Derap Nusantara

MRP-DPD RI Berkomitmen Mendorong Hak Orang Asli Papua

128
×

MRP-DPD RI Berkomitmen Mendorong Hak Orang Asli Papua

Sebarkan artikel ini

Foto bersama saat kegiatan pertemuan anggota DPD RI terpilih sebagai Tanah Papua periode 2024-2029 di Jayapura, Jumat (24/5) (ANTARA/Ardiles Leloltery)

PAPUADALAMBERITA.COM.Jayapura – Majelis Rakyat Papua (MRP) bersama Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI telah bersepakat dan berkomitmen untuk mendorong hak Orang Asli Papua (OAP) meliputi politik, pendidikan, kesehatan maupun sosial dan budaya.

“Dengan demikian diharapkan untuk ke depan orang Papua harus bisa bangkit di semua sektor pembangunan,” kata Koordinator Asosiasi MRP se Tanah Papua Agustinus Anggaibak dalam pertemuan anggota DPD RI terpilih se Tanah Papua periode 2024-2029 di Jayapura, Jumat.

Menurut Anggaibak, pertemuan ini merupakan awal yang baik untuk bagaimana menata langkah dan strategi percepatan pembangunan Tanah Papua di bidang pendidikan, kesehatan serta maksimalisasi sumber daya alam.

“MRP se Tanah Papua juga telah membentuk asosiasi dalam rangka mewujud nyatakan pelaksanaan otonomi khusus (Otsus) dan DPD RI juga telah menyatakan dukungan untuk mendukung hak dasar OAP,” ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berkeinginan supaya ke depan Sumber Daya Manusia (SDM) Papua khususnya generasi muda bisa menjadi pemimpin hebat di Bumi Cenderawasih itu.

“Untuk itu kami berharap supaya pemerintah daerah serius mendorong kualitas pendidikan di seluruh Tanah Papua sehingga lahir SDM unggul dan berkualitas,” katanya lagi.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat menyampaikan sambutan secara virtual saat kegiatan pertemuan anggota DPD RI terpilih sebagai Tanah Papua periode 2024-2029 mengatakan pemerintah pusat telah bekerja keras dan berupaya untuk memajukan Papua dengan berbagai kebijakan dan regulasi percepatan pembangunan infrastruktur.

“Kami meyakini bahwa pemerintah telah melakukan upaya memenuhi beberapa kebijakan salah satunya ialah percepatan pembangunan infrastruktur di Papua,” katanya.

Dia menambahkan sejumlah kebijakan dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah hingga kini belum sepenuhnya menjawab tantangan dan persoalan yang terjadi.

“Sehingga kami mengajak semua pihak agar berkolaborasi bersama pemerintah untuk membangun Papua ke depan menjadi lebih baik,” ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya juga berharap agar potensi kekayaan alam yang dimiliki oleh Papua dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengatasi persoalan yang selama ini terjadi.

“Ini yang harus kami kerjakan ke depan bersama-sama sehingga Papua menjadi lebih maju dan bersaing dengan daerah lain di Indonesia,” katanya lagi.(antara)

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *