Papua Barat

Peringati Hari Lahir Pancasila, Gubernur Pimpin Doa Untuk Pencipta Lagu Tanah Papua, Almarhum Yance Rumbino

279
×

Peringati Hari Lahir Pancasila, Gubernur Pimpin Doa Untuk Pencipta Lagu Tanah Papua, Almarhum Yance Rumbino

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Papua Barat Drs Ali Baham Temongmere MTP menjadi Irup pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Papua barat, Senin (3/6/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN. PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Penjabat Gubernur Papua Barat Drs H Ali Baham Temongmere MTP menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Papua Barat, Senin (3/6/2024).

Upacara yang dimulai pukul 08.10 WIT dengan laporan komandan upacara Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawista Nelles Dowansiba SPd, MSI kepada Penjabat Gubernur Ali baham.

Kemudian, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang arwah “pahlawan” Pencipta Lagu Tanah Papua Yance Rumbino yang telah wafat.

Mengawali pembukaansambutannya Ali Baham mengatakan, bahwa upcara ini seyoganya di laksanakan pada 1 Juni Sabtu lalu, namun demikian karena kondisi maka dilaksanakan pada hari ini Senin, tanggal 3 Juni.

‘’Yang kedua pada tanggal 30 Mei 2024 yang lalu telah meninggal dunia Bapak Yance Rumbino beliau adalah pencipta lagu Tanah Papua,’’ sebut Penjabat gubernur.

‘’Oleh karena itu, mari kita bersama-sama, baik peserta mapun hadirin sekalian menundukkan kepala sejenak seraya mendoakan semoga kiranya almarhum Bapak Yance Rombino atas jasa-jasanya, atas pengabdiannya arwahnya diterima oleh Tuhan Yang Maha Kuasa, mengheningkan cipta mulai, selesai,’’ ucap Penjabat Gubernur Papua Barat Ali Baham.

Pencipta Lagu Tanah Papua Almarhum Yance Rumbino saat menerima uang senilai Rp500 Juta dari Pemerintah Provinsi Papua Barat yang diserahkan langsung oleh Gubernur Papua Barat saat itu Drs Dominggus Mandacan MSI dan Wagub Papua Barat Mohamad Lakotani SH, MSI pada Peringatan HUT Provinsi Papua Barat 10 Desember 2020 lalu. FOTO: RUSTAM MADUBUN

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih, pembacaan Teks Pancasila, Undang Undang Dasar 1945.

Membacakan sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi Penjabat Gubernur Ali Baham mengatakan, hari ini memperingati hari lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, bapak pendiri bangsa, pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK).

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.

‘’Tema ini mengandung maksud, bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,’’ sebut Gubernur Ali Baham Temongmere.

‘’Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, pancasila dan nilai- nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,’’ sambung Ali Baham Temongmere yang biasa disingkat (ABT).

Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Papua barat, Senin (3/6/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN. PAPUADALAMBERITA.

Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia. di dalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai – nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong.

Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “bhinneka tunggal ika”.

‘’Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,’’ jelas ABT.

‘Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,’’ jelas ABT.

Foto bersama seusia peringatan Hari Lahir Pancasila di Kantor Gubernur Papua barat, Senin (3/6/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN. PAPUADALAMBERITA.

Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia.(rustam madubun)

Coppyright @ papuadalamberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *