fbpx
Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H, Jumat 1 Mei 2020 untuk Kota Manokwari dan Sekitarnya Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan diambil keterangannya sebagai korban... Penyidikan Kasus Penghinaan Gubernur Papua Barat Melalui Media Sosial Alami Kemajuan

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H, Jumat 1 Mei 2020 untuk Kota Manokwari dan Sekitarnya

Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan diambil keterangannya sebagai korban pada Rabu (29/4/2020) oleh penyidik Sub Direktorat Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Polda Papua Barat FOTO: Istimewa/papuadalamberita.com.

PAPUADALAMBERITA.COM. MANOKWARI- Penyidikan perkara dugaan penghinaan melalui media sosial terhadap Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan di Polda Papua Barat mengalami kemajuan.

Hal itu ditandai dengan telah dilayangkannya Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dari Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dir Reskrimsus) Polda Papua Barat kepada Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Papua Barat tanggal 22 April 2020.

Baca juga: Warinussy Lapor Pelaku Penghina Gubernur Melalui Facebook ke Polda Papua Barat

Dalam surat nomor: SPDP/09/IV/2020, tanggal 22 April 2020 disebutkan bahwa diduga terjadi tindak pidana setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransimisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik sebagaimana dimaksud dalam pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI No.19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas UU RI No.11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dan atau pasal 310 KUH Pidana dan atau pasal 311 KUH Pidana.

‘’Juga disebutkan di dalam SPDP tersebut bahwa tersangka masih dalam penyidikan. Berkenaan dengan itu, sebagai pemenuhan terhadap amanat pasal 109 ayat (1) KUHAP sesuai Putusan Mahkamah Konstitusi RI No.130/PUU-XIII/2015, tanggal 11 Januari 2017, maka penyidik telah memberikan tembusam SPDP tersebut kepada klien kami,’’ ujar  Kuasa hukum dari gubernur Christian Warinussy SH kepada papuadalamberita.com.

‘’Sekaligus klien kami (Gubernur Papua Barat Drs Dominggus Mandacan) telah diambil keterangannya sebagai korban pada hari Rabu (29/4) oleh penyidik Sub Direktorat Cyber Crime- Direktorat Kriminal Khusus Polda Papua Barat,’’ sambung Warinussy.

Dengan demikian Warinussi berharap penyidik sudah dapat memanggil para terlapor pemilik akun facebook berinisial DR dan Qv untuk didengar keterangannya sebagai saksi dan atau tersangka.(tam)

No comments so far.

Be first to leave comment below.

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!