Papua Barat

Operasi Lilin 2021, Kepolisian Konsentrasi pada Pencegahan Klaster Covid-19 Saat Natura

81
×

Operasi Lilin 2021, Kepolisian Konsentrasi pada Pencegahan Klaster Covid-19 Saat Natura

Sebarkan artikel ini

Pemeriksaan pasukan oleh Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo, Sihombing, SIK, MSI dan Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, MTR (Han) didampinggi komandan upacara saat Gelar Operasi Lilin Mansinam 2021 di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Penyematan pita sandi Operasi Lilin Mansinam 2021 oleh Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo, Sihombing, SIK, MSI kepada anggota. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Kepolisian Daerah (Polda) Papua Barat dan jajaran menggelar  Operasi Lilin Mansinam 2021 selama 10 hari, yang dimulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, SE MTR (Han), Staf ahli bidang ekonomi dan pembangunan Provinsi Papua Barat, Niko Tike hadir dalam Apel Gelar Operasi Lilin 2021, dengan tema

Dalam pengamanan natal 2021 dan tahun baru 2022 Kepolisian Republik Indonesia menyiagakan pasukan di seluruh Indonesia sebanayk 83.917 personel , 15.842 personel TNI,  serta 55.086 personel instansi terkait lainnya.

Personal tersebut akan ditempatkan pada 1.607 pos pengamanan untuk melaksanakan pengamanan terkait gangguan Kamtibmas dan Kamtibselcar dan 675 pos pelayanan untuk melaksanakan pengamanan di pusat keramaian pusat belanja stasiun terminal bandara pelabuhan dan lain-lain.

Kapolda Papua Barat, Irjen Pol Doktor Tornagogo, Sihombing, SIK, MSI dan Pangdam XVIII Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa SE, MTR (Han) saat Gelar Operasi Lilin Mansinam 2021 di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Sedangkan Polda Papua Barat menyiagakan 139 anggota, untuk jajaran, gabungan Polres – Polres 722 anggota, instansi lain 680 personil.  Polda Papua Barat menyiapkan 22 pos pengamanan,  18 pos pelayanan, dan tujuh pos terpadu.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol Doktor Tornagogo Sihombing, SIK, MSI yang membacakan amanat Kapolri mengatakan, pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai anggota rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung underestimate dan kurang waspada terhadap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi dimasa COVID-19.

‘’Kita harus lebih peduli,  jangan sampai dengan perayaan natal dan tahun baru menimbulkan cluster baru COVID-19,’’ ujar Kapolda Papua Barat.

Direktur Lalu Lintas Polda Papua Barat, Kombes Pol Raydian Kokrosono memberikan arahan kepada Satuan Lalu Lintas Polda Papua Barat  persiapan Oeparasi Lilin Mansinam 2021 di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Perayaan natal dan tahun baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah, perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian, peningkatan aktivitas masyarakat ini berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan Kamseltibcar, pelanggaran protokol kesehatan Covid 19

‘’Oleh karena itu Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 mengedepankan preemtif danpreventif

secara umum,  serta penegakan hukum secara tegas dan professional,  dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat dapat merayakan natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman,’’ ucap Kapolda.

Membacakan sambutan Kapolri, Kapolda mengatakan, gangguan Kamtibmas yang harus diantisipasi adalah ancaman terorisme, radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba,  pesta miras,  aksi perusakan fasilitas umum,  aksi kriminalitas, pencurian dengan pemberatan,  pencurian dengan kekerasan,  curanmor,  tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampong,  balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas maupun ancaman bencana alam seperti banjir tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan .

‘’Untuk itu saya harapkan seluruh kepala kesatuan wilayah (Kasatwil) mampu menentukan langkah antisipatif yang proaktif,  aplikatif serta cara bertindak tepat, efektif dan efisien mengatasi berbagai potensi gangguan sesuai karakteristik kerawanan masing-masing daerah,’’ sebut Kapolda.

Kandraan persiapan Oeparasi Lilin Mansinam 2021 di Polda Papua Barat. PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Penekanan Kapolri untuk dipedomani mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas yaitu:

PERTAMA siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa ke-2

KEDUA lakukan deteksi dini dengan memantapkan dinamika fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.

KETIGA tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2020.

KEEMPAT laksanakan pengamanan secara profesional dan Humanis berikan pelayanan terbaik lengkapi sarana prasarana dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan Buddy system.

KELIMA laksanakan penegakan hukum serta penegakan hukum secara profesional dan Prof Zainal tetap bertindak secara tegas terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.

KEENAM mantapkan Sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

KETUJUH Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan memakai masker menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

‘’Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejara bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak,’’ ujar Kapolda menutup amanat Kapolri yang dilanjutkan mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2021.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *