Papua Barat

Penjaja Takjil Jangan Gunakan 4 Bahan Ini, Berbahaya, Ayo Kenali

96
×

Penjaja Takjil Jangan Gunakan 4 Bahan Ini, Berbahaya, Ayo Kenali

Sebarkan artikel ini

Kepala BPOM Manokwari melakukan pemeriksaan takjil di Wosi Manokwari, Senin (11/4/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI – Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Manokwari mengingatkan pedagang penjual bahan pangan dan takjil, untuk tidak menggunakan bahan berbahaya dalam makanan.

Baca juga: Razia Takjil, BPOM Manokwari Tak Temukan Bahan Berbahaya

Ada empat bahan berbahaya yang dapat disalahgunakan pedagang dalam produksi jajannya, yaitu Rhodamin B, Methanyl Yellow, Boraks dan Formalin.

Kepala BPOM Manokwari, Mustthofa Anwari, Ssi, Apt mengatakan sejak ramadhan, BPOM sudah melakukan pengawasan di tempat penjualan takjil di Manokwari dan Kabupaten Fakfak.

Kegiatan rutin tahunan itu sebagai bentuk mengintensifkan pengawasan pangan dan jajanan pasar, pengawasan akan dilakukan hingga hari raya idul fitri termasuk pengawasan penjualan parasel dan bahan makanan di toko, mal supermarket.

Selain melakukan pengawasan intensif BPOM Manokwari disela-seila uji laborotorium ceoat ditempat, juga membagikan brosur pesan penyalahgunaan bahan kimia berbahaya pada pangan kepada pedagang takjil dan warga,  yang menyebutkan.

Uniknya dalam pembagian brosur warga diberikan aneka sovenir cukup menulis nama alamat dan nomor handphone, sudah bawa pulang tempat pensil atau lainnya sesuai selera unik dan cantik secara gratis.

Jajanan takjil di Wosi Manokwari, Senin (11/4/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Kepala BPOM Manokwari mengatakan empat bahan berbahaya yang disebutkan di atas jangan disalahgunakan, selain berbahaya juga ada konsukwensi hukum.

Dalam brosur yang dibagikan BPOM Manokwari tertulis Ayo kenali penyalahgunaan bahan kimia pada pangan, yaitu methanil yellow, rhodamin B, boraks dan fomalin.

APA ITU RHODAMIN B?

Adalah: Pewarna sintetis berbentuk serbuk merah keunguan dan dalam larutan akan berwarna merah terang berpendar. Rhodamin B biasa digunakan untuk industri tekstil dan kertas  dan dilarang digunakan untuk pangan karena berbahaya bagi kesehatan.

APA ITU  METHANYL YELLOW?

Methanil yellow yaitu pewarna sintetis berwarna kuning kecoklatan dan berbentuk padat atau serbuk digunakan untuk pewarna tekstil kain atau cat. Methanyl Yellow dilarang digunakan untuk pangan Karena berbahaya bagi kesehatan.

BAHAYA RHODAMIN B DAN METHANYL YELLOW, menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan. Konsumsi dalam jangka panjang menyebabkan gangguan fungsi hati, kandungan kemih, bahkan kanker.

CIRI PANGAN MENGANDUNG RHODAMIN B DAN METHANYL YELLOW: Beberapa penyalahgunaan rhodamin b dan methanyl yellow pada pangan, antara lain: kerupuk, terasi, gulali, sirup berwarna merah.

Warna merah mencolo atau kuning mencolok atau cenderung berpendar, banyak memberikan titik titik warna yang tidak nerata.

Menurut Kepala BPOM Manokwari kepada wartawan mengatakan , tidak semua warna mencolok mengandung bahan berbahaya, kecuali telah dilakukan pemeriksaan laborotorium oleh petugas.

APA ITU BORAKS? Adalah senyawa berbentuk kristal putih turunan. Boraks yang sering disalah gunakan yaitu bernama  pijar Blank. Bentuknya panjang dan berwarna agak kuning. Blank adalah bentuk tidak murni dari asam borat, sementara bentuk murninya banyak dikenal dengan nama boraks.

Boraks bisa digunakan untuk bahan pembuat detergen, bahan solder, pengawet kayu, dan antiseptik kayu, boraks dilarang digunakan untuk pangan karena berbahaya bagi kesehatan.

CIRI-CIRI PANGAN MENGANDUNG BORAKS beberapa penyalahgunaan boraks dalam pangan diantaranya, bakso, bakso cilok, lontong, kerupuk  gendar. Ciri-ciri mie basah, bakso, lontong, cilok dan otak-otak mengandung boraks,  tekstur sangat kenyal tidak lengket tidak mudah putus ciri-ciri kerupuk rambak dari tepung gendar mengandung boraks terasa getir.

BAHAYA BORAKS menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan iritasi kulit dan mata mual dan sakit kepala. Konsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kerusakan ginjal kegagalan sistem sirkulasi akut bahan kematian.

APA ITU FORMALIN cairan yang tidak berwarna, mudah larut dalam air dan alkohol serta memiliki bau yang sangat menyengat.

Digunakan sebagai bahan perekat untuk kayu , desinfektan untuk peralatan rumah sakit dan pengawet mayat. Formalin dilarang digunakan untuk pengawet pangan karena dapat mengganggu kesehatan.

BPOM Manokwari melakukan pembagian brosur pentingnya mengetahui bahan kimia berbahaya pada pangan saat pemeriksaan takjil di Wosi Manokwari, Senin (11/4/2022). PAPUADALAMBERITA. FOTO: RUSTAM MADUBUN

CIRI-CIRI PANGAN MENGANDUNG FORMALIN penyalahgunaan formalin pada pangan diantaranya mie basah, tahu, ikan asin, ikan segar, dan daging ayam segar.

Ciri-ciri mie basah berformalin tidak lengket, tidak mudah putus, lebih mengkilat, bau khas formalin, bertahan lebih dari satu hari pada suhu ruang, suhu kamar.

Ciri-ciri tahu berformalin, bau khas formalin, tidak mudah hancur, bertahan lebih dari 1 hari pada suhu ruang atau suhu kamar.

Ciri-ciri ikan asin ikan segar dan daging ayam segar berformalin tidak dihinggapi lalat bau khas formalin.

BAHAYA FORMALIN menyebabkan iritasi saluran pernapasan, reaksi alergi, merusak fungsi hati, jantung, otak, ginjal, saraf. Konsumsi dalam jangka panjang dapat menyebabkan kanker.(tam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!