OlahragaPapua Barat

Pesan 3 Prinsip, Pj Gubernur Canangkan Puslatda PON XXI Aceh dan Sumut Untuk Kontingen Papua Barat

648
×

Pesan 3 Prinsip, Pj Gubernur Canangkan Puslatda PON XXI Aceh dan Sumut Untuk Kontingen Papua Barat

Sebarkan artikel ini
Penjabat Gubernur Papua Barat DR Ali Baham Temongmere MTP dan Ketua KONI Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI saat pencanangan pembukaan Puslatda PON XXI 2024 Aceh dan Sumut untuk Kontingen Papua Barat, ditandai dengan pelepasan balon ke udara ole kedunya, di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

PAPUADALAMBERITA.COM.MANOKWARI – Pesan tiga prinsip ini, aman, sejahtera, dan bermartabat Penjabat Gubernur Papua Barat DR Ali Baham Temongmere MTP mencangkan Pemusatan Latihan Daerah(Puslatda) Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) 2024.

Pencanangan Puslatda PON XXI oleh Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Papua Barat di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024).

Peserta Puslatda PON XXI ini akan membawa nama besar Provinsi Papua Barat dalam ajang olahraga multi event terbesar di Indonesia itu.

Secara simbolis pencanangan Puslatda PON XXI Aceh-Sumatera untuk kontingen Papua Barat ditandai dengan pelepasan balon berwarna-warni ke udara oleh Gubernur Ali Baham Temongmere didampingi Ketua KONI Papua Barat Drs Dominggus Mandacan MSI, disaksikan atlet, pelatih oficial Forkopimda Papua Barat.

Jumlah kontingen PON Papua Barat sebanyak 246 orang terdiri dari 163 atlet dan 83 official yang akan mengikuti PON XXI 2024 di Aceh dan Medan Sumatera Utara.

Sambutan Penjabat Gubernur Papua Barat DR Ali Baham Temongmere MTP saat pencanangan pembukaan Puslatda PON XXI 2024 Aceh dan Sumut untuk Kontingen Papua Barat di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Pj Gubernur Papua Barat DRS Ali Baham Temongmere, MTP pada acara pencanangan Puslatda PON XXI Aceh – Sumut tahun 2024 di Provinsi Papua Barat menegaskan, pencanangan Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XXI Aceh -Sumut merupakan agenda penting dan utama menuju ajang prestasi olahraga pada PON.

‘’Kita ketahui even olahraga empat tahunan ini harus kita dukung, agar dapat berhasil secara nasional sebagai program nasional dibawah Kementerian Pemuda Dan Olahraga Republik Indonesia,’’ pesan Gubernur Ali Baham Temongmere di hadapan atlet dan pelatih.

Apalagi Aceh-Sumut ini adalah tuan rumah PON pertama yang diselenggarakan di dua provinsi di ujung Barat Indonesia.

Menurut gubernur, Dengan kolaborasi 33 Cabor di Aceh dan 34 Cabor di Sumut, hal ini akan menjadi tantangan terberat dan tinggi bagi Papua Barat yang ada Wilayah Timur Indonesia untuk hadir berpartisipasi dan bersaing secara fair.

‘’Sebagai insan olahraga di Provinsi Papua Barat, kita wajib mendukung visi  pembangunan berkelanjutan Papua Barat lewat dunia olahraga,’’ ujtegas Ali Baham.

Dimana olahraga berprestasi, olahraga pendidikan, dan olahraga masyarakat harus menjadi bagian kita dan mendukung kehidupan kita dengan prinsip aman, sejahtera, dan bermartabat.

KETIGA PRINSIP INI ADALAH.

PERTAMA, Aman adalah terwujudnya sikap saling menghargai dan saling menghormati dalam perbedaan suku dan agama, guna menciptakan prestasi atlet yang damai, sportif, dan harmonis.

KEDUA: Sejahtera adalah terpenuhinya kebutuhan pangan, kesehatan dan pendidikan melalui peningkatan prestasi olahraga dengan basis pengembangan potensi olahraga unggulan daerah, dengan sasaran utama meningkatkan indeks pembangunan manusia di Provinsi Papua Barat.

KETIGA: Bermartabat diwujudkan melalui pelaksanaan tata kelola organisasi induk olahraga, cabang olahraga, dan insan olahraga yang jujur dan bersih, bebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta mengenakan supremasi hukum, dengan mengedepankan nilai-nilai luhur adat dan agama dalam mendukung pembinaan prestasi olahraga di papua barat.

‘’Pengalaman adalah guru yang baik, mari kita menatap ke depan dan jadikan masa lalu itu sebagai refleksi pengelolaan olahraga yang profesional di papua barat,’’ pesan Ali Ali Baham Temongmere.

‘’Inilah nilai hidup yang berguna dan akan mengikat kita untuk tidak lagi mengulang kesalahan pengelolaan olahraga di masa lalu,’’ sambung Temongmere.

Atlet kontingen Papua Barat saat pencanangan pembukaan Puslatda PON XXI 2024 Aceh dan Sumut untuk Kontingen Papua Barat di Lapangan Olahraga Kodim Manokwari, Jumat (23/2/2024). FOTO: RUSTAM MADUBUN.PAPUADALAMBERITA.

Untuk itu, sgubernur mengajak semua elemen mendukung setiap orang percaya yang bekerja di bidang olahraga di atas tanah ini, untuk bersyukur dan wajib bekerja dengan setia dan dengar-dengaran kepada Tuhan atas hidup dan kerja semua yang terjadi di tanah ini.

‘’Pada hari ini kita telah membuat sebuah sejarah baru dalam tatanan kehidupan dunia olahraga bagi diri kita, keluarga kita, cabang olahraga kita, provinsi kita papua barat, dan secara khusus bagi seluruh insan olahraga serta masyarakat pencinta olahrga yang hidup di sini,’’ lanjut Ali Baham.

‘’Prestasi sejarah olahrga yang akan diraih nanti adalah buah dari kerja keras kita bersama sebagai anak-anak papua yang ada di atas tanah dan provinsi ini,’’ lanjutnya.

Ia menegaskan, pemerintah Provinsi Papua Barat terus berupaya dengan kondisi yang ada dapat terus mendukung penuh pembinaan prestasi olahraga melalui KONI Papua Barat.

‘’Untuk itu, pemerintah provinsi menyambut baik pelaksanaan pencanangan Puslatda PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024, dan program pembinaan olahraga lainnya melalui bantuan hibah atau bantuan lainnya.(rustam madubun)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Maaf Tidak Bisa Dicopy !!