Papua Barat

Paulus Waterpauw Jadi Anak Adat dan Sesepuh Kuri Wamesa

117
×

Paulus Waterpauw Jadi Anak Adat dan Sesepuh Kuri Wamesa

Sebarkan artikel ini

Paulus Waterpauw dan Roma Megawanty Saat pengukuhan sebagai anak adat dan sesepuh Kuri Wamesa, Jumat (13/10/2023)

PAPUADALAMBERITA.COM.WONDAMA – Kepala Suku Besar Kuri Wamesa Kabupaten Teluk Wondama Sefnat Kurube Djau dan Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Wondama Adrian Worengga menari dan menyanyi dalam bahasa daerahnya saat pengukuhan Gubernur Papua Barat Komjen Pol (Purn) Drs. Paulus Waterpauw, MSi sebagai anak adat dan sesepuh Kuri Wamesa bersama istri, Roma Megawanty, P, SKom, MSi.

Dua tetua adat meramu kata dalam doa sambil mengundang Gubernur Paulus Waterpauw dan Roma Megawanty maju dan duduk ditikar yang telah disiapkan juga ada topi adat dan baju kulit kayu Papua dan pengukuhan dilakukan.

Dalam press realase kepada media menginformasikan, pengukuhan  ini disaksikan sikitar 200-orang di Wondama, Jumat (13/10/2023) sore.

Gubernur Paulus Waterpauw dikenakan baju dari kulit kayu bermotif burung Cenderawasih serta topi adat dan tas anyaman. Sedangkan Roma Megawanty diberikan tas yang dan sisir bambu yang ditempatkan disisipkan dicelah rambut.

Usai penyematan tanda kebesaran adat juga dilakukan tanda tangan tetua adat telah disahkan Gubernur Paulus sebagai anak adat dan sesepuh Kuri Wamesa Kabupaten Wondama

Kepala Suku Besar Kuri Wamesa Kabupaten Teluk Wondama Sefnat Kurube Djau menegaskan jadilah anak adat dan sesepuh Kuri Wamesa sepanjang hayat dikandung badan. Dia pun berpesan agar selali dingat Gubernur Waterpauw.

“Saya berpesan kepada Bapak agar selalu ingat bahwa aku ini anak Papua. Biar langit terbelah dua aku anak adat dan sesepuh Kuri Wamesa,”ujarnya disambut tepuk tangan para undangan yang hadir.

 

Memperhatikan Masyarakat

Ketua Dewan Adat Papua (DAP) Daerah Wondama Adrian Worengga menegaskan pengukuhan ini tak perlu lagi dijelaskan panjang lebar.

“Prosesi ini sudah dipahami Tuan Paulus Waterpauw,”ujarnya.

Ia meminta  Gubernur Waterpauw memperhatikan masyarakat yang masih tertinggal dikampung-kampung atau dimana saja agar diperhatikan.

Ketua Panitia Abdul Rahman Mandacan.,SH., M.Hum, bangga san senang dikukuhkannya Kaka Besar Paulus Waterpauw sebagai keluar Kuri Wamesa siap dilaksanan. “Beliau kini anak adat dan sesepuh kami,”ujarnya.

Prosesi Gubernur Waterpauw sebagai anak adat dan sesepuh ink juga disaksikan Wakil Bupati Wondawa para Kepala OPD Papua Barat Andarias Kayukatuy, Kapolres, Dandim para tokoh adat, tokoh perempuan juga tokoh agama.(rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *