Bupati Hermus Indou saat memberi sambutan pada gerak jalan santai dan bersih bersih kota Manokwari oleh warga Maluku menyambut HUT 204 Pattimura, Jumat (7/5/2021).... Lepas Gerak Jalan Hari Pattimura, Bupati Manokwari Sebut Potong di Kuku Rasa di Daging

Bupati Hermus Indou saat memberi sambutan pada gerak jalan santai dan bersih bersih kota Manokwari oleh warga Maluku menyambut HUT 204 Pattimura, Jumat (7/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Bupati Manokwari Hermus Indou didampinggi sespuh masyarakat Maluku Aljabar Makatita menabu tifa dan melepas balon pertanda diwali  rangkaian kegiatan menyambut HUT Pattimura di Manokwari, Jumat (7/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Bupati Manokwari Hermus Indou, SIP, MH melapas peserta gerak jalan santai dan bersih-bersih kota Manokwari menyambut  HUT Pattimura Ke-204 yang di gelar warga Maluku di Manokwari, Jumat (7/5/2021).

Bupat  dalam mengawali sambutannya menyapa kalimat bernafasakan adat Maluku:  “Cubit di Kuku, Rasa Di Daging”, Sagu Sa Lempeng Pata Dua, Ale Rasa,  Beta Rasa”.

Potong Di Kuku, Rasa Di Daging’ Dan ‘Ale Rasa, Beta Rasaungkapan ini memiliki arti saling membantu karena adanya keterikatan sangat kuat bahkan lebih dari hubungan keluarga. Jika seseorang sedang berduka, maka yang lain akan turut merasakannya begitupun ketika bahagia.

Sedangkan falsafah hidup orang basudara melalui falsafah “Sagu Salempeng Patah Dua” sebagai daya, strategi budaya dan gaya hidup yang menunjang terbinanya hidup yang harmonis dengan mengelola banyak perbedaan yang dipandang sebagai anugerah.

Jadilah generasi yang tahu sejarah. Begitulah ungkapan bijak Bupati Manokwari Hermus Indou. Bupati memberi apresiasi atas semangat Pattimura muda yang ada di kota Manokwari, dalam rangka memupuk kebersamaan melalui berbagai agenda kegiatan dalam menyongsong HUT Pattimura ke 204 tahun.

Selain menjadi moment memupuk tali persaudaraan di tanah perantauan, Peringatan HUT Pattimura ke 204 tahun 2021 ini juga harus mampu membentuk jiwa Nasionalisme dan menanamkan nilai-nilai sejarah perjuangan Pattimura dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di tanah Papua, khususnya di Manokwari kota Injil ini.

“Tentu sebagai anak muda dan keluarga Maluku masih tahu dan menghargai sejarah. Semoga dengan semangat Pattimura, dapat membentuk jiwa Nasionalisme, Patriotisme dan semangat perjuangan masyarakat Maluku di Manokwari,” ujar Hermus Indou.

Sejalan dengan itu, Ketua Panitia Perayaan HUT Pattimura ke 204, Aljabar Makatita mengajak seluruh warga Maluku yang ada di Manokwari untuk bersama mensukseskan ivent bersejarah ini.

Ini kata Makatita, sebagai bentuk respon terhadap sosok pejuang tangguh asal Maluku, yang ikut berjuang dalam membantu kemerdekaan Republik Indonesia kala itu. Sebab perjuangan sang Pattimura, tidak dapat dinilai dengan apapun. Waktu hingga nyawa menjadi taruhannya bersama beberapa rekan kala itu, dalam mengusir penjajah dari tanah Maluku. Oleh sebab itu, sebagai penerus perjuangan Pattimura, harus memberi penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan.

“Warga Maluku yang tidak hadir hari ini, semoga hadir pada kegiatan berikutnya hingga puncak acara nanti. Akan ada bakti sosial di TMP dan Masjid, serta beberapa lomba lainnya,” terang Aljabar.

Warga Maluku Manokwari saat bersihbersih kota Manokwari, Jumat (7/5/2021). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Sebagai orang muda, Romer Tapilatu mengajak seluruh orang Maluku khususnya kaum muda untuk kembali menyalakan obor Pattimura di tanah Papua, melalui kerja-kerja nyata dalam pembangunan tanah Papua, dan Manokwari secara khusus. Sebab ingat Romer, banyak kontribusi pikiran yang dahulu telah di berikan oleh orang Maluku, namu seiringnya waktu semangat tersebut terkesan melayu.

“Dulu sumbangsih orang Maluku terhadap tanah Papua ini sangat besar, dan kemudian saat ini mulai kendor. Oleh karena itu, pemuda Maluku harus bangkit dan nyalakan obor Pattimura kembali di tanah Papua. Untuk itu, jangan ada cerai berai antara orang Maluku, kalau ada masalah mari kita sama-sama cari solusi,” ungkap sang Legislator asal Maluku itu.

Sebelumnya, Bupati Manokwari Hermus Indou membuka secara resmi seluruh rangkaian kegiatan dalam menyongsong HUT Pattimura ke 204 di Manokwari dengan menabuh tifa dan melepaskan balon ke udara.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!