petarung Kabupaten Maybrat, Siap Hadirkan Bank Sampah

60
×

Komunitas Petarung Kabupaten Maybrat, Siap Hadirkan Bank Sampah

Sebarkan artikel ini

HUT RI 2021

Ketua Petarung Kabupaten Maybrat,  Imanuel Tahrin, dan Pengurus Bank Sampah UKM Pramuka Unipa serta Pengurus Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari melakukan kooordinasi atas kehadiran Bank Sampah di Kabupaten Maybarat, Rabu (11/08/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

Pengurus Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Maybarat, Rabu (11/08/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: ISTIMEWA

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Ketua Komunitas Peduli Tata Ruang (Petarung) Kabupaten Maybrat,  Imanuel Tahrin, dan Pengurus Bank Sampah UKM Pramuka Unipa serta Pengurus Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari melakukan kooordinasi atas kehadiran Bank Sampah di Kabupaten Maybarat dalam membantu pemerintah mengatasi persoalan persampahan yang meresahkan, Rabu (11/08/2021).

Diungkapkan Ketua Komunitas Petarung Kabupaten maybrat, Imanuel Tahrin bahwa,  salah satu fokus permasalahan yang terjadi saat ini terkait pengendalian dan pengelolaan pencemaran sampah di Mata Air Kali Susumuk, hal tersebut terjadi karena pekembangan penduduk yang semakin meningkat dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah.

“Semakin bertambah penduduk yang sangat meningkat akan berbanding lurus dengan produksi sampah yang dihasilkan. Kurang nya kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan sampah dipengaruh oleh kurangnya sosialisasi masalah dan bahayanya sampah terhadap masyarakat,’’ jelas Tahrin

Lanjutnya, mata air kali rusuk akan kehilangan dua hal  yaitu: Sejarah dan Warisan. Sejarah nama kampung Susumuk diambil Nama Kali Susumuk yang kini sudah tercemar oleh sampah. Sedangkan, Warisan kita masyarakat Susumuk tidak bisa mampu menjaga mata air kali Susumuk dengan baik, sehingga tidak bisa dinikmati oleh generasi berikutnya

Harapan Tahrin bahwa,  pemerintah Kabupaten Maybrat melalui dinas Teknis, dapat bersama-sama memikirkan solusi bijak untuk mengatasi masalah sampah, semoga koordinasi ini menjadi awal untuk bersama-sama memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan di Mata Air Kali Susumuk , Kampung Susumuk Distrik Aifaf Kabupaten Maybrat .

Sementara Itu, Ketua Koperasi Produsen Pengelola Sampah Kabupaten Manokwari yang juga selaku Perintis dan Pembina Bank Sampah UKM Pramuka Unipa, Yohanes Ada’ Lebang, menyampaikan apresiasi dan bangga atas ide dan gagasan kreatif dan inovatif anak negeri dalam memikirkan persoalan lingkungan khususnya masalah pencemaran persampahan yang masih sangat minim mendapat perhatian semua pihak atas apa yang terjadi diatas tanah Papua.

‘’Kehadiran bank sampah menjadi komitmen bersama dengan peran semua pihak tentunya didukung dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 14 Tahun 2021 tentang pengelolaan sampah pada Bank Sampah yang hadir diberbagai ruang dan kawasan dalam pengendalian dampak lingkungan baik pencemaran maupun peningkatan emisi efek Gas Rumah Kaca sebagai krisis iklim yang harus disikapi segera,”  tutur Lebang

Untuk itu Lebang, berharap agar ide-ide cemerlang harus disikapi dan didukung maksimal  dan menjadi teladan yang baik bagi kita semua yang mendiami tanah Papua Tercinta.

Diakuinya, bahwa persoalan ini menjadi persoalan Global yang harus dilakukan dengan dukungan bersama dengan strategi Nasional dalam pengurangan sampah plastik sekali pakai, penguatan Circular ekonomi serta penggunaan teknologi yang tentunya tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi swaswa/ pelaku usaha dan masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan, Provinsi Papua Barat Berkelanjutan.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *