fbpx
PAPUADALAMBERITA.COM, WASIOR – Belasan pemuda Pulau Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, memperoleh pembekalan tentang jurnalistik untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata di kawasan tersebut.... Pemuda Pulau Roon Wondama Dibekali Kemampuan Jurnalistik
PEMUDA Pulau Roon menerima bekal kemampuan dasar tentang jurnalistik untuk mempromosikan potensi pariwisata di lingkunganya. FOTO: antaranews papua barat/zack t bala

PAPUADALAMBERITA.COM, WASIOR – Belasan pemuda Pulau Roon, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, memperoleh pembekalan tentang jurnalistik untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata di kawasan tersebut.
Mereka dipersiapkan menjadi agen informasi agar bisa menyebarluaskan informasi tentang Pulau Roon terutama di bidang pariwisata dan budaya.
“Pulau Roon memiliki potensi pariwisata cukup menarik. Wisata alam, situs religi, kultur serta adat masyarakat. Sektor pariwisata di kawasan ini bisa cepat dikenal jika pemuda setempat aktif melakukan promosi,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Teluk Wondama, Max Morin di Wasior, Minggu.

Pelatihan sudah dilaksanakan pekan lalu di Distrik Roon. Selama tiga hari dari Kamis-Sabtu, 7-9 Maret 2019 para pemuda diberikan pemahaman dan kemampuan dasar jurnalistik
Ia menjelasakan, pelatihan ini untuk mencetak anak-anak asli Pulau Roon menjadi jurnalis warga sehingga bisa setiap waktu mengangkat dan mempromosikan potensi wisata di wilayah setempat. 
“Pulau Roon ini kaya potensi alam, punya kekayaan budaya yang banyak tapi dunia luar tidak tahu. Selama ini anak-anak Roon cuma antar wartawan dari luar tapi kegiatan ini menolong kita untuk tidak tunggu orang dari luar. Dorang (mereka) sendiri yang nanti angkat dan promosikan kekayaan pulau ini,“ kata Morin.

Dengan pemberitaan dan promosi yang masif melalui media massa maupun media sosial diharapkan pariwisata pulau Roon maupun Teluk Wondama secara keseluruhan akan semakin berkembang.
Kegiatan ini meliatkan peserta dari tujuh kampung di Distrik Roon. Selain pengenalan tentang materi kejurnalistikan, peserta juga dilatih cara mengirim berita, foto dan video melalui aplikasi berbasis internet.

“Kami harapkan semoga ke depan anak-anak Roon sendiri yang jadi penulis berita untuk sampaikan keindahan pulau ini ke seluruh dunia, bukan lagi wartawan dari luar yang masuk ke sini,“ kata Max menambahkan.(ant)
 

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!